Sukses

Terbesar di China, Miliarder Pendiri Xiaomi Lei Jun Sumbang Rp 2,8 Triliun ke Almamater Kampus

Ini bukan pertama kalinya Miliarder Pendiri Xiaomi Lei Jun aktif dalam kegiatan amal.

Liputan6.com, Jakarta Miliarder dunia kerap menjadi sorotan dengan kegiatan filantropi yang mereka lakukan pada berbagai sektor, mulai dari pendidikan hingga kesehatan. Salah satunya miliarder pendiri perusahaan smartphone asal China Xiaomi Corp, Lei Jun.

Dia tengah menarik perhatikan setelah memberikan donasi tunai yang mencapai rekor tertinggi kepada almamaternya, Universitas Wuhan.

Melansir Bloomberg, Rabu (29/11/2023) Lei Jun menggelontarkan dana hingga USD 182 juta atau setara Rp 2,8 triliun kepada Universitas Wuhan, yang merupakan sumbangan tunai terbesar yang pernah diberikan seorang alumni ke sebuah universitas di China, menurut akun resmi lembaga tersebut di Weibo.

Sumbangan tersebut bertujuan untuk membantu mendukung inovasi ilmu komputer, pengembangan siswa dan penelitian pada enam disiplin ilmu dasar.

Pekan lalu, Xiaomi melaporkan perolehan pendapatan pertamanya dalam hampir dua tahun seiring dengan ekspansi agresifnya ke model kelas atas di dalam dan luar negeri.

Dilaporkan, kegiatan filantrofi di antara masyarakat kaya di China telah melonjak dalam beberapa tahun terakhir seiring upaya Presiden Xi Jinping untuk menutup kesenjangan kekayaan melalui kampanye “kemakmuran bersama”.

Bahkan, ini bukan pertama kalinya Lei Jun aktif dalam kegiatan amal.

Pada Juli 2021, Lei Jun mentransfer saham Xiaomi senilai USD 2,2 miliar ke Xiaomi Foundation dan Lei Jun Foundation.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sosok Miliarder Bos Xiaomi Lei Jun

Lei Jun lulus dari Universitas Wuhan pada tahun 1991 dengan gelar sarjana ilmu komputer sebelum memulai karir teknologinya.

Dia mendapatkan pekerjaan di perusahaan perangkat lunak asal China, Kingsoft Corp. dan pada tahun 1998 menjadi CEO perusahaan tersebut.

Dia kemudian ikut mendirikan pengecer online yang dia jual ke Amazon.com. pada tahun 2004.

Xiaomi kemudian mulai didirikan pada tahun 2010.

Kekayaan Lei Jun

Lei Jun kini tercatat memiliki kekayaan bersih sebesar USD 14,3 miliar, berdasarkan kepemilikannya di perusahaan teknologi termasuk Xiaomi dan Kingsoft, menurut Bloomberg Billionaires Index.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Xiaomi

  • Lei Jun

Video Terkini