Sukses

Kilang Balongan Pertamina Siap Hadapi Lonjakan Permintaan Energi saat Lebaran 2024

Kilang RU VI Balongan mengolah minyak mentah (crude oil) menjadi produk Bahan Bakar Minyak (BBM), Non-BBM, dan Petrokimia. Hasil produk dari kilang Balongan yaitu Premium, Pertamax, Pertamax Plus, Solar, Pertamina DEX, LPG, Propylene, hingga Avtur.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Pertamina (Persero) mengunjungi Kilang Refinery Unit (RU) VI Balongan, Jawa Barat. Kunjungan ini untuk memastikan kesiapan pasokan BBM, LPG dan Avtur dalam memenuhi kebutuhan masyarakat pada momen Lebaran 2024.

Kunjungan dilakukan oleh Direktur Penunjang Bisnis Pertamina Erry Widiastono dan Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini, didampingi  Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional Taufik Aditiyawarman, serta General Manager RU VI Balongan Sugeng Firmanto, pada Rabu 20 Maret 2024.

Emma Sri Martini menjelaskan, kesiapan Kilang RU VI Balongan untuk menghadapi lonjakan aktivitas masyarakat selama masa Satgas akan berjalan dengan baik. Sarana dan fasilitas, serta aspek Health Safety Security and Environment (HSSE) diperiksa dengan seksama pada kunjungan tersebut.

“Oleh karena itu, kami pastikan Kilang Balongan sudah siap dengan kehandalannya dan menjaga ketahanan energi. Kami akan menjaga distribusi BBM di seluruh wilayah Indonesia.” Tegas Emma dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/3/2024). 

Kilang RU VI Balongan mengolah minyak mentah (crude oil) menjadi produk Bahan Bakar Minyak (BBM), Non-BBM, dan Petrokimia. Hasil produk dari kilang Balongan yaitu Premium, Pertamax, Pertamax Plus, Solar, Pertamina DEX, LPG, Propylene, Avtur serta produk specialty chemical untuk keperluan industri Gas Oil for Antifoam (GO Foam) yang mempunyai nilai strategis dengan memasok BBM ke DKI Jakarta, Banten, dan sebagian Jawa Barat.

Emma menegaskan, aspek HSSE akan selalu menjadi prioritas utama bagi Pertamina untuk menjaga kelancaran distribusi energi ke masyarakat. "Aspek HSSE menjadi prioritas utama yang tidak bisa dikompromikan. Monitoring yang efektif harus dipastikan di seluruh lapangan," katanya.

santunan Anak Yatim 

Pada kunjungan bertajuk Safari Ramadan ini, Manajemen Pertamina juga menggelar santunan kepada 180 anak yatim dan duafa yang berada di sekitar RU VI Balongan. Program pemberian tali kasih ini merupakan wujud nyata dari komitmen Pertamina untuk berperan aktif dalam pembangunan sosial dan lingkungan, serta menyebarkan energi positif kepada masyarakat di sekitar wilayah operasinya.

"Kami percaya bahwa semangat kebersamaan dan kolaborasi dapat meningkatkan nilai-nilai diri sebagai insan yang bermartabat. Salah satu bentuk dari semangat tersebut adalah dengan menyebarkan energi positif melalui program-program tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan," ujar Taufik Adityawarman, Direktur Utama Kilang Pertamina Internasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengintip Kesiapan Pertamina Jaga Pasokan BBM dan LPG saat Ramadan dan Mudik Lebaran

ertamina Patra Niaga terus memastikan kesiapan penyaluran BBMdan LPG sepanjang Ramadhan dan menjelang arus mudik Idul Fitri. Hal ini untuk menjaga kenyamanan masyarakat pada momen tersebut.

Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra mengatakan, penyaluran BBM wilayah Surabaya siap menyalurkan BBM dengan stok yang cukup untuk memenuhi kebutuhan Idul Fitri.

“Integrated Terminal Surabaya Group ini depot kedua terbesar setelah Plumpang, dan sangat vital bagi penyaluran energi di Jawa Timur. Untuk itu kami cek kesiapannya dari segi sarana dan fasilitas serta kesiapan build up stok di IT Surabaya Group,” kata Mars Ega, Jumat (22/3/2024).

Selain kehandalan sarfas dan stok, untuk memastikan layanan berjalan dengan baik, Mars Ega menitikberatkan pada integrasi digitalisasi di Integrated Terminal Surabaya Group dan SPBU. Saat ini di sekitar 1.600 SPBU sudah diterapkan auto replenishment, dimana SPBU bisa meminta pengiriman BBM secara otomatis sebagai antisipasi sebelum stok di SPBU menipis.

Menurut Mars Ega, semua upaya ini juga harus tetap memastikan aspek safety baik untuk kenyamanan masyarakat, serta untuk operasional perusahaan yang baik.

“Pertamina Patra Niaga hadir untuk memberi energi disetiap perjalanan baik secara ketersediaan produknya, maupun juga dari segi layanan untuk memuaskan konsumen. Dengan kehandalan stok, distribusi, digitalisasi, dan layanan yang senantiasa mengedepankan aspek safety harapannya kami bisa menjalankan tugas menyalurkan energi sepanjang Ramadhan hingga Idul Fitri nanti dengan baik,” terang Mars Ega.

3 dari 3 halaman

Poin Penting

Direktur Logistik & Infrastruktur PT Pertamina (Persero), Alfian Nasution pun memastikan beberapa poin penting dalam mengantisipasi kebutuhan energi jelang Idul Fitri, yakni integritas aset dan kesiapan seluruh pekerja yang berdasarkan pada aspek safety.

“Kehandalan sarfas harus dipastikan dalam kondisi 100%, jadi siap untuk memenuhi lonjakan kebutuhan energi. Kedua, teman-teman operator, awak mobil tanki pastikan semua sehat, dan kondisi fit, bagaimana mengelola kelelahan juga menjadi poin penting yang harus dicek setiap hari. Terakhir, kehandalan suplai, pastikan alternatif distribusi disiapkan untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan,” tukas Alfian.

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat mengecek langsung ke sosial media @ptpertaminapatraniaga serta menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini