Sukses

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 68 Dibuka, Daftar di Link prakerja.go.id

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 68 sudah dibuka mulai hari ini Jumat (19/4/2024). Hal itu diumumkan melalui akun media sosial resmi @prakerja.go.id.

Liputan6.com, Jakarta Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 68 sudah dibuka mulai hari ini Jumat (17/5/2024). Hal itu diumumkan melalui akun media sosial resmi @prakerja.go.id.

"Gelombang seleksi Prakerja kembali dibuka. Segera klik tombol 'Gabung Gelombang' di dashboard Prakerja kamu pada tab 'Info Gelombang' sekarang juga!," tulis @prakerja.go.id.

Bagi calon peserta yang hendak mendaftar diharusnya membuat akun Kartu Prakerja terlebih dahulu. Diketahui, untuk pembuatan akun program Prakerja sebenarnya telah dibuka sejak awal tahun 2024 melalui laman www.prakerja.go.id. Oleh karena itu, bagi calon peserta Prakerja yang telah membuat akun bisa langsung klik bergabung.

"Untuk kamu yang belum memiliki akun Prakerja, segera buat secara mandiri di www.prakerja.go.id agar #JadiBisa ikut dalam gelombang seleksi ke-68 ini!,' tulis Prakerja.

Sebagai informasi, untuk tahun ini target peserta program Prakerja sebanyak 1,148 juta orang.

Cara Gabung Kartu Prakerja Gelombang 68

  • Lebih lanjut, calon peserta penting untuk memperhatikan syarat gabung program Prakerja, diantaranya:
  • Belum pernah menjadi Penerima Program Kartu Prakerja.
  • WNI berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 64 tahun.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Program Kartu Prakerja.

Adapun untuk tahun ini Prakerja kembali menghadirkan metode pelatihan Pembelajaran Mandiri (online) melalui LMS (Learning Management System) selain dua pilihan metode lainnya, yakni pelatihan Tatap Muka (offline) dan Webinar (online).

Metode pelatihan Pembelajaran Mandiri melalui LMS menggunakan media video pembelajaran kembali dihadirkan untuk memberikan pilihan bagi kamu yang membutuhkan waktu belajar lebih fleksibel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapan Penting Sebelum Ikut Tes Prakerja, Wajib Simak

Sebelumnya, Program Kartu Prakerja telah menjadi salah satu inisiatif pemerintah Indonesia yang memungkinkan masyarakat mampu meningkatkan keterampilan dan daya saing dalam dunia kerja. 

Salah satu tahapan penting dalam mengikuti program ini adalah melewati tes seleksi. Agar dapat menghadapi tes Prakerja dengan percaya diri, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. 

Salah satu manfaat utama dari Kartu Prakerja adalah memberikan akses kepada masyarakat untuk mengikuti berbagai program pelatihan dan kursus. 

Dengan mengikuti program ini, peserta dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam berbagai bidang, mulai dari keterampilan teknis hingga soft skills.

Dengan meningkatnya keterampilan dan pengetahuan, peserta Kartu Prakerja akan menjadi lebih kompetitif di pasar kerja. Mereka akan memiliki keunggulan dalam menghadapi persaingan untuk mendapatkan pekerjaan atau meningkatkan posisi dalam karir mereka.

Kartu Prakerja memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengembangkan potensi dan minat mereka dalam berbagai bidang. 

Peserta dapat memilih program pelatihan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, sehingga dapat meraih kesuksesan dalam karir yang diinginkan.

3 dari 3 halaman

Persiapan

Berikut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti tes Prakerja:

Memahami Materi Tes

Penting untuk memahami materi yang akan diuji dalam tes Prakerja. Materi tes meliputi berbagai bidang, mulai dari keterampilan dasar hingga keahlian spesifik sesuai dengan program pelatihan yang dipilih.

Mengikuti Bimbingan Belajar

Mencari bimbingan belajar atau kursus persiapan tes Prakerja dapat membantu meningkatkan pemahaman tentang materi yang akan diuji. Bimbingan belajar ini juga dapat memberikan tips dan strategi dalam menjawab soal-soal ujian.

Latihan Soal

Melakukan latihan soal secara rutin dapat membantu meningkatkan kemampuan dalam mengerjakan soal tes Prakerja. Dengan berlatih, peserta akan lebih terbiasa dengan format soal dan dapat mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki.

Mengatur Waktu

Menentukan jadwal belajar yang teratur dan memadukan waktu untuk mengerjakan soal latihan dengan aktivitas sehari-hari dapat membantu memaksimalkan persiapan menjelang tes Prakerja.

Menjaga Kesehatan

Kesehatan fisik dan mental sangat berperan penting dalam menghadapi tes. Pastikan untuk istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, dan mengelola stres dengan baik agar dapat tampil maksimal saat mengikuti ujian.

Memastikan Perlengkapan Ujian

Sebelum mengikuti tes, pastikan untuk menyiapkan semua perlengkapan yang diperlukan seperti kertas, pensil, dan penghapus. Memastikan semua persiapan teknis telah disiapkan dapat menghindari gangguan selama ujian.

Mempersiapkan Diri Secara Mental

Persiapkan diri secara mental dengan menjaga pikiran positif dan percaya diri. Hindari pikiran negatif dan tetap fokus pada tujuan untuk berhasil dalam tes Prakerja.

Dengan melakukan persiapan yang matang dan tekun, diharapkan peserta dapat menghadapi tes Prakerja dengan lebih percaya diri dan berhasil meraih hasil yang memuaskan. 

Kesungguhan dan ketekunan dalam mempersiapkan diri akan membawa peluang lebih besar untuk sukses dalam mengikuti program Kartu Prakerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.