Sukses

Ini 5 Makanan untuk Turunkan Kolesterol, Mudah Ditemukan di Sekitar Rumah

Kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang terlalu tinggi berisiko menimbulkan berbagai macam penyakit. Meminimalisir risiko tersebut dengan rutin mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Kolesterol berlebih di dalam tubuh akan mengakibatkan lemak menumpuk di pembuluh darah, sehingga peredaran darah menjadi tidak lancar. Adapun, risiko terburuknya adalah dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. 

Untuk itu, perlu menghindari makanan-makanan yang berpotensi menaikkan kadar kolesterol secara signifikan. Misalnya, makanan berlemak tinggi, bersantan, digoreng, dan fast food. Tak hanya bagi individu dengan riwayat kolesterol tinggi saja, sebaiknya yang sehat pun membatasi makanan-makanan sejenis ini sebagai bentuk pencegahan.

Untuk lebih jelasnya, berikut 5 rekomendasi makanan yang aman dikonsumsi agar kadar kolesterol lebih stabil dan tidak melonjak naik. Informasi ini dirangkum pada Selasa (16/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan umumnya mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh. Kacang kedelai dan edamame misalnya, tinggi akan kandungan protein dan isoflavon yang berperan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Sementara itu, kacang almond dan kenari juga tinggi akan kandungan fitosterol untuk menghambat penyerapan LDL di usus. 

Melalui riset Nut Consumption and Blood Lipid Levels: a Pooled Analysis of 25 Intervention Trials, yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menghasilkan temuan, bahwa konsumsi 2 sampai 3 porsi kacang-kacangan setiap hari mampu mengurangi LDL sampai 10,2 mg/dl.

3 dari 11 halaman

2. Terong

Jika diolah dengan benar (tidak diolah dengan minyak dan santan berlebih), dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh yang berlebih. Manfaat ini diketahui didapat dari asam klorogenat pada terong. Asam klorogenat sendiri merupakan sejenis antioksidan yang mampu mencegah kanker, infeksi bakteri dan virus, serta menurunkan kadar LDL dalam tubuh. 

4 dari 11 halaman

3. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian, seperti biji bunga matahari, gandum, dan chia seed masuk ke dalam daftar makanan ramah penderita kolesterol tinggi. Pasalnya, biji-bijian tinggi akan kandungan vitamin, mineral, protein, lemak, sehat, antioksidan, dan serat larut atau beta-glukan. Ragam nutrisi tersebut mampu menurunkan kolesterol jahat dan penyerapan kolesterol yang dicerna oleh usus. 

5 dari 11 halaman

4. Bawang Putih dan Bawang Merah

Dilansir dari yankes.kemkes.go.id, tanaman yang banyak dikenal sebagai bumbu dasar masakan ini ternyata memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol. Pasalnya kedua jenis bawang ini tinggi akan kandungan antioksidan, sehingga baik untuk kekebalan tubuh dan melawan berbagai risiko penyakit termasuk kolesterol tinggi.

6 dari 11 halaman

5. Sayuran Berdaun Gelap

Melansir dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Nutrition Research menyebutkan bahwa sayur mayur dengan warna daun yang gelap mampu membantu proses penurunan kolesterol dalam tubuh. Ini karena, umumnya sayuran berdaun gelap mampu mengikat asam empedu, sehingga tubuh bisa mengeluarkan lebih banyak kolesterol. Adapun contoh sayuran berdaun gelap ini antara lain sawi hijau, kangkung, brokoli, paprika hijau, dsb. 

7 dari 11 halaman

Kolesterol Tidak Boleh Makan Sayur Apa?

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kadar kolesterol adalah konsumsi sayuran yang digoreng. Ini adalah jenis sayuran yang harus dihindari oleh individu yang mengalami masalah dengan kolesterol mereka.

8 dari 11 halaman

Apakah Royco Bisa Bikin Kolesterol?

Berikut adalah takaran per sajian: Energi keseluruhan 0 kalori, energi dari lemak 0 kalori, lemak total 0 gram, lemak jenuh 0 miligram, kolesterol 0 gram, protein 0 gram, karbohidrat total 0 gram, serat pangan 0 gram, gula 0 gram, natrium 540 miligram.

9 dari 11 halaman

Apa yang Menyebabkan Kolesterol Naik?

Makan makanan yang tidak sehat dengan kandungan lemak jenuh tinggi, seperti kuning telur, mentega, biskuit, keju, krim, atau santan, menjadi kebiasaan. Kurangnya aktivitas fisik, merokok, serta konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan turut menjadi faktor.

10 dari 11 halaman

Jus Apa untuk Menurunkan Darah Tinggi dan Kolesterol?

Jeruk disarankan sebagai buah yang efektif dalam menurunkan tingkat kolesterol dan tekanan darah tinggi karena mengandung hesperidin, senyawa antioksidan yang dapat membantu mengurangi tekanan darah.

11 dari 11 halaman

Apakah Petai Termasuk Kolesterol?

Petai merupakan salah satu tanaman yang hampir tidak mengandung kolesterol sama sekali. Peran kandungan antioksidan yang tinggi kembali menonjol dalam manfaat petai untuk membantu mengurangi risiko penyakit kolesterol secara efektif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini