Sukses

Sederet Jurus PLN Group Wujudkan Net Zero Emission 2060

Subholding PLN Indonesia Power (PLN IP) berkomitmen menjaga dan melestarikan lingkungan yang berlandaskan Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam menjalankan kegiatan bisnis penyediaan listrik di Tanah Air, hal ini selaras dengan prinsip ekonomi hijau.

Liputan6.com, Jakarta Subholding PLN Indonesia Power (PLN IP) berkomitmen menjaga dan melestarikan lingkungan yang berlandaskan Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam menjalankan kegiatan bisnis penyediaan listrik di Tanah Air, hal ini selaras dengan prinsip ekonomi hijau.

Direktur Utama PLN Indonesia Power mengatakan, PLN Indonesia Power telah bertransformasi sebagai Subholding Generation Company dalam menjalankan proses bisnis berbasis ESG, serta konsen terhadap pengelolaan lingkungan.

 

“Korporasi bersungguh-sungguh dalam pengelolaan lingkungan, kami terus berkomitmen mewujudkan kinerja lingkungan yang unggul dan berkelanjutan,” kata Edwin, Minggu (24/12/2023)

Edwin melanjutkan, PLN Indonesia Power juga melakukan upaya untuk mendukung Pemerintah dalam mewujudkan target Net Zero Emission (NZE) di tahun 2060 dengan mengakselerasi transisi energi di Tanah Air.

“Kami juga mendukung upaya Pemerintah dalam menargetkan NZE di tahun 2060, seperti halnya melakukan penambahan pembangkit energi baru terbarukan (EBT), penerapan cofiring biomass di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) serta menghadirkan Green Hydrogen Plant (GHP) sebagai upaya membentuk rantai pasok kebutuhan hidrogen hijau di masa depan sebagai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan,” paparnya.

Prosedur Pengelolaan Lingkungan

Menurut Edwin, PLN Indonesia Power telah melaksanakan prosedur pengelolaan lingkungan di atas standar yang ditetapkan oleh KLHK atau beyond compliance. Di samping itu, PLN Indonesia Power juga telah menjalankan program pengembangan masyarakat yang berkesinambungan atau community development.

Upaya menjalankan kegiatan bisnis berlandaskan Environmental, Social, and Governance (ESG) tersebut membuat PLN IP memperoleh 13 proper emas dalam ajang tahunan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

13 unit pembangkit listrik PLN Indonesia Power yang meraih Proper Emas yaitu PLTA Mrica, PLTGU Cilegon, PLTGU Priok, PLTGU Grati, PLTGU Tambak Lorok, PLTP Gunung Salak, PLTP Kamojang Darajat, PLTU Banten 3 Lontar, PLTU Suralaya, PLTU Pelabuhan Ratu, PLTU Banten 1 Suralaya, PLTDG Pesanggaran dan PLTGU Keramasan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengganti Batu Bara, PLN Jaga Rantai Pasok Biomassa Lewat Residu Pertanian

Sebelumnya, Subholding PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) berupaya meningkatkan pasokan biomassa untuk dijadikan bahan baku co-firing, sebagai sumber subtitusi batu bara di PLTU.

Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara mengatakan, dalam memastikan pasokan biomassa aman ke PLTU, PLN EPI memastikan di sisi hulu terjamin, sumber potensi raw material berupa residu pertanian, perkebunan dan limbah industri perkayuan maupun dari Hutan Tanaman Energi yang dapat dimanfaatkan menjadi bahan bakar biomassa sawdust atau woodchip.

Serta bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan daerah untuk mengelola sampah kota menjadi Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP).

"Kami terus menjaga komitmen rantai pasok energi primer yang andal, dengan menjaga kualitas bahan baku yang optimal serta terus mengedepankan upaya efisiensi rantai pasok,” kata Iwan, Minggu (24/12/2023).

Hingga di akhir Desember 2023, PLN EPI telah berhasil menyediakan pasokan biomassa untuk Co-firing PLTU hingga 1 juta ton. Dengan realisasi pemenuhan biomassa dari Januari terus tumbuh di rata rata per bulan 90.000 ton.

Saat ini, 43 PLTU PLN Grup telah menggunakan teknologi bahan bakar pendamping ini. PLN Grup akan terus meningkatkan porsi biomassa dan juga unit PLTU hingga 52 PLTU.

Lewat penggunaan biomassa sebagai Co-firing PLTU telah mampu menurunkan emisi karbon hingga 1,6 juta ton CO2e yang telah dimulai sejak tahun 2021 . Diharapkan hingga 2025 atau dua tahun mendatang target dekarbonisasi sebesar 10 juta ton CO2e bisa tercapai.

"Kami membuka peluang kerjasama dengan seluruh pihak untuk menjamin pasokan biomassa untuk teknologi Co-firing di PLTU," ungkapnya

 

3 dari 4 halaman

Pasokan Biomassa

Iwan mengungkapkan, dalam meningkatkan pasokan biomassa PLN EPI menggandeng PT Sumber Global Energy, sebagai mitra untuk mengolah residu pertanian menjadi bahan baku co-firing di PLTU.

"Saat ini kami mengelola residu pertanian dan kehutanan serta produk samping perkebunan kelapa sawit oleh Sumber Global Energy untuk menjamin pasokan. Upaya ini dilakukan untuk menjamin rantai pasok biomassa di PLTU PLN Grup," tutur Iwan.

Direktur Utama Sumber Global Energy (SGER) Welly Thomas menjelaskan, SGER dan PLN Energi Primer Indonesia sepakat untuk bersinergi dalam pengembangan ekosistem, bisnis, teknologi, pengelolaan, pemasaran, dan pemanfaatan biomassa/bioenergi dengan mengoptimalkan residu pertanian, perkebunan kelapa sawit dan area pengelolaan lain (APL) yang berbasis pemberdayaan dan/atau keterlibatan masyarakat.

“Dalam kerja sama ini, SGER akan menyuplai pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) milik PLN dengan biomassa yang terdapat dalam area operasinya,” ujar Welly

 

4 dari 4 halaman

Cangkang Sawit

Dia menyebut, cangkang sawit yang disuplai oleh SGER akan didatangkan dari Pabrik Kelapa Sawit setempat, yang merupakan sisa hasil produksi pengolahan buah sawit menjadi minyak sawit. SGER akan mensuplay cangkang sawit ke PLTU Tenayan di Pekanbaru, Provinsi Riau, sebanyak 5.000 ton per bulan.

Di samping produk turuna kelapa sawit, SGER juga akan menyuplai PLN EPI dengan produk wood chip, wood shaving, dan sawdust yang diperoleh dari pabrik wood pellet di Jawa Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.