Sukses

Kronologi Truk BBM Pertamina Kebakaran di Bogor

Truk BBM milik PT Pertamina (Persero) terbakar hebat di SPBU di wilayah Gandongan, Kabupaten Bogor. Kebakaran truk BBM itu terjadi pada Senin, 11 Maret 2024, pagi.

Liputan6.com, Jakarta Truk BBM milik PT Pertamina (Persero) terbakar hebat di SPBU di wilayah Gandongan, Kabupaten Bogor. Kebakaran truk BBM itu terjadi pada Senin, 11 Maret 2024, pagi.

Area Manager Communication, Relation & CSR Regional Jawa Bagian Barat Pertamina Patra Niaga, Eko Kristiawan mengonfirmasi kejadian tersebut. Dia mengatakan kejadian itu menimpa satu unit mobil tangki BBM.

"Pertamina menyayangkan terjadinya kebakaran satu unit mobil tangki B 9743 TEJ kapasitas 24 KL yang membawa produk bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34.168.05 Jl. Raya Cileungsi Jonggol, Gandoangan Kab.Bogor pada Senin, 11 Maret 2024 pukul 04.36 WIB," ujar Eko dalam keterangannya, Senin (11/3/2024).

Dia menjelaskan, Awak Mobil Tangki (AMT) sudah langsung merespons untuk memadamkan api, namun terlanjur membesar. Selanjutnya, pihak SPBU segera minta bantuan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor. Sekitar pukul 05.15 WIB api berhasil dipadamkan.

Tak Ada Korban Jiwa

Eko memastikan tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut. Selanjutnya, SPBU yang jadi lokasi kebakaran berhenti beroperasi untuk sementara.

"Tidak ada korban jiwa maupun korban luka pada kejadian ini. Saat ini SPBU 34.168.05 tersebut berhenti beroperasi untuk sementara untuk dilakukan investigasi lebih lanjut," tegasnya.

"Alternatif SPBU terdekat Jl. Raya Cileungsi, Jonggol apabila masyarakat ingin melakukan pengisian BBM yaitu di SPBU 34.168.20 dan SPBU 34.168.15," sambung Eko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stok BBM Aman

Lebih lanjut, Eko memastikan kebakaran truk BBM itu tidak mengganggu pasokan di wilayah Kabupaten Bogor. Dia memastikan stok yang tersedia masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat memastikan stok BBM di wilayah Kabupaten Bogor aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," kata dia.

"Untuk informasi mengenai produk, layanan dan program Subsidi Tepat, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135," pungkasnya.

Seperti diketahui, dalam video amatir yang beredar di media sosial, nampak api membumbung tinggi di salah satu SPBU. Ternyata, itu adalah SPBU di Gandongan, Kabupaten Bogor.

Dalam video singkat itu, terlihat sekelompok orang yang sedang melihat SPBU yang terbakar hebat. Video itu juga terlihat dalam posisi yang gelap, senada dengan waktu kejadian yang diperkirakan pukul 04.36 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.