Sukses

Anies soal Wacana Diduetkan dengan Kaesang: Lebih Penting Ngomongin Kampung Bayam

Mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan angkat bicara soal wacana dirinya akan dijodohkan dengan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang juga putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep di Pilkada 2024.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan angkat bicara soal wacana dirinya akan dijodohkan dengan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang juga putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep di Pilkada 2024.

Menurut dia, untuk sekarang tak penting membicarakan hal tersebut. Anies pun berseloroh lebih penting bicarakan mengenai Kampung Bayam.

Diketahui, masih terjadi polemik antara warga Kampung Bayam dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (Jakpro) terkait hunian Kampung Susun Bayam (KSB), Papanggo, Jakarta Utara.

"Saat ini lebih penting saya ngomongin soal Kampung Bayam, daripada soal wakil," kata Anies kepada wartawan di Jakarta Selatan, Senin (17/6/2024).

Dia enggan bicarakan soal bakal calon wakil gubernur, pasalnya hingga kini proses pengusungan terhadap sosok yang dicalonkan untuk maju di Pilkada Jakarta masih dibicirakan oleh partai politik.

"Karena proses politik penyusunan partai-partai masih berjalan," jelas dia.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas mengatakan, telah menjalin komunikasi dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk Pilkada Jakarta 2024.

Komunikasi dengan PSI dilakukan usai DPW PKB Jakarta resmi mengusulkan nama Anies Baswedan sebagai calon gubernur tunggal untuk Pilgub Jakarta 2024. Komunikasi membahas terkait peluang duet Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta.

"Kita terbuka dengan wakil gubernur siapapun, termasuk dengan Mas Kaesang yang kemarin di media (bilang) bahwa Mas Kaesang mau menjadi wakil Pak Anies," kata Hasbiallah di DPW PKB Jakarta, Rabu (12/6/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Usulan dari PKB

Menurut Hasbiallah, PKB Jakarta juga terbuka apabila putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi tersebut hendak mencalonkan diri mendampingi Anies Baswedan sebagai calon wakil gubernur (cawagub) di Pilkada Jakarta 2024.

"Kita juga bersedia kalau Mas Kaesang memang mau mencalonkan wakil gubernur DKI. Kita juga sudah komunikasi dengan PSI," ucap dia.

Adapun DPW PKB Jakarta mengusulkan nama Anies ke DPP PKB berdasarkan berbagai pertimbangan. Di antaranya, merujuk hasil survei dan usulan internal DPW PKB Jakarta.

"PKB sudah melakukan survei, yang paham Jakarta itu Anies Baswedan," ujar Hasbiallah.

 

3 dari 3 halaman

Kaesang soal Wacana Diduetkan dengan Anies atau Ridwan Kamil: Saya Siap dengan Siapapun

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep semakin terbuka soal kans dirinya maju di pertarungan Pilkada 2024, terlebih khusus untuk wilayah Jakarta. Hal ini merespons soal wacana dirinya akan diduetkan dengan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta.

"Kalau saya ditanya siap atau enggak, ya harus siap," kata Kaesang di Kantor DPP PSI, Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Dia juga merespons siap saat ditanya peluangnya mendampingi mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang juga santer dikabarkan maju di Pilkada Jakarta.

"Siap juga," ungkap putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu.

Menurut Kaesang, di dalam politik harus melihat adanya peluang, sehingga siap dipasangkan dengan siapapun.

"Saya balik lagi, Namanya politik, kita ya enggak masalah kok dengan siapapun," kata dia.

 

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.