Sukses

7 Menu Sayuran untuk Bantu Turunkan Kolesterol, Praktis dan Rasanya Nikmat

Apakah kamu memiliki kolesterol tinggi? Jangan khawatir dan bingung lagi mengenai menu makanan sehari-hari yang aman. Cobalah beberapa resep sayuran ini di rumah, sehingga kamu bisa menikmati hidangan lezat sambil menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Yuk, simak!

Liputan6.com, Jakarta Kolesterol tinggi kini menjadi salah satu kondisi kesehatan yang banyak diperhatikan. Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya yang lebih serius.

Sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat mengalami kolesterol tinggi. Ini karena sayuran mengandung serat dan nutrisi yang tinggi.

Berikut adalah beberapa resep sayuran yang dapat membantu menurunkan kolesterol, dirangkum dari Fimela.com pada Rabu (12/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Sayur Bayam Tumis Bawang Putih

Sayuran hijau seperti bayam memang dikenal memiliki kandungan serat yang tinggi dan kalori yang rendah. Tak heran jika sayuran ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Tumis bayam dengan bawang putih untuk menambah cita rasa lezat sekaligus mendapatkan manfaat bawang putih yang juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

3 dari 13 halaman

Sayur Wortel dan Kacang Panjang

Wortel kaya akan serat larut yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Kombinasikan wortel dengan kacang panjang yang juga tinggi serat dan memiliki rasa yang lezat. Pastikan untuk merebus wortel dan kacang panjang terlebih dahulu agar empuk. Resep sederhana dan sehat ini bisa membantu menurunkan kolesterol.

4 dari 13 halaman

Sup Brokoli dan Jagung Manis

Brokoli adalah sayuran yang kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan. Masak brokoli menjadi sup sayur, dan tambahkan jagung manis yang memberikan rasa manis alami serta kaya serat. Jagung dapat membuat perut kenyang lebih lama dan bisa menjadi alternatif pengganti nasi. Dengan menu sayuran ini, kamu bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

5 dari 13 halaman

Tumis Sayur Serba Hijau

Membuat tumis sayuran hijau yang sehat dan dapat menurunkan kadar kolesterol tidak sulit. Gabungkan kangkung, bayam, dan buncis dalam satu wadah. Tumis dengan bawang merah dan bawang putih untuk rasa lezat dan manfaat antioksidan. Sayuran hijau kaya vitamin C dan serat yang membantu menurunkan kolesterol dengan cepat.

6 dari 13 halaman

Sayur Asem Warna-Warni

Sayur asem merupakan salah satu hidangan tradisional yang menggabungkan berbagai jenis sayuran sehat. Cukup mudah untuk membuatnya, hanya dengan menambahkan sayuran berwarna seperti wortel, labu siam dan tomat untuk memberikan manfaat antioksidan yang tinggi. Sayur asem sangat cocok dikonsumsi bersama dengan tahu rebus.

7 dari 13 halaman

Sayur Lodeh dengan Daun Bawang dan Buncis

Sayur lodeh adalah salah satu masakan khas Indonesia yang kaya akan berbagai macam sayuran. Sayur lodeh rupanya juga bisa menjadi menu makan penurun kolesterol, cukup dengan menambahkan daun bawang dan buncis untuk memberikan rasa segar dan manfaat serat yang tinggi. Nikmati sayur lodeh dengan nasi merah yang rendah kolesterol.

8 dari 13 halaman

Capcay Sayur Segar

Capcay sayur adalah hidangan khas dari Cina yang terdiri dari berbagai macam sayuran. Pilih sayuran segar seperti wortel, kembang kol, dan jamur. Kemudian, tumis dengan sedikit minyak dan tambahkan saus tiram untuk memberikan rasa yang lezat. Makanan sehat penurun kolesterol yang nikmat ini pun sudah siap disajikan.

9 dari 13 halaman

Kolesterol Bagusnya Makan Apa?

Kacang-kacangan seperti kacang mede, almond, kenari, atau sayur-sayuran seperti kacang panjang mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk menurunkan kolesterol.

10 dari 13 halaman

Jus Apa yang Bisa Menurunkan Kolesterol?

Jus penurun kolesterol pertama yang dapat dipilih adalah olahan jus yang berasal dari buah apel. Pada setiap butir apel diketahui mengandung pektin, mineral, serat, vitamin B, vitamin B, dan provitamin A. Dengan mengkonsumsi jus apel dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

 

 

11 dari 13 halaman

Apakah Sayur Kangkung Bisa Menurunkan Kolesterol?

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan brokoli kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan asam urat.

12 dari 13 halaman

Apakah Mentimun Dapat Menurunkan Kolesterol?

KBRN, Manokwari menjelaskan, buah mentimun menjadi salah satu buah dengan khasiat yang mengesankan. Buah mentimun dipercaya bisa menurunkan kolesterol sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi. Tak heran, jika mentimun menjadi salah satu buah yang paling diburu saat acara besar setelah konsumsi banyak daging.

13 dari 13 halaman

Makanan Apa Saja yang Cepat Menurunkan Kolesterol?

5 Makanan Penurun Kolesterol : 

  • Alpukat
  • Apel
  • Oatmeal
  • Tahu dan tempe
  • Kacang-kacangan

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.