Sukses

Kemenhub Siapkan 722 Bus untuk Mudik Gratis 2024

Dari sejumlah unit bus tersebut, Ditjen Hubdat Kemenhub menyediakan sebanyak 30.088 kuota mudik gratis yang terdiri dari 24.368 orang untuk arus mudik dan 5.720 orang untuk arus balik.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyiapkan sebanyak 722 unit bus untuk program mudik gratis pada 2024. 

Dari sejumlah unit bus tersebut, Ditjen Hubdat menyediakan sebanyak 30.088 kuota mudik gratis yang terdiri dari 24.368 orang untuk arus mudik dan 5.720 orang untuk arus balik. 

Di samping itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno menjelaskan, pihaknya pada program mudik gratis tahun ini kembali menyediakan 900 unit kuota pengangkutan motor dengan truk secara gratis. 

"Disediakan kuota 450 unit untuk arus mudik dengan 15 truk dan 450 unit untuk arus balik yang diangkut dengan 15 unit truk juga. Jadi akan ada 30 unit truk," kata Hendro dalam pernyataannya, Selasa (5/3/2024).

Ia menuturkan, kota tujuan mudik dan balik tahun ini sebanyak 33 kota yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan, serta wilayah Sumatera.

Secara rinci, 3 kota tujuan di Jawa Barat yakni Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon. Kemudian Jateng- DIY sebanyak 19 Kota yaitu Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, Sragen, dan Yogyakarta.

Selanjutnya, Jawa Timur 5 Kota yaitu Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung. Di Kalimantan, 2 kota yakni Banjarmasin dan Pangkalan Bun, dan terakhir wilayah Sumatera 4 kota antara lain Lampung, Palembang, Bengkulu, dan Padang.

"Sementara untuk kota asal arus balik terdapat di 9 kota yaitu Solo, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta dan Pelembang. Sedangkan untuk lokasi tujuan Mudik dan Balik bagi pengangkutan sepeda motor sebanyak 5 kota yaitu Solo, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, dan Yogyakarta," imbuhnya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Terminal

Hendro menyebutkan, penyerahan sepeda motor untuk kegiatan arus mudik dilaksanakan pada Kamis, 4 April 2024 di Terminal Tipe A Pondok Cabe Tangerang Selatan dan akan diberangkatkan pada Jumat, 5 April 2024. 

"Untuk pemberangkatan penumpang arus mudik akan diberangkatkan dari 6 Terminal yaitu Terminal Pulogebang Jakarta, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, dan Terminal Jatijajar Depok, pada tanggal 6 April 2024. Sementara untuk Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Terminal Poris Plawad Tangerang dan Terminal W. A Gara Kalimantan Tengah pada tanggal 7 April 2024," terangnya.

Kemudian, ia mengatakan untuk pemberangkatan arus balik pengangkutan sepeda motor pada Minggu, 14 April 2024 dari 5 terminal tipe A yaitu kota Solo, Semarang, Purwokerto, Wonogiri dan Yogyakarta. 

 Sedangkan pemberangkatan arus balik penumpang pada hari Senin tanggal 15 April 2024 dari 8 terminal tipe A kota asal keberangkatan yaitu Solo, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta, dan Palembang.

"Pendaftaran mudik gratis akan dibuka mulai tanggal 6 Maret 2024 sampai dengan 3 April 2024 atau jika kuota sudah habis melalui aplikasi MitraDarat yang dapat terlebih dulu diunduh di Appstore atau Playstore," ungkap Hendro.

Ia lantas mengimbau masyarakat yang akan pulang kampung dalam rangka Lebaran 2024 untuk ikut program Mudik Gratis baik yang diselenggarakan oleh Kemenhub ataupun kementerian/lembaga lain. Terutama bagi yang berencana naik kendaraan roda dua untuk ke kampung halamannya.

"Kami berharap dengan adanya program Mudik Gratis Kemenhub ini dapat mencegah masyarakat untuk mudik dengan sepeda motor, terlebih dengan jarak yang cukup jauh. Mudik dengan sepeda motor tidak kami rekomendasikan karena lebih berisiko terjadi kecelakaan,” ujar dia.

 

3 dari 4 halaman

Mudik Gratis BUMN Buka Pendaftaran 80.215 Kursi, Ayo Serbu!

Sebelumnya diberitakan, Kementerian BUMN kembali menggelar mudik gratis pada periode Idulfitri atau Lebaran 2024 ini. Tercatat ada mudik gratis BUMN ini melibatkan 84 perusahaan pelat merah dengan menyediakan total 80.215 kursi.

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono menjelaskan, ada peningkatan jumlah BUMN yang terlibat dari tahun lalu. Yakni, 84 BUMN akan mengalokasikan mudik gratis dari sebelumnya 82 BUMN pada 2023 lalu. Pendaftarannya pun dilakukan satu pintu lewat sistem yang dibangun Jasa Raharja.

"84 BUMN ini tak ada yang berjalan sendiri," kata Rivan dalam Konferensi Pers Mudik Asyik Bersama BUMN 2024, di Kantor Pusat Jasa Raharja, Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Pada saat yang sama, alokasi kuota untuk mudik gratis BUMN ini juga bertambah menjadi 80.125 kursi yang dibagi dalam 3 jenis moda transportasi. Diantaranya, bus, kereta api, dan kapal laut.

4 dari 4 halaman

60 Kereta Api

Rinciannya, ada 1.225 armada bus yang akan mengangkut 55.607 penumpang. Kemudian, 60 armada kereta api untuk mengangkut 18.998 penumpang. Serta, 15 armada kapal laut untuk mengangkut 5.610 penumpang.

Proses keberangkana mudik akan dilakukan di Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada 5 April 2024 mendatang.

Rivan menegaskan, adanya Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 ini untuk menekan jumlah pemudik yang menggunakan motor. Mengingat angka kecelakaan paling tinggi ada dari pengguna kendaraan roda dua.

"Supaya masyarakat melalui mudik bareng ini tak gunakan sepeda motor karena berisiko tinggi, selain lelah, karena menggunakan motor bukan untuk jarak jauh. Ini jadi perhatian, bisa jadi kondisi cuaca kemudian kendaraan yang jadi mitra partner di jalan ini kendaraan berat sehingga berisiko ini berpotensi bedampak pada kecelakaan," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini