Sukses

Great Eastern Life Indonesia Cetak Laba Bersih Rp 208 Miliar sepanjang 2023

Great Eastern Life Indonesia juga berhasil mempertahankan posisi sebagai salah satu dari 10 perusahaan asuransi jiwa teratas (joint venture life insurance) untuk jalur distribusi Bancassurance di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Great Eastern Life Indonesia berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp 208 miliar sepanjang 2023. Sedangkan total Premi terkumpul sebesar Rp 3,7 triliun atau meningkat 17% dari tahun sebelumnya. Dengan pencapaian tersebut maka aset sGreat Eastern Life Indonesia mencapai Rp 12,2 triliun atau tumbuh sebesar 23% dari tahun sebelumnya.

Dari sisi tingkat kecukupan modal, Great Eastern Life Indonesia tetap kuat dengan mencatatkan RBC (Risk-Based Capital) sebesar 326%. Angka ini jauh di atas rasio minimal yang disyaratkan OJK yaitu sebesar 120%.

Jika dibandingkan dalam lingkup industri, catatan pertumbuhan positif Great Eastern Life Indonesia tersebut melampaui atau berada di atas rata-rata pertumbuhan industri asuransi jiwa. Tercatat bahwa total premi industri asuransi jiwa sebesar Rp 92,33 triliun atau meningkat 14,1% dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara itu, jumlah aset industri asuransi jiwa Rp 614,61 triliun dengan rata-rata pertumbuhan hanya meningkat sebesar 0,7% dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan positif ini pun tercermin dalam masuknya Great Eastern Life Indonesia sebagai salah satu jajaran perusahaan asuransi jiwa dengan Premi bruto terbesar di tahun 2023.

Presiden Direktur Great Eastern Life Indonesia Nina Ong menjelaskan, hasil kinerja positif serta berbagai inovasi dan inisiatif di tahun 2023 tidak sekadar menjadi keberhasilan Great Eastern Life Indonesia, tetapi juga menjadi motivasi untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas, baik dari sisi penyediaan produk maupun layanan.

"Kami berkomitmen mempertahankan kepercayaan nasabah dan membersamai setiap tahap kehidupan nasabah dengan beragam solusi perlindungan agar nasabah bisa meraih berbagai aspirasi dalam kehidupannya dan Jadi Hebat, Reach for Great,” ungkap dia dalam keterangan tertulis, Kamis (2/5/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sinergi dengan Mitra Utama

Great Eastern Life Indonesia juga berhasil mempertahankan posisi sebagai salah satu dari 10 perusahaan asuransi jiwa teratas (joint venture life insurance) untuk jalur distribusi Bancassurance di Indonesia berdasarkan Total Weighted New Sales dan pangsa pasar.

Lebih dari sekadar angka, kinerja keuangan tersebut mencerminkan keberhasilan Great Eastern Life Indonesia dalam menjalankan berbagai langkah strategis guna menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap perlindungan asuransi.

Tak hanya itu, kinerja positif Great Eastern Life Indonesia juga diraih berkat hubungan dan sinergi yang kuat dengan mitra utama, Bank OCBC, maupun mitra bancassurance lainnya serta mitra afinitas untuk memasarkan produk digital Great Eastern Life Indonesia di situs GoGREAT!

Sepanjang tahun 2023, Great Eastern Life Indonesia terus berinovasi dari sisi produk dengan peluncuran produk GREAT Protection Link dan GREAT Investlink Protection. Kedua produk ini diluncurkan untuk menjawab kebutuhan nasabah akan produk PAYDI (Produk Asuransi Yang Dikaitkan dengan Investasi) sekaligus penyempurnaan produk agar sesuai dengan ketentuan SEOJK 5/2022.

Selain memenuhi ketentuan OJK, kedua produk baru unit link baru tersebut juga dilengkapi dengan pilihan dana investasi (fund) baru yaitu GreatLink Intelligence Equity Fund yang menggunakan teknologi AIOI (Artificial Intelligence of Investment) dalam pengelolaannya.

 

3 dari 3 halaman

Inovasi Layanan

Dari sisi inovasi layanan, Great Eastern Life Indonesia terus konsisten mengembangkan dan menyempurnakan berbagai transformasi digital yang telah ada dengan peluncuran Customer Portal GoGREAT! Services yang memudahkan nasabah asuransi individu untuk mengakses Polisnya secara mandiri, melakukan perubahan data nasabah ataupun melakukan Fund Switch secara mandiri tanpa biaya (untuk nasabah dengan Polis Unit Link).

Tak hanya Customer Portal, Great Eastern Life Indonesia terus mengembangkan Aplikasi Great Eastern Corporate (GEC App), untuk memudahkan nasabah asuransi Kumpulan melihat manfaat asuransinya, mengajukan klaim secara online, melihat daftar rumah sakit atau penyedia layanan kesehatan terdekat serta memberikan kesempatan kepada nasabah untuk menambah manfaat asuransinya.

Selain itu, ada juga Great Eastern Corporate Portal yang terus dikembangkan untuk memudahkan Human Capital ataupun Broker dalam mengelola detail asuransi kumpulan yang dimiliki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.