Sukses

Miliarder India Bangun Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan Terbesar di Dunia, Ukurannya 5 Kali Kota Paris

Seorang miliarder asal India tengah mengembangkan pembangkit listrik ramah lingkungan terbesar di dunia, yang ukurannya lima kali lebih besar dari kota Paris.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang miliarder asal India bernama Sagar Adani tengah membangun pembangkit listrik ramah lingkungan terbesar di dunia. Ukuran dari pembangkit listrik ini mencapai lima kali lebih besar dari kota Paris.

Proyek ini mengubah hamparan gurun garam yang tandus di pinggiran India barat menjadi salah satu sumber energi terbarukan yang paling penting di dunia ini begitu besar. 

"Saya bahkan tidak melakukan perhitungan lagi," kata Sagar Adani mengutip CNN Business,  Sabtu (23/3/2024).

Adani merupakan direktur eksekutif Adani Green Energy Limited (AGEL). Ia juga merupakan keponakan dari Gautam Adani, orang terkaya kedua di Asia, yang memiliki harta sebesar USD 100 miliar. Harta ini berasal dari bisnis batu bara dan pertambangan  yang memberikan pencemaran terbesar di India.

Perusahaan ini didirikan pada 1988 dan beroperasi di berbagai industri, termasuk pelabuhan, pembangkit listrik tenaga panas, media, dan semen.

AGEL, unit energi terbarukan perusahaan ini, menghabiskan lebih dari USD 20 miliar untuk sebuah proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Pembangkit Listrik tenaga Angin yang sangat besar di Gujarat, India bagian barat. Ketika selesai dalam waktu sekitar lima tahun, proyek ini akan menjadi taman energi terbarukan terbesar di dunia, yang mampu menghasilkan listrik bersih yang cukup untuk menghidupi 16 juta rumah di India.

Taman ini, yang terletak hanya 12 mil dari salah satu perbatasan paling berbahaya di dunia yang memisahkan India dan Pakistan, akan mencakup lebih dari 200 mil persegi dan akan menjadi pembangkit listrik terbesar di dunia, apa pun sumber energinya, menurut AGEL.

"Zona yang luas dan tak terkekang tanpa satwa liar, vegetasi, atau tempat tinggal manusia. "Tidak ada alternatif penggunaan yang lebih baik untuk lahan tersebut," jelas Adani.

Aspirasi hijau yang ambisius dari kelompok ini tidak terpengaruh oleh badai sejak Januari 2023, ketika sebuah perusahaan riset Amerika Hindenburg Research menuduhnya telah melakukan penipuan selama puluhan tahun.

Raksasa tambang dan media India tersebut mengecam artikel Hindenburg sebagai "tidak berdasar" dan "jahat". Namun, hal ini tidak mencegah bencana pasar saham yang dahsyat yang, pada suatu waktu, mengurangi nilai perusahaan-perusahaan yang terdaftar di bursa hingga lebih dari $100 miliar. Kekayaan pribadi Gautam Adani juga terpukul, turun lebih dari $80 miliar pada bulan setelah laporan ini dirilis.

Namun, taipan ini telah pulih, dan bisnisnya kini menginvestasikan miliaran dolar untuk energi bersih.

Selama satu dekade ke depan, perusahaan ini berharap dapat menginvestasikan $100 miliar untuk transisi energi, dengan energi bersih mencapai 70% dari total investasi tersebut.

Sebuah kebutuhan bagi 1,4 miliar orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Transisi Energi Adani Group

Transisi energi berkelanjutan dari Adani Group bertepatan dengan ambisi pengendalian iklim India yang ambisius. Perdana Menteri Narendra Modi telah bersumpah bahwa sumber energi terbarukan seperti tenaga surya dan angin akan menyediakan 50% kebutuhan energi India pada akhir dekade ini.

Pada 2021, Modi mengumumkan bahwa India akan mencapai nol emisi bersih pada 2070, yang masih beberapa dekade lebih lambat dari negara-negara Barat.

Pemerintah telah menetapkan target sebesar 500 gigawatt (GW) pembangkit energi non-fosil pada tahun 2030. AGEL, bisnis energi terbarukan terbesar di India, berniat untuk menghasilkan setidaknya 9% dari target tersebut, dengan lebih dari 30 GW dihasilkan hanya dari taman Khavda di Gujarat.

Adani menekankan bahwa tidak beralih ke energi terbarukan bukanlah sebuah pilihan.

"Tidak ada pilihan lain bagi India selain mulai melakukan sesuatu dengan ukuran dan skala yang tidak terbayangkan sebelumnya," ujar wanita berusia 30 tahun ini.

Hal ini dikarenakan permintaan energi akan meroket di tahun-tahun mendatang.

India merupakan konsumen energi terbesar ketiga di dunia, tetapi penggunaan energi dan emisi per orangnya kurang dari setengah dari rata-rata global, menurut angka-angka dari Badan Energi Internasional (IEA) yang berbasis di Paris.

Hal ini mungkin akan berubah dengan cepat. Permintaan energi telah meningkat dua kali lipat sejak tahun 2000 seiring dengan meningkatnya pendapatan, dengan batu bara, minyak, dan biomassa padat yang masih menyumbang 80% dari permintaan tersebut. Menurut IEA, ekonomi yang berkembang pesat akan memiliki pertumbuhan konsumsi energi tertinggi di dunia dalam tiga dekade ke depan.

"Jika India melakukan apa yang dilakukan oleh Cina, Eropa, dan Amerika Serikat, maka kita semua akan menghadapi masa depan iklim yang sangat, sangat suram," tambah Adani, merujuk pada sejarah penggunaan bahan bakar fosil di negara-negara tersebut seiring dengan perkembangannya.

 

3 dari 4 halaman

Permintaan Listrik

Prediksi suramnya tidak terlalu ekstrem. Menurut para ekonom, India memiliki posisi yang baik untuk berkembang pada tingkat tahunan setidaknya 6% di tahun-tahun mendatang dan dapat menjadi negara dengan ekonomi terbesar ketiga di dunia pada akhir dekade ini.

Seiring dengan pertumbuhan dan modernisasi, populasi perkotaannya akan tumbuh secara dramatis, menghasilkan peningkatan yang luar biasa dalam pembangunan rumah, kantor, toko, dan bangunan lainnya. Para analis memprediksi bahwa selama 30 tahun ke depan, populasi perkotaan India akan tumbuh setara dengan London setiap tahunnya.

Permintaan listrik diprediksi akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang karena berbagai faktor, termasuk meningkatnya standar hidup dan perubahan iklim. Yang terakhir ini telah memicu gelombang panas yang dahsyat di seluruh India, dan sebagai akibatnya, kepemilikan AC diperkirakan akan meningkat secara dramatis di tahun-tahun mendatang.

IEA memprediksi bahwa pada tahun 2050, permintaan listrik keseluruhan India dari pendingin udara residensial akan melebihi seluruh konsumsi energi Afrika.

India tidak dapat mengandalkan bahan bakar fosil untuk memenuhi kebutuhannya yang terus meningkat tanpa adanya konsekuensi yang buruk bagi upaya untuk memerangi masalah iklim.

"Jika Anda membayangkan 800 GW kapasitas termal berbahan bakar batu bara ditambahkan... ini dengan sendirinya akan membunuh semua inisiatif energi berkelanjutan lainnya yang terjadi di seluruh dunia, dalam hal emisi karbon," lanjut Adani.

 

4 dari 4 halaman

Ambisi Hijau dan Ketergantungan Fosil

Inisiatif ramah lingkungan konglomerat ini patut dipuji, tetapi para ahli iklim mempertanyakan investasi besar yang terus berlanjut dalam bahan bakar fosil.

"[Gautam] Adani terus berjalan di dua sisi jalan," ujar Tim Buckley, direktur lembaga pemikir Climate Energy Finance, yang berlokasi di dekat Sydney.

Grup Adani bukan hanya salah satu pengembang dan operator tambang batu bara terbesar di India, tetapi juga mengelola Tambang Batu Bara Carmichael yang kontroversial di Australia, yang telah memicu kemarahan para aktivis perubahan iklim yang menyebutnya sebagai "hukuman mati" bagi Great Barrier Reef.

"Daripada mengucurkan miliaran dolar untuk proyek-proyek bahan bakar fosil yang baru, India akan jauh lebih baik jika Adani mengerahkan 100% upaya dan sumber dayanya untuk mengembangkan teknologi nol emisi yang murah," ujarnya.

Hal tersebut bukanlah sebuah pilihan untuk saat ini, kata Adani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.