Sukses

Jasa Marga Buka Gratis Sejumlah Ruas Tol Selama Mudik Lebaran 2024

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menuturkan, ada ruas tol yang jadi favorit untuk digunakan oleh pemudik saat mudik Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyiapkan sejumlah ruas tol yang akan dioperasional fungsional atau gratis selama periode mudik Lebaran 2024. Tercatat ada penambahan ruas tol yang disiapkan dari periode yang sama tahun lalu.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, ada ruas tol yang jadi favorit untuk digunakan oleh pemudik. Yakni, Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo).

"Kalau tol fungsional untuk di tahun ini, yang menjadi favorit seperti periode sebelumnya di Jogja-Solo ya, dan tahun ini mengalami peningkatan menjadi 22,3 km, ini kami siapkan," ujar Lisye di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, dikutip Jumat (22/3/2024).

Pada ruas tersebut ada penambahan panjang ruas fungsional dari Colomadu sampai Ngawen sepanjang 22,3 km, sebelumnya, hanya dibuka seksi Kartasura-Karanganom sepanjang 13 km. Jalur fungsional ini akan tersambung ke Jalan Provinsi Jatinom-Boyolali kemudian ke Jalan Nasional Yogya-Solo. 

"Jalur fungsional ini akan beroperasi pada pukul 06.00-17.00 WIB pada periode arus mudik (5-11 April 2024) dan periode arus balik (12-15 April 2024) serta dibuka hanya untuk kendaraan golongan 1 non bus," ujar Lisye.

Selanjutnya, Jasa Marga akan membuka fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan. Nantinya akan dibuka dari Simpang Susun Sadang hingga Kutanegara sepanjang 8,5 KM yang dioperasikan secara situasional sesuai diskresi Kepolisian.

Tujuannya untuk mendukung distribusi lalu lintas pada arus balik tepatnya dari arah Bandung dan sekitarnya yang menuju Jabotabek melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Seperti di periode sebelumnya juga untuk yang Japek II Selatan ini juga sifatnya untuk dibuka jika memang lalin mengalami peningkatan di titik tertentu yang kami sepakati dengan pihak kepolisian apabila ada antrean di gerbang tol Kalihurip Utama atau juga ada kecepatan lalin yang menurun di Cipularang," tuturnya.

Selain itu, Jasa Marga juga akan mengoperasikan fungsional tambahan 1 lajur (2 lajur menjadi 3 lajur) di Jalan Tol Palikanci KM 208+150 s.d KM 210+190 (sepanjang ±2,04 KM). Serta mengoperasikan fungsional akses tol KM 99 Jalan Tol Cipularang baik arah Jakata maupun arah Bandung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mudik Lebaran, Jasa Marga Umumkan One Way dan Contra Flow 1 Jam Sebelumnya

Sebelumnya diberitakan, PT Jasa Marga (Persero) Tbk membuka opsi adanya rekayasa lalu lintas satu arah atau one way dan contra flow di jalan tol pada pengaturan arus mudik Lebaran 2024. Untuk kepastian pelaksanaan rekayasa lalu lintas tersebut akan diumumkan sekitar 1 jam sebelum kebijakan tersebut diambil.

Corporate Communication &Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, Jasa Marga akan mengacu pada kondisi jalan tol sebelum mengambil kebijakan. Meski diakuinya sudah ada penentuan waktu satu arah yang diatur pemerintah pada beberapa ruas tol.

"Jadi benar sekali akan ada penyesuaian terhadap kondisi lalin secara realtime. Kami itu satu jam sebelumnya pasti informasikan," kata Lisye di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, dikutip Jumat 22/3/2024).

Dia mengatakan, pengumuman satu jam sebelumnya bisa bermanfaat untuk masyarakat bisa mempersiapkan. Kemudian, dari sisi pengelola jalan tol juga bisa mempersiapkan rekayasa atau kondisi jalannya.

"Karena untuk bisa menggelar rubber cone-nya itu untuk contra flow kan butuh waktu. Nah pada waktu menyiapkan itu pasti kami sudah informasikan satu memang untuk menyiapkan para pengguna jalan untuk bisa merencanakan," katanya.

"Dan dari sisi kami dari tim operasional juga bisa menyiapkan area clearence-nya itu agar tetap bisa memastikan," sambung Lisye.

Nantinya, informasi mengenai one way dan contra flow selama mudik Lebaran 2024 akan disampaikan melalui kanal media sosial Jasa Marga. Di samping itu, akan didukung juga oleh sosialisasi dari Korlantas Polri dan Kementerian Perhubungan.

"Tak hanya di kanal informasi Jasa Marga, tapi juga Korlantas, bisa di Kementerian Perhubungan karena kami secara bersama-sama akan mensosialisasikan," pungkasnya.

 

3 dari 4 halaman

Diskon Tarif Tol

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk masih mengkaji pemberian potongan atau diskon tarif tol pada periode mudik lebaran 2024 mendatang. Ada kemungkinan diskon tarif tol akan diberlakukan diluar waktu puncak arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, potongan tarif tol merupakan kebijakan yang lazim diambil ketika momen khusus seperti hari besar. Ini pernah dilakukan pada periode mudik lebaran 2023 lalu.

"Secara prinsip potongan tarif ini dilakukan sebagai bentuk mendistribusikan lalin (lalu lintas) supaya tidak menumpuk di waktu puncak, supaya apa yang kami prediksi, tidak melebihi prediksi," ujar Lisye di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Dengan memberlakukan diskon tarif tol di luar periode puncak, Lisye berharap akan berdampak ke sebaran kendaraan selama periode mudik. Artinya, kepadatan kendaraan akan terurai, tak hanya terjadi di waktu-waktu puncak mudik.

4 dari 4 halaman

Mengurai Kepadatan

Jasa Marga sendiri memprediksi waktu puncak di 4 gerbang tol utama Trans Jawa mencapai 259 ribu kendaraan di 6 April 2024. Angka ini meningkat 66,8 persen dari lalin normal.

"Supaya semua antisipasi, rekayasa lalin dapat tetap dilakukan, memastikan kapasitas jalan ini tetap bisa menampung lonjakan lalin," jelasnya.

Dia menilai, pengenaan tarif diskon bisa efektif mengurai kepadatan selayaknya yang dilakukan pada periode mudik tahun lalu. 

Jasa Marga sendiri memprediksi waktu puncak di 4 gerbang tol utama Trans Jawa mencapai 259 ribu kendaraan di 6 April 2024. Angka ini meningkat 66,8 persen dari lalin normal.

"Supaya semua antisipasi, rekayasa lalin dapat tetap dilakukan, memastikan kapasitas jalan ini tetap bisa menampung lonjakan lalin," jelasnya.

Dia menilai, pengenaan tarif diskon bisa efektif mengurai kepadatan selayaknya yang dilakukan pada periode mudik tahun lalu. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.