Sukses

Hadiri Perayaan Hari Air Dunia ke-32, Menteri Basuki Minta Kemampuan Pengelolaan Air Ditingkatkan

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengingatkan jajarannya bahwa air dapat menciptakan perdamaian. Meski demikian, air juga bisa memicu konflik jika ada kesenjangan dalam penyediaannya.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar Puncak Hari Air Dunia (HAD) ke-32 di Auditorium Kementerian pada Senin (29/4/). Tema acara tersebut adalah “Water For Peace” atau “Air untuk Perdamaian”. 

Dalam puncak acara, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengingatkan jajarannya bahwa air dapat menciptakan perdamaian. Meski demikian, air juga bisa memicu konflik jika ada kesenjangan dalam penyediaannya. 

Oleh sebab itu, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR telah menjalankan beberapa program. Salah satunya adalah pemulihan eksosistem Daerah Aliran Sungai (DAS) seperti yang dilakukan pada Sungai Citarum. 

“Kedua, saya ingin mengajak kita semua meningkatkan kemampuan mengelola air (water management) di Indonesia,” kata Basuki. 

 

 

 

Basuki berharap HAD ke-32 bisa mendorong kolaborasi dari seluruh pemangku kebijakan. Tujuannya untuk mengambil tindakan nyata dalam melestarikan sumber daya air demi menjaga perdamaian. 

Basuki juga berterima kasih kepada seluruh jajaran PUPR, termasuk seluruh balai di Indonesia yang berperan dalam perayaan HAD k-32 tahun 2024. Ia lalu mengajak kegiatan seperti Goes to Campus dan penanaman pohon digalakkan. 

“Tidak hanya untuk memperingati HAD, tetapi juga untuk memperingati Hari Bakti PUPR. Sehingga dua kali dalam setahun,” katanya. 

Dalam acara ini, dilaksanakan juga Pengukuhan Anggota Dewan SDA Nasional dari unsur Non Pemerintah, Periode Tahun 2024-2029, serta Pengukuhan Himpunan Profesional Pengelola Sumber Daya Air (Himpesda). 

 

Selain itu adalah Final lomba Karya Ilmiah Bidang SDA untuk SMA/SMK/MA Tingkat Nasional XVII dengan tema “Air Untuk Kemakmuran Bersama”. Acara lainnya adalah penyampaian hasil Konsultasi Pemangku Kebijakan dan Pemilik Kepentingan pada acara Forum Air Indonesia ke-5 oleh Kemitraan Air Indonesia.  

“Saya juga berterimakasih kepada anak-anak yang berkontribusi pada penulisan karya ilmiah. Saya harap ke depannya terus menginspirasi kami sehingga karya tulisnya dapat dilaksanakan di lapangan,” kata Basuki. 

HAD ke-32 merupakan salah satu rangkaian dari 10th World Water Forum yang bertemakan “Water for Shared Prosperity”. Dalam agenda HAD ke-32 Tahun 2024, hadir pimpinan Pratama dan Madya di Kementerian PUPR, pimpinan BUMN karya, hingga mahasiswa dari wilayah Jabodetabek, Bandung, dan Semarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini