Sukses

Taman Margasatwa Ragunan Buka di Idul Adha 1445 H, Cek Jam Operasionalnya

Taman Margasatwa Ragunan tetap membuka pelayanan pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah agar pengunjung puas bisa menikmati waktu liburan di tempat wisata Jakarta Selatan itu.

Liputan6.com, Jakarta Taman Margasatwa Ragunan tetap membuka pelayanan pada Hari Raya Idul Adha 1445 H agar pengunjung puas bisa menikmati waktu liburan di tempat wisata Jakarta Selatan itu.

"Kami tetap membuka pelayanan pada Idul Adha tepatnya 17 dan 18 Juni 2024," kata Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang dikutip dari Antara, Senin (17/6/2024).

Bambang menuturkan pada hari ini jam operasional akan berlaku mulai dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Hari libur satwa yang biasanya Senin mundur menjadi hari Rabu, sehingga Taman Margasatwa Ragunan akan tutup pada 19 Juni 2024.

"Rabu atau 19 Juni 2024 tutup atau libur satwa," ujarnya.

Lebih lanjut, dia memprediksi puncak kepadatan pengunjung diperkirakan terjadi pada Selasa (18/6). Dia menargetkan sebanyak 60 ribu akan datang.

Dalam antisipasi lonjakan pengunjung, pihaknya menyediakan lahan parkir hingga merawat dam memastikan pohon sekitar agar tidak tumbang dan melukai pengunjung. Selain itu, dia juga mengingatkan agar para pengunjung membawa mantel hujan atau payung mengingat cuaca yang tidak menentu, terkadang hujan deras.

"Kepada pengunjung kami imbau membawa payung atau mantel untuk antisipasi hujan deras yang sewaktu-waktu bisa terjadi," ujarnya.

Pengunjung Taman Margasatwa Ragunan

Pada Minggu hingga pukul 15.00 WIB, sebanyak 16.466 pengunjung mendatangi Taman Margasatwa Ragunan. Dia menambahkan, jumlah pengunjung sebanyak itu membawa 2.002 kendaraan roda dua, 3 bus, 75 sepeda, 1.340 kendaraan roda empat, termasuk 2.338 orang pengunjung ke pusat Primata Schmutzer.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait kelayakan bus pariwisata di kawasan wisata Taman Margasatwa Ragunan Jakarta Selatan.

Ditemukan beberapa bus pariwisata yang tidak memiliki kelengkapan surat-surat, seperti uji kendaraan bermotor atau KIR dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) namun tetap beroperasi mengangkut penumpang. Empat dari enam bus tidak melengkapi KIR, bahkan ada yang STNK-nya sudah habis.

Nantinya, bus-bus tersebut tidak akan dibiarkan beroperasi atau ditahan. Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan memiliki luas 147 hektare serta dihuni lebih dari 2.009 ekor satwa serta ditumbuhi lebih dari 20.000 pohon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5 Rekomendasi Wisata Murah di DKI Jakarta untuk Healing Libur Idul Adha 2024

Bagi Anda yang tidak melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman pada momen libur Iduladha dan sekolah tak perlu cemas. Mengingat, tersedia beragam tempat wisata di Jakarta yang patut untuk Anda kunjungi.

Menariknya, tempat wisata yang tersedia di DKI Jakarta ini ramah dikantong Bagi masyarakat yang  memiliki keuangan atau terbatas. Sehingga, Anda bersama keluarga tetap  dapat berlibur pada momen libur Idul Adha dan sekolah 2024.

Berikut rekomendasi destinasi wisata di Ibu Kota Jakarta yang patut Anda kunjungi:

1. Taman Margasatwa Ragunan

Tak lengkap rasanya jika berwisata bersama keluarga tak mengunjungi kebun binatang ragunan. Destinasi wisata ini patut dikunjungi untuk menambah wawasan mengenai dunia satwa.

Kebun binatang ini memiliki luas 140 hektar dan menyediakan berbagai macam koleksi spesies, mulai dari hewan buas, hewan jinak, hewan ternak, serangga, hingga reptil.

Menariknya, harga tiket masuk Ragunan tergolong murah. Yakni, untuk pengunjung dewasa dikenakan biaya Rp4 ribu, sedangkan anak-anak dikenakan biaya Rp3 ribu saja.

 

3 dari 4 halaman

2. Monumen nasional (Monas)

Sudah menjadi rahasia umum jika Monumen Nasional atau Monas menjadi tujuan utama objek wisata di DKI Jakarta. Tak heran jika, Monas menjadi salah satu ikon kebanggaan masyarakat Jakarta. 

Dalam setiap perayaan hari besar, berbagai kegiatan menarik terselenggara di Monas.

 Untuk masuk ke kawasan wisata Monas, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun, jika Anda masuk ke dalam Museum Sejarah Nasional dikenakan biaya masuk sebesar Rp15 ribu per orang.

3. Kota Tua

Kota Tua merupakan tempat wisata tujuan utama wisatawan yang berkunjung ke Jakarta. Destinasi wisata yang terletak di Jakarta Pusat ini menawarkan suasana kota tempo dulu dengan bangunan khas zaman kolonial Belanda.

Layaknya Monas, wisatawan yang hendak masuk ke area Kota Tua tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun, bagi Anda yang tertarik mengunjungi museum Kota Tua cukup membayar tiket masuk Rp 5000 per orang. 

"Jika ke sini, Anda bisa jalan-jalan santai dan mengunjungi beberapa museum seperti Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Mandiri, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Museum Wayang," tulis laman BSI.

 

4 dari 4 halaman

4. Taman Mini Indonesia Indah  (TMII)

Tak lengkap rasanya di berlibur di Jakarta tanpa mengunjungi TMII. Destinasi yang terletak di kawasan Jakarta Timur ini menawarkan beragam atraksi wisata yang cocok dinikmati bersama keluarga untuk menghabiskan libur Iduladha dan sekolah.

Sejumlah atraksi wisata yang menjadi pilihan utama pengunjung ialah Museum Indonesia, Museum Purna Bhakti Pertiwi, Museum Keprajuritan Indonesia, Museum Prangko Indonesia, dan masih banyak lainnya.

Untuk masuk ke TMII, Anda cukup membayar  tiket masuk gerbang utama yakni sebesar Rp25 ribu per orang.

5. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Taman Wisata Angke Kapuk dapat menjadi pilihan bagi Anda yang gemar berpetualang di alam bebas. Suasana  yang teduh dan udaranya yang sejuk oleh pepohonan layak untuk Anda kunjungi, tempat ini juga memiliki spot-spot menarik untuk berfoto.

Untuk memasuki objek wisata yang berada di Jakarta Utara ini Anda dikenakan biaya masuk Rp 15.000 per orang. Taman Wisata Alam Angke Kapuk ini beroperasi pada pukul 09.00-17.30 WIB. 

 

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini