Sukses

Harga Emas Dunia Bangkit Usai Terjun Bebas ke Level Terendah Dalam 5 Pekan

Harga emas dunia di pasar spot naik 0,84% menjadi USD 2,022.58 per ounce setelah mencapai level terendah lima minggu di sesi sebelumnya. Sedangkan harga emas berjangka AS ditutup naik 0,8% ke level USD 2.021,60.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas menguat pada perdagangan Kamis (Jumat waktu Jakarta). Lonjakan harga emas dunia didorong oleh permintaan logam mulia di tengah konflik Timur Tengah. Sementara itu, investor menantikan kejelasan lebih lanjut mengenai suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (The Fed) di masa depan.

Dikutip dari CNBC, Jumat (19/1/2024), harga emas dunia di pasar spot naik 0,84% menjadi USD 2,022.58 per ounce setelah mencapai level terendah lima minggu di sesi sebelumnya. Sedangkan harga emas berjangka AS ditutup naik  0,8% ke level USD 2.021,60.

Ahli Strategi Pasar Senior RJO Futures Daniel Pavilonis mengatakan, ketegangan geopolitik secara tidak sengaja mengoordinasikan upaya untuk menjaga harga emas di kisaran USD 2.000 karena terdapat begitu banyak ketidakpastian.

AS pada hari Rabu memasukkan kembali pemberontak Houthi yang berbasis di Yaman ke dalam daftar kelompok teroris, ketika para militan menyerang kapal kedua mereka yang dioperasikan AS di wilayah Laut Merah minggu ini.

Presiden Federal Reserve Atlanta, Raphael Bostic, yang baru-baru ini mengatakan bahwa lonjakan inflasi dapat terjadi jika para pengambil kebijakan memangkas suku bunga terlalu cepat. Namun ia terbuka untuk menurunkan suku bunga AS lebih cepat jika ada bukti yang meyakinkan dalam beberapa bulan mendatang bahwa inflasi akan terjadi, jatuh lebih cepat dari yang dia duga.

Pedagang memperkirakan peluang penurunan suku bunga sebesar 57% pada bulan Maret, menurut alat Fed Watch CME.

Analis Pasar di City Index Fawad Razaqzada mengatakan Investor emas sedang menganalisis seberapa besar dampak negatif penundaan penurunan suku bunga terhadap harga emas, meskipun sejumlah data AS yang gagal dapat membantu perjuangan emas.

Data menunjukkan klaim pengangguran turun pada minggu lalu ke level terendah sejak akhir tahun 2022, menunjukkan pertumbuhan lapangan kerja kemungkinan besar tetap solid pada bulan Januari.

Harga Logam Lain

Sementara itu, harga perak di pasar spot naik 0,9% menjadi USD 22,7302 per ounce.

“Kami memperkirakan harga pada tahun 2024 sebesar USD 24,33/oz; Permintaan ETF (exchange traded fund) dapat pulih dari likuidasi; kami mengantisipasi defisit untuk meningkatkan harga,” kata HSBC dalam proyeksi tahun 2024.

Senada dengan harga emas, harga Platinum naik 2,74% menjadi USD 907,574, dan harga paladium naik 2,57% menjadi USD 938,9116. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Emas Dunia Anjlok, Catat Level Terendah Sebulan

Harga emas turun ke level terendah dalam lebih dari satu bulan pada hari Rabu karena data ekonomi yang kuat memperkuat dolar AS dan imbal hasil Treasury. Hal ini juga serta menurunkan ekspektasi pasar terhadap penurunan suku bunga AS pada bulan Maret. Berbagai sentimen inilah yang menggerakkan harga emas dunia kemarin.

Dikutip dari CNBC, Kamis (18/1/2024), harga emas turun 1,1% pada USD 2,006.09 per ounce, harga terendah sejak 13 Desember. Harganya turun 1,3% di sesi sebelumnya, penurunan satu hari terbesar sejak 4 Desember 2023.

Sementara harga emas berjangka AS turun 1% menjadi USD 2,009.

Penjualan ritel AS meningkat lebih dari perkiraan pada bulan Desember, menjaga perekonomian tetap kokoh menjelang tahun baru.

Penguatan Dolar AS

Dolar AS berada di level tertingginya dalam satu bulan menyusul data penjualan ritel yang kuat. Sementara imbal hasil obligasi Treasury AS bertenor 10 tahun juga naik.

“Pasar mempunyai keraguan terhadap penurunan suku bunga jika The Fed dapat memangkas suku bunga lebih cepat, sehingga menekan harga emas. Dengan dolar yang kuat dan pemotongan membutuhkan waktu, sulit bagi emas untuk mempertahankan reli,” kata Bob Haberkorn, ahli strategi pasar senior di RJO Futures.

“Namun, risiko geopolitik akan terus memberikan dasar bagi harga emas dan menahannya di kisaran USD 2.000.”

 

3 dari 3 halaman

Sentimen Bank Sentral AS

Gubernur Fed Christopher Waller pada hari Selasa mengatakan bahwa bank sentral tidak boleh terburu-buru menurunkan suku bunga sampai inflasi yang lebih rendah dapat dipertahankan.

Para pedagang sekarang memperkirakan sekitar 57% peluang penurunan suku bunga pada bulan Maret, menurut alat CME FedWatch.

“Secara teknis, emas memiliki sedikit risiko di sini, jika ditutup di bawah $2.020, ini menandakan bahwa kisaran sideways telah menembus ke bawah,” kata Tai Wong, analis logam independen yang berbasis di New York.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini