Sukses

Wapres Ma'ruf Amin Optimis Target 10 Juta Produk Bersertifikat Halal Tercapai di 2024

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meyakini target 10 juta produk bersertifikat halal dapat tercapai pada tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meyakini target 10 juta produk bersertifikat halal dapat tercapai pada tahun ini. Hal ini sesuai dengan target yang ditetapkan Kementerian Agama melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

"Optimis tercapai," kata Wapres usai membuka Kepri Ramadhan Fair (KURMA) 2024 dan Seminar Produk Halal Go Global di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, dikutip dari Antara, Jumat (15/3/2024).

Wapres mengungkapkan saat ini produk bersertifikat halal masih berkisar 3 juta produk, atau belum mencapai target.

Kendala Anggaran

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) juga mengakui terdapat kendala keterbatasan anggaran 2024 untuk mengejar sasaran.

Menurut Wapres, pemerintah selama ini terus berkomitmen mendorong sertifikasi halal produk, antara lain dengan menyiapkan berbagai infrastruktur pendukung.

"Karena itu, kalau ada kendala-teknis teknis, nanti kita akan cari kita akan terus (atasi) supaya layanan sertifikasi ini terus cepat dilakukan," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diluncurkan 2022

Adapun program 10 juta produk bersertifikat halal diluncurkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada 2022 lalu.

Akselerasi sertifikasi halal untuk 10 juta produk dinilai menjadi terobosan penting dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Sertifikasi halal yang dilakukan secara masif diharapkan menjadi pemantik geliat UMK untuk kembali bangkit setelah lebih dari dua tahun terdampak pandemi Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini