Sukses

Bantu Pekerja Migran, QRIS Antarnegara Harus Tembus Timur Tengah dan Asia Timur

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Antarnegara meraih gold award, atau menjadi yang terbaik dalam ajang internasional Qorus Reinvention Awards Asia Pacific 2023, untuk kategori “Operational Efficiency", di Thailand.

Liputan6.com, Jakarta - Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Antarnegara meraih gold award dalam Qorus Reinvention Awards Asia Pacific 2023. Pakar Hukum Bisnis dan Perdagangan Internasional Ariawan Gunadi melihat, penghargaan ini menegaskan peran signifikan QRIS dalam meningkatkan efisiensi transaksi pembayaran.

"QRIS tidak hanya berperan sebagai instrumen pembayaran, melainkan juga sebagai meningkatkan aksesibilitas dan keamanan fasilitas aktivitas ekonomi antarnegara bagi masyarakat dan pelaku usaha terutama bagi UMKM," ujar Ariawan dalam keterangan tertulis, Selasa (5/12/2023). 

Dengan diraihnya penghargaan ini, Bank  Indonesia tentunya tidak boleh berdiam diri dan harus mempersiapkan berbagai strategi guna memperluas pasar penggunaan QRIS Antarnegara sebagai upaya dalam mendorong kebijakan digitalisasi pembayaran.

Ariawan menyambut positif kesepakatan penting antara Bank Indonesia dan Bank Sentral Uni Emirat Arabterkait penerapan sistem pembayaran lintas negara menggunakan metode QRIS Antarnegara. Nota kesepahaman tersebut membuka jalan bagi transaksi langsung dengan menggunakan mata uang negara masing-masing melalui terhubungnya sistem quick response code kedua negara.

Dengan implementasi sistem ini, diharapkan akan terjadi kemudahan dalam bertransaksi bagi pekerja migran Indonesia yang bekerja di Uni Emirat Arab, serta bagi wisatawan Indonesia yang sedang berlibur di negara tersebut. Sebaliknya, pekerja dan wisatawan asal Uni Emirat Arab juga akan mendapatkan manfaat serupa ketika bertransaksi di Indonesia.

"Kesepakatan ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan dalam aktivitas keuangan lintas negara, menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan ekonomi serta memfasilitasi interaksi ekonomi antara Indonesia dan Uni Emirat Arab," beber Guru Besar Universitas Tarumanagara ini.

Lebih lanjut ia mengatakan selain memperluas penetrasi ke Uni Emirat Arab, salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah melakukan kerja sama dengan berbagai negara-negara di Timur Tengah dan Asia Timur lainnya untuk mengimplementasikan penggunaan QRIS Cross Border melalui Local Currency Settlement (LCS).

Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam transaksi di wilayah Timur Tengah dan Asia Timur. Keberlanjutan penggunaan QRIS Cross Border di kawasan tersebut diharapkan dapat mengurangi ketergantungan penggunaan uang fisik sehingga masyarakat dapat melakukan transaksi dengan lebih cepat, mudah, efisien, dan aman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Paling Efisien, QRIS Raih Penghargaan Internasional Qorus Reinvention Awards Asia Pacific 2023

 

 Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Antarnegara meraih gold award, atau menjadi yang terbaik dalam ajang internasional Qorus Reinvention Awards Asia Pacific 2023, untuk kategori “Operational Efficiency", di Thailand (22/11/2023).

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono menjelaskan, kategori efisiensi operasional menunjukkan bahwa QRIS telah berperan dalam meningkatkan efisiensi transaksi pembayaran dalam memfasilitasi aktivitas ekonomi antarnegara secara lebih mudah dan aman bagi masyarakat dan pelaku usaha, khususnya UMKM, serta mendukung konektivitas pembayaran dan inklusi.

"Dengan diterimanya penghargaan tersebut, Qorus menilai QRIS sebagai inovasi yang memenuhi kriteria di antaranya orisinalitas yaitu sebagai ide yang unik, bermanfaat dalam jangka panjang, berlaku universal secara lintas negara, dan telah teruji," kata Erwin dalam keterangan resmi Bank Indonesia, Jumat (24/11/2023).

Diketahui, Qorus Reinvention Awards Asia Pacific 2023 merupakan penghargaan terhadap inovasi lembaga keuangan dalam skala besar yang membentuk masa depan jasa keuangan di suatu kawasan. Penghargaan ini bermanfaat untuk mendorong budaya berinovasi di lembaga keuangan.

Qorus berkedudukan di Prancis, merupakan lembaga independen yang berpengalaman 50 tahun di dalam memberikan konsultasi, penyelenggaraan acara, komunitas global sebagai katalisator lembaga keuangan, khususnya perbankan, untuk mengoptimalkan potensi digital yang membantu kebutuhan masyarakat.

3 dari 3 halaman

Diluncurkan Agustus 2019

Untuk QRIS sendiri merupakan sebagai bagian dari Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025, diluncurkan BI bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada tanggal 17 Agustus 2019.

Dalam perkembangannya, QRIS telah memfasilitasi konektivitas pembayaran antarnegara sejak tahun 2022, dengan cakupan Malaysia, Thailand, dan kini merambah Singapura yang baru diluncurkan pada tanggal 17 November 2023 lalu. Sinergi yang kuat antarnegara khususnya di kawasan dalam payung Regional Payment Connectivity (RPC) menjadi salah satu strategi utama dalam perluasan akseptasi QRIS yang akan bermanfaat besar diantaranya sektor perdagangan dan pariwisata, khususnya bagi pelaku UMKM.

Adapun BI mencatat sampai dengan bulan Oktober 2023, jumlah merchant QRIS telah mencapai 29,6 juta merchant (92 persen adalah UMKM).

Sejalan dengan perkembangan itu, transaksi QRIS Antarnegara Indonesia-Thailand dan Indonesia-Malaysia juga terus tumbuh positif dengan jumlah transaksi pada bulan Oktober 2023 tercatat sebanyak 59 ribu transaksi.

"Ke depan, Bank Indonesia akan terus melakukan perluasan kerja sama interkoneksi pembayaran QR dengan negara mitra lainnya untuk mengakselerasi integrasi ekonomi dan keuangan digital," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini