Sukses

Ada Tol hingga Kereta Cepat, Penjualan Properti di Karawang Naik 39%

Ada Jalan Tol Trans Jawa (Tol Cikopo-Palimanan), Jalan Nasional Pantai Utara (Pantura) Jawa, dan kereta api cepat Jakarta-Bandung. mendorong Karawang menjadi potensial dan siap bersaing dengan kawasan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Citra Swarna Group (CSG) mencatatkan peningkatan penjualan hingga 39% di tahun 2023. Peningkatan ini seiring dengan semakin diminatinya dua proyek perumahan mereka, Citra Swarna Grande dan Kartika Residence.

Chief Executive Officer (CEO) Citra Swarna Group, Victor Yap, mengatakan di tahun 2023, sebanyak 465 unit telah diserahterimakan kepada para konsumen Kartika Residence di  Klari, Karawang, Jawa Barat.

Serupa dengan Kartika Residence, produk perumahan Citra Swarna Group lainnya  yaitu Citra Swarna Grande yg berlokasi di Karawang Timur, tahun lalu  490 unit telah diserahterimakan kepada para penghuni.

"Komitmen untuk melakukan serah terima di tahun 2024 ini akan terus direalisasikan, bahkan sudah kita lakukan sejak awal tahun ini," jelasnya dikutip Selasa (13/2/2024).

Dengan semakin bertambahnya konsumen yang serah terima unit, otomatis, kawasan perumahan Kartika Residence dan Citra Swarna Grande saat ini sudah ramai oleh penghuni. 

"Data unit yang telah terhuni di  Kartika Residence mencapai sekitar 55% dan di Citra Swarna Grande telah mencapai 30%," jelasnya.

Menurutnya, banyak faktor yang menjadi pendorong makin meningkatnya minat masyarakat membeli unit perumahan CSG di kawasan Karawang. Diantaranya, lokasi Karawang Timur, saat ini sudah jadi incaran masyarakat milenial dan kelas menengah sebagai kawasan yang cocok untuk tempat tinggal.

"Kawasan Karawang akhir-akhir ini memang semakin dilirik oleh pencari properti, ini karena kawasan tersebut saat ini sudah dan tengah dibangun beragam infrastruktur yang dapat membantu mobilitas masyarakat,' ujarnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemudahan Transportasi

Soal transportasi, ada Jalan Tol Trans Jawa (Tol Cikopo-Palimanan), Jalan Nasional Pantai Utara (Pantura) Jawa, dan kereta api cepat Jakarta-Bandung. 

"Ini yang akan mendorong Karawang menjadi potensial dan siap bersaing dengan kawasan lainnya. Kami pun yakin tahun 2024 ini target penjualan akan tercapai," imbuhnya.

Perseroan menargetkan perolehan pendapatan Rp1,7 triliun pada 2024. Target itu akan dicapai melalui perluasan pengembangan proyek berjalan dan penambahan proyek baru. 

“Tahun 2023 penjualan  Citra Swarna Group meningkat 39 persen, dari target Rp600-an miliar, ternyata terealisasi Rp900-an miliar. Tahun ini kita harus lebih ekstra semangat dan kerja keras untuk mencapai target pendapatan Rp1,7 triliun,” pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Ada Diskon PPN, Pengembang Beri Potongan Harga Rumah hingga 11%

Komitmen pengembang Citra Swarna Group (CSG) untuk senantiasa taat pada berbagai aturan bisnis property development termasuk ketentuan Pajak Pertambahan Nilai ditanggung Pemerintah (PPN DTP) berubah manis. Kini CSG dapat memberikan potongan harga rumah di seluruh proyek besutannya sebesar 11% (bebas PPN 100%).

Direktur Sales & Marketing CSG Hengky Japri menjelaskan, untuk memperoleh fasilitas tersebut, rumah tapak atau rumah susun harus memenuhi beberapa persyaratan. Pertama, harga jual paling tinggi Rp5 miliar. Kedua, rumah ini merupakan PPN terutang pada periode November - Desember 2023.

Fasilitas itu diberikan sepanjang penyerahan fisik rumah, yang nantinya dibuktikan dengan Berita Acara Serah Terima (BAST) terjadi paling lambat tanggal 31 Desember 2024.

PPN DTP dapat dimanfaatkan untuk satu orang atas pembelian satu rumah tapak atau satuan unit rumah susun, sepanjang tidak ada pembayaran uang muka atau cicilan sebelum 1 September 2023.

Kemudian, untuk hunian dengan harga jual paling tinggi Rp5 miliar dapat menikmati PPN DTP yang ditanggung Pemerintah, paling banyak atas bagian harga jual sampai dengan Rp2 miliar. 

PPN DTP 100℅ diberikan bila serah terima rumah siap huni yang dibuktikan dengan BAST dilakukan selama periode November 2023 - Juni 2024. Sementara PPN DTP 50℅ diberikan bila BAST dilakukan pada periode Juli 2024 - Desember 2024.

"Mengacu pada ketentuan tersebut, kami memungkinkan untuk dapat memanfaatkan fasilitas PPN DTP sebesar 100℅. Karenanya, setiap konsumen yang membeli rumah di semua proyek hunian yang kita kembangkan dijamin dapat diskon hingga 11℅ sesuai prosentase PPN yang ditanggung oleh Pemerintah," papar Hengky, dikutip Sabtu (16/12/2023). 

 

 

4 dari 4 halaman

Insentif Bebas PPN

Menurut dia, perusahaan memandang aturan Pemerintah tersebut sangat positif bagi para developer di Indonesia, khususnya CSG yang membidik target segmentasi konsumen kelas menengah.

Karenanya, perusahaan memberlakukan insentif Bebas PPN untuk semua proyek yang dikembangkan, yakni Kartika Residence dan Citra Swarna Grande di Karawang, Citra Swarna Tembong City di Kota Serang, serta Citra Swarna Riverside dan Dharmawangsa Hills di Bogor. 

Sesuai ketentuan, PPN DTP) ini hanya bisa dimanfaatkan untuk setiap 1 orang pribadi atas perolehan 1 rumah tapak atau 1 satuan rumah susun. Untuk orang pribadi yang telah memanfaatkan fasilitas PPN ditanggung pemerintah atas penyerahan rumah sebelum berlakunya peraturan menteri ini, dapat memanfaatkan fasilitas PPN ditanggung pemerintah sesuai Peraturan Menteri ini.

Orang pribadi yang dimaksud adalah warga negara Indonesia yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Nomor Identitas Kependudukan (NIK). Tak hanya itu, Warga Negara Asing yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak sepanjang memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai kepemilikan rumah tapak atau satuan rumah susun bagi Warga Negara Asing juga bisa mendapatkan insentif ini. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.