Sukses

7 Desain Rumah Minimalis 1 Lantai, Cocok untuk keluarga Muda

Ragu tentang bagaimana mendesain rumah 1 lantai yang tetap estetis dan modern? Ikuti tren desain rumah minimalis 1 lantai terkini tahun 2024 ini, dan temukan rumah impianmu dengan mudah. Yuk, simak penjelasannya!

Liputan6.com, Jakarta Rumah minimalis sederhana dengan satu lantai saat ini sedang populer. Secara finansial, rumah seperti ini adalah pilihan terbaik bagi mereka yang ingin tinggal nyaman dengan anggaran terbatas. Meskipun terlihat simpel, desain rumah satu lantai ini merupakan solusi optimal untuk menciptakan rumah yang nyaman. Dibandingkan dengan rumah dua lantai, rumah minimalis satu lantai lebih mudah dirancang dan lebih ekonomis.

Berikut ini inspirasi desain rumah minimalis 1 lantai yang paling tren di tahun 2024, dirangkum dari olympicfurniture pada Rabu (12/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Rumah Minimalis 1 Lantai Modern Berbahan Kayu

Material kayu masih banyak dipilih untuk bahan dasar rumah sampai sekarang. Kayu bisa memberikan kesan tradisional yang hangat, cocok dipadukan dengan gaya modern minimalis. Bahan kayu alami memiliki corak coklat klasik sebagai warna dasarnya. Warna dasar tersebut yang kemudian bisa dipadukan dengan warna lainnya, seperti hitam dan putih, atau warna netral lain.

3 dari 13 halaman

Rumah Minimalis 1 Lantai Modern Serba Putih

Rumah-rumah modern saat ini banyak menggunakan warna polos dengan konsep minimalis. Warna putih termasuk yang paling sering menjadi pilihan untuk desain rumah minimalis 1 lantai.

Penggunaan warna polos seperti warna putih bisa membuat kesan ruangan yang sempit menjadi lebih luas. Sehingga, pilihan warna putih cenderung aman untuk digunakan.

4 dari 13 halaman

Rumah Minimalis 1 Lantai dengan Konsep Pedesaan dan Halaman Luas

Konsep rumah minimalis 1 lantai ini akan cocok untuk kamu yang memiliki rumah berlahan luas dengan pekarangan di samping kanan dan kiri. Kamu bisa memaksimalkan desain rumah minimalis 1 lantai dengan gaya pedesaan.

Desain seperti ini akan membuat kesan rumah menjadi nyaman dan asri. Padukan warna krem dan kayu untuk bagian rumah, sehingga nampak senada dan cantik.

5 dari 13 halaman

Rumah Minimalis 1 Lantai dengan Konsep Perkotaan Warna Kalem

Selain cat berwarna putih, desain rumah minimalis 1 lantai juga bisa dikombinasikan dengan pilihan cat warna lain sesuai gaya dan selera. Namun, pemilihan warna yang tepat membutuhkan ketelitian, supaya bisa menghasilkan visual yang bagus.

Pilih warna-warna pastel yang terlihat kalem untuk cat dinding rumah, daripada memilih cat dinding dengan warna terlalu mencolok. Setelah memperhatikan pemilihan warna cat dinding, pilih desain kusen pintu dan jendela yang serasi dengan warna dinding.

6 dari 13 halaman

Rumah Minimalis 1 Lantai Serba Hijau

Mayoritas orang masih takut menggunakan warna hijau sebagai dasar warna dinding rumahnya. Padahal, pemilihan warna hijau yang tepat bisa membuat rumah minimalis 1 lantai makin terasa segar dan sejuk.

Kuncinya adalah jangan menggunakan warna hijau yang cenderung terang, karena akan membuat rumah terasa lebih sesak. Coba pilih warna-warna hijau pastel, seperti Sage atau hijau gelap supaya ruangan di rumah minimalis 1 lantai tampak semakin kalem dan cantik.

7 dari 13 halaman

Rumah Minimalis 1 Lantai 2 Kamar di Perumahan Kota

Tempat tinggal dengan luas lahan terbatas di tengah kota masih tetap bisa dimaksimalkan. Gunakan desain rumah minimalis 1 lantai dengan dua kamar tidur. Desain ini mungkin paling cocok untuk para pasangan muda dan keluarga kecil. 

Kreasikan rumah luas terbatas dengan desain yang tepat agar mampu menampung banyak aktivitas. Agar tidak tampak sempit atau sesak, gunakan warna cat dinding polos yang minimalis.

8 dari 13 halaman

Rumah Minimalis 1 Lantai dengan Taman Kecil

Meski memiliki rumah minimalis 1 lantai dengan luas yang terbatas, kamu masih bisa membangun taman di depan rumah, loh. Taman kecil yang bisa dibuat terdiri dari halaman rumput dengan pilihan pot tanaman hidup. Jika ingin lebih banyak tanaman, maka kamu bisa menggunakan pot gantung atau rak pot yang disusun rapi.

9 dari 13 halaman

Berapa Lama Membangun Rumah 1 Lantai?

Waktu rata-rata untuk membangun rumah satu lantai biasanya akan memakan sekitar 4 hingga 7 bulan.

10 dari 13 halaman

Kenapa Harus Rumah Minimalis?

Rumah minimalis memiliki desain yang hemat energi. Hal ini membuat Rumah minimalis lebih ramah lingkungan dan berkontribusi pada pelestarian lingkungan. Dengan desain yang hemat energi, Rumah minimalis dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan membantu untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

 

11 dari 13 halaman

Rumah Minimalis Terbuat dari Apa?

Beberapa bahan material yang cocok untuk rumah minimalis antara lain batako, baja ringan, batu alam, keramik, dan kayu. Anda dapat memilih perpaduan bahan material yang sesuai dengan kebutuhan dan selera untuk memberikan tampilan yang elegan dan nyaman pada rumah minimalis. 

12 dari 13 halaman

Apa Ciri Utama Interior Minimalis?

Ciri-ciri rumah minimal terletak pada desain tata ruangnya yang sederhana. Hunian minimalis jarang sekali menggunakan pembatas atau sekat ruangan, pemilihan warna dinding yang terlihat bersih dan netral, dan masih banyak lagi. 

13 dari 13 halaman

Rumah Sederhana Itu Seperti Apa?

Rumah minimalis sederhana memiliki ciri tata ruang yang sederhana, polos, dan efisien dengan volume ruang bertingkat. Bentuk sederhana, denah lantai terbuka, dinding interior minimal, area penyimpanan sederhana, dan penekanan pada keleluasaan pandangan adalah ciri khas dari denah rumah minimalis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini