Sukses

5 Jurus PLN Jamin Pasokan Energi Pembangkit Listrik

Subholding PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) telah menetapkan lima langkah strategis bisnis, untuk menjaga rantai pasok energi primer dan menjadikan PLN EPI sebagai perusahaan yang ternama.

 

Liputan6.com, Jakarta Subholding PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) telah menetapkan lima langkah strategis bisnis, untuk menjaga rantai pasok energi primer dan menjadikan PLN EPI sebagai perusahaan yang ternama.

Sekretaris Perusahaan PLN EPI Mamit Setiawan mengatakan, pada tahun ini PLN EPI menargetkan kinerja keuangan yang sehat dan juga bertumbuh. Selain memperkuat lini bisnis rantai pasok energi primer yang ada saat ini, peningkatan pendapatan diluar bisnis kelistrikan atau beyond kWh seperti sektor logistik energi juga akan menjadi fokus perusahaan pada tahun ini.

"Pada tahun ini akan meningkatkan optimalisasi perkembangan portofolio baru. Kita juga akan mulai masuk pada bisnis green baik melalui co-invesment untuk meningkatkan additional demand," kata Mamit, Rabu (21/2/2024).

Mamit mengungkapkan, berbagai kerjasama dan kolaborasi sudah lebih dulu dilakukan perusahaan pada tahun 2023 hingga awal tahun ini. Seperti bekerja sama dengan Jepang, perusahaan asal UEA untuk pengembangan rantai pasok energi primer.

Kedua, penguatan suplai energi primer ke seluruh pembangkit. Saat ini PLN EPI memiliki mandat untuk menjaga seluruh pasokan baik itu batubara, gas, BBM hingga biomassa ke pembangkit di level keamanan Hari Operasi Pembangkit (HOP).

"Tak ada pembangkit yang di bawah 20 HOP saat ini. Berbagai penguatan seperti jaminan pasokan, keamanan alokasi energi primer kita perkuat hingga seluruh pembangkit terjamin pasokan energinya," papar Mamit

Ketiga, tahun ini PLN EPI juga akan menekankan efisiensi biaya energi primer dengan perencanaan kebutuhan dan kepastian rantai pasok dengan biaya yang paling optimal.

Keempat, sesuai mandat holding, PLN EPI juga mengembangan usaha dengan menerapkan prinsip ESG. Hal ini juga sejalan dalam mendukung transisi energi di Indonesia.

"Seperti pelibatan masyarakat di gunung kidul Yogyakarta dalam membuat eco-village atau desa berdaya energi untuk hutan energi juga menjadi salah satu implementasi prinsip ESG," kata Mamit.

Kelima, penguatan tata kelola Human Capital. Hal ini untuk meningkatkan maturitas organisasi perusahaan yang didukung oleh proses bisnis yang ekselen dan sesuai dengan GCG.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beban Puncak Listrik di Jawa Madura Bali Tembus 24 GW Saat Pemilu 2024

Sebelumnya, PT PLN (Persero) masih terus bersiaga dalam rangka Pemilu 2024, dengan masa siaga sejak 11 Februari 2024 hingga 20 Februari 2024. Dalam masa siaga tersebut, PLN menyiagakan 1.853 posko siaga dan mengerahkan 81.591 personel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pihaknya menyiagakan seluruh sistem ketenagalistrikan di seluruh Indonesia sebelum masa pencoblosan hingga hari H pencoblosan. 

Mulai dari sisi pasokan energi primer untuk seluruh pembangkit hingga siaga di sisi jaringan transmisi, distribusi, hingga layanan pelanggan.

"Alhamdullilah, hari pencoblosan Pemilu telah kita lewati. Kami telah jaga dengan sebaik-baiknya hingga suasana Pesta Demokrasi bisa berlangsung dengan lancar dan penuh gembira karena pasokan listrik berlangsung aman," ujar Darmawan, Sabtu (17/2/2024).

Darmawan merinci daya listik beberapa wilayah saat penyelenggaraan Pemilu. Seperti Sumatera memiliki daya mampu sebesar 7.640 Megawatt (MW) dengan beban puncak sebesar 6.975 MW. Sedangkan daya mampu Jawa Madura dan Bali sebesar 32 Gigawatt (GW) dengan beban puncak sebesar 24 GW. 

Sementara daya mampu Sulawesi Utara sebesar 950 MW dengan beban puncak 719 MW, daya mampu Nusa Tenggara Timur sebesar 338 MW dengan beban puncak 224 MW, dan daya mampu Papua & Papua Barat 517 MW dengan beban puncak 304 MW.

"Dengan tersedianya cadangan daya yang cukup membuat kami bisa melayani masyarakat dengan baik. Titik-titik vital seperti Kantor KPU di tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga pusat akan kami jaga terus keandalan listriknya," pungkas Darmawan.

 

 

3 dari 4 halaman

PLN Bakal Buka Bisnis Penukaran Baterai Motor Listrik di Alfamart Cs

Sebelumnya diberitakan,PT PLN (Persero) terus bersiap untuk menyambut transisi energi menuju pemakaian kendaraan listrik. Salah satunya, berencana menyediakan tempat penukaran baterai motor listrik di pasar ritel modern semisal Alfamart dan Indomaret cs. 

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan, pihaknya juga tengah membangun sistem battery swapping yang terintegrasi antar setiap manufaktur. Sehingga nantinya, tiap motor listrik bisa saling bertukar baterai meskipun berbeda merek. 

"Saat ini atas penugasan dari pemerintah, kami sedang mengkonsolidasikan. Sehingga ke depan sistem swap baterai untuk motor listrik nanti bisa bukan hanya distandardisasi, tapi juga interchangeable," ujar Darmawan saat membuka PLN EV Ecosystem Booth di IIMS 2024 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/2/2024).

"Semua merek boleh menjual motor listrik. Tetapi baterainya sama, sistemnya sama, sistemnya bisa di-exchange satu sama lain. Artinya, ini akan mempermudah di masa depan pengguna motor listrik bisa membeli merek apa saja, tetapi baterainya bisa di-exchange satu sama lain," ia menambahkan.

Guna menggapai rencana itu, PLN juga bakal masuk ke pasar ritel modern untuk menyediakan tempat penukaran baterai untuk tiap merek motor listrik. 

"Nanti, bayangan kami ada di gerai-gerai Alfamart, Indomaret, Superindo dan lain-lain, itu ada swap baterai yang bisa digunakan oleh semua merek, yang akan mempermudah agar transisi dari motor yang masih berbasis pada bensin, bahan bakar fosil menjadi listrik," imbuhnya. 

 

4 dari 4 halaman

Rancang EV Digital Service

Saat ini, ia menambahkan, PLN juga sedang merancang EV digital service untuk memfasilitasi perubahan gaya hidup menuju pemakaian kendaraan listrik. Selain berorientasi pada bisnis, Darmawan menekankan, PLN juga akan berkontribusi terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca. 

"PLN merancang dan membangun ev digital service karena ini adalah perubahan gaya hidup yang dulu memang transportasi berbasis pada fossil fuel, internal combustion engine, mobil yang berbasis pada bensin dan solar," ungkapnya. 

"Gaya hidup ini (kendaraan listrik/EV) jauh lebih hemat, juga ramah lingkungan. Bisa mengurangi emisi gas rumah kaca. Kita mempunyai misi, yaitu slow down the warming of the earth. Memperlambat bagaimana bumi memanas. Bahkan kalau mungkin menurunkan suhu bumi," pungkas Darmawan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.