Sukses

Berapa Harga Emas Pegadaian Hari Ini? Intip Daftarnya untuk Antam dan UBS 29 Januari 2024

Harga emas yang dijual PT Pegadaian (Persero) atau emas di Pegadaian pada awal pekan ini tak bergerak. Harga emas hari ini di pegadaian untuk jenis Antam dan UBS masih sama dibandingkan kemarin.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas yang dijual PT Pegadaian (Persero) atau emas di Pegadaian pada awal pekan ini tak bergerak. Harga emas hari ini di pegadaian untuk jenis Antam dan UBS masih sama dibandingkan kemarin.

Dikutip dari laman resmi Pegadaian, Senin (29/1/2024), harga emas Pegadaian untuk jenis Antam dengan ukuran 0,5 gram dijual Rp 632.000. Sama dibandingkan perdagangan Minggu kemarin.

Sedangkan harga emas jenis UBS untuk ukuran 0,5 gram dibanderol menjadi Rp 603.000, tak berubah dari sebelumnya.

Bagi yang minat membeli emas di Pegadaian harus tahu jika harga logam mulia selalu berubah-berubah mengikuti pasar. Masyarakat bisa memantau langsung rincian harga emas 24 karat di Pegadaian melalui website resminya.

Berikut daftar harga emas Pegadaian hari ini:

Harga Emas Antam

  • Harga emas hari ini Antam 0,5 gram: Rp 632.000
  • Harga emas hari ini Antam 1 gram : Rp -
  • Harga emas hari ini Antam 2 gram : Rp -
  • Harga emas hari ini Antam 3 gram : Rp -
  • Harga emas hari ini Antam 5 gram : Rp -
  • Harga emas hari ini Antam 10 gram : Rp -
  • Harga emas hari ini Antam 25 gram : Rp 27.585.000
  • Harga emas hari ini Antam 50 gram : Rp 55.089.000
  • Harga emas hari ini Antam 100 gram : Rp 110.098.000
  • Harga emas hari ini Antam 250 gram : Rp 274.972.000
  • Harga emas hari ini Antam 500 gram : Rp 549.728.000
  • Harga emas Antam hari ini 1000 gram: Rp 1.099.415.000

Harga Emas UBS

  • Harga emas terbaru UBS 0,5 gram: Rp 603.000
  • Harga emas terbaru UBS 1 gram: Rp -
  • Harga emas terbaru UBS 2 gram: Rp -
  • Harga emas terbaru UBS 5 gram: Rp -
  • Harga emas terbaru UBS 10 gram: Rp -
  • Harga emas terbaru UBS 25 gram: Rp 27.488.000
  • Harga emas terbaru UBS 50 gram: Rp 54.862.000
  • Harga emas terbaru UBS 100 gram: Rp 109.680.000
  • Harga emas terbaru UBS 250 gram: Rp 274.117.000
  • Harga emas terbaru UBS 500 gram: Rp 547.589.000.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ramalan Harga Emas Minggu Ini, Siap-Siap Jual atau Beli?

Harga emas bergerak dalam kisaran sempit USD 10 antara USD 2,016 dan USD 2,025 minggu kemarin, hanya reaksi kecil harga emas terhadap rilis data dan laporan pendapatan perusahaan yang paling signifikan sekalipun.

Survei Emas Mingguan Kitco News terbaru menunjukkan para pakar institusional dan pedagang ritel mempertahankan sikap hati-hati mereka, tanpa adanya konsensus yang jelas mengenai arah emas menuju minggu yang menjanjikan.

Adrian Day, Presiden Adrian Day Asset Management, yakin angka inflasi yang moderat pada minggu lalu akan mendorong harga emas dunia pada minggu ini.

“Peluang kenaikan suku bunga Fed pada bulan Maret telah meningkat (menurut saya) mengingat rendahnya angka PCE inti pada minggu ini. Itu akan membuat emas lebih tinggi,” katanya dikutip dari Kitco, Senin (28/1/2024).

Darin Newsom, Analis Pasar Senior di Barchart.com, melihat emas terjebak di antara tren teknis yang saling bertentangan.

“Ini adalah hal yang rumit karena kontrak April mencatatkan titik terendah baru selama sesi Kamis sebelum naik ke penutupan lebih tinggi pada hari itu,” katanya.

“Ini mengindikasikan kontrak masih bisa mencoba untuk bergerak ke tren naik jangka pendek, sambil harus berjuang melawan tren turun jangka menengah di grafik mingguan. Hal sebaliknya terjadi pada indeks dolar AS,” tambahnya.

Bakal Lebih Murah

“Saya bersikap bearish terhadap emas untuk minggu ini,” kata Colin Cieszynski, kepala strategi pasar di SIA Wealth Management.

“Pemikiran saya adalah bahwa The Fed mungkin akan bertindak kurang dovish daripada yang diharapkan, yang dapat memicu reli Dolar AS dan memberikan hambatan bagi Emas,” lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Jangka Panjang

Frank Cholly, Ahli Strategi Pasar Senior di RJO Futures, mengatakan investor harus memperkirakan aksi harga sideways dalam jangka panjang.

“Saya pikir pasar emas baru saja menandai waktunya di atas USD 2.000,” kata Cholly.

Dia menambahkan, sulit untuk melihat mendasarkan dasar pada tingkat ini. Dia berfikir The Fed lebih cenderung mempertahankan suku bunga lebih tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama daripada langsung memangkasnya.

"Saya tidak berpikir hal itu menjadi pertanda baik bagi emas, namun menurut saya level teknikal itu penting, dan mempertahankan level di atas 2000 adalah hal yang positif," tambah Cholly.

“Kita bisa mengikuti Treasury tersebut dan melihat apa yang pasar Treasury katakan kepada kita mengenai apa yang akan dilakukan The Fed, tapi saat ini, saya hanya akan fokus pada dolar,” katanya.

“Selama emas bertahan di atas USD 2.000, saya agak optimis terhadap pergerakan harga. Jika kita melihat emas bergerak turun menuju USD 1.950, saya pikir pembeli akan datang dan mendukung level tersebut.”

 

4 dari 4 halaman

Data Minggu Ini

Ke depan, Cholly melihat potensi volatilitas harga emas menjelang konferensi pers Powell minggu depan.

“Menurut saya saat ini, ada kemungkinan rentang perdagangan yang lebih besar, dan beberapa volatilitas kembali terjadi di pasar tersebut,” katanya.

“Saya akan melihat grafiknya, di mana pasar harus menemukan nilai atau di mana pasar mungkin menghadapi resistensi yang baik. Tentu saja, $2.100 pada sisi positifnya akan menjadi sedikit rintangan untuk dilewati, dan menurut saya $1.950 pada sisi negatifnya akan terbukti menjadi level yang cukup mendukung. Saya dapat melihat pasar bergerak dalam kisaran yang lebih besar, dan menghabiskan banyak waktu dari USD 2.000 hingga USD 2.050.”

Mengenai kapan pasar dapat mengharapkan sinyal yang jelas mengenai penurunan suku bunga dari The Fed, Cholly mengatakan dia tidak memperkirakan The Fed akan melakukan apa pun untuk beberapa waktu ke depan. “Saya tidak melihat apa pun sebelum bulan Juni.”

Minggu ini, 14 analis Wall Street berpartisipasi dalam Survei Emas Kitco News, dan mereka terus menunjukkan kewaspadaan terhadap potensi harga emas dalam jangka pendek.

Lima ahli, atau 36%, memperkirakan harga emas akan lebih tinggi pada minggu depan, sementara tiga analis, mewakili 21%, memperkirakan penurunan harga. Enam ahli, mewakili 43%, memperkirakan harga emas akan diperdagangkan sideways selama minggu mendatang.

Sementara itu, 89 suara diberikan dalam jajak pendapat online Kitco, dengan pedagang ritel menunjukkan sedikit lebih banyak optimisme namun secara keseluruhan masih ragu-ragu. 43 investor ritel, mewakili 48%, memperkirakan emas akan naik minggu depan. Sebanyak 26 responden, atau 29%, memperkirakan harga akan lebih rendah, sementara 20 responden, atau 23%, bersikap netral terhadap prospek jangka pendek logam mulia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.