Sukses

Kerap Terjebak Masalah Finansial, Generasi Sandwich Butuh Dukungan Asuransi

Generasi sandwich yaitu generasi yang memiliki peran ganda dalam hal keuangan karena harus membiayai tiga generasi sekaligus yakni diri sendiri, orang tua, dan anak.

Liputan6.com, Jakarta PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life Indonesia) memperkenalkan X-Tra Proteksi Retirement, sebuah produk asuransi terbaru yang secara inovatif mengatasi tantangan finansial yang dihadapi oleh generasi sandwich yaitu generasi yang memiliki peran ganda dalam hal keuangan karena harus membiayai tiga generasi sekaligus yakni diri sendiri, orang tua, dan anak. 

Produk eksklusif bagi Nasabah CIMB Niaga ini, menawarkan beragam manfaat dan keunggulan. Bila keunggulan X-Tra Proteksi Retirement tersebut disimulasikan pada nasabah pria berusia 30 tahun ketika membeli produk dan membayar premi sebesar Rp100 juta per tahun selama 5 tahun, maka nasabah akan mendapatkan manfaat hidup yang dibayarkan pada usia 56 hingga 70 tahun berupa manfaat nilai tunai senilai lebih dari 252% dari uang pertanggungan atau Rp921.152.635.

"X-Tra Proteksi Retirement adalah perwujudan nyata dari kemitraan strategis kami dengan CIMB Niaga. Produk ini mencerminkan komitmen kami untuk memberikan solusi finansial yang andal dan berkelanjutan bagi generasi sandwich," kata Chief Distribution Officer Sun Life Indonesia Danning Wikanti dalam keterangan tertulis, Kamis (28/9/2023).

Selain itu, nasabah tersebut juga akan menerima manfaat nilai tunai ekstra beserta manfaat akhir pertanggungan yang tidak dijamin senilai Rp548.900.183. Simulasi ini mempertimbangkan beragam faktor sehingga manfaat yang diterima bisa berbeda-beda pada setiap nasabah. Calon nasabah disarankan untuk berkonsultasi dengan insurance advisor untuk mempelajari simulasi tersebut.

"Dengan perlindungan jiwa yang kuat dan manfaat investasi yang superior, produk ini memberikan jaminan finansial yang diperlukan oleh generasi sandwich untuk menghadapi masa pensiun dengan percaya diri dan tenang,” tutur dia.

Banyak generasi sandwich terjebak dalam masalah finansial, menghadapi dinamika keuangan yang kerap dikategorisasikan sebagai situasi yang rumit.

Kesiapan Finansial

Terlebih, data menunjukkan bahwa 90% masyarakat belum memiliki kesiapan finansial yang cukup untuk memasuki fase pensiun, menciptakan tantangan signifikan dalam merencanakan masa depan di usia lanjut.

Bahkan, tujuh dari sepuluh pensiunan merasa perlu mencari pekerjaan tambahan guna menjaga stabilitas keuangan mereka setelah pensiun, hal ini menggarisbawahi keterbatasan perlindungan finansial di masa-masa usia senja. Pandangan akan masa pensiun yang ideal memerlukan pondasi kuat dalam perencanaan finansial.

Dengan perencanaan finansial yang matang, generasi tersebut mampu mencapai kemandirian finansial tanpa memberatkan anak-anak dan lingkungan sekitarnya, sehingga dapat menciptakan kedamaian dalam menghadapi fase usia lanjut yang bermakna dan layak.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Industri Bancassurance di Indonesia Kian Menjanjikan, Tumbuh Tinggi Tiap Tahun

Sun Life Indonesia terus berkomitmen memperkuat pondasi pertumbuhan dan ekspansi bisnisnya dengan strategi investasi jangka panjang dan inovasi.

Strategi investasi jangka panjang telah Sun Life Indonesia jalankan, salah satunya melalui kemitraan bancassurance antara Sun Life Indonesia dengan CIMB Niaga yang telah diperdalam melalui penandatanganan kerja sama pada April 2022, membuka akses luas bagi nasabah di seluruh jalur distribusi, dan menawarkan inovasi produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan keluarga di Indonesia.

"Kami melihat peluang pertumbuhan bisnis di bancassurance yang merupakan jalur distribusi terbesar di Indonesia dan hal itu terbukti benar karena porsinya tercatat telah meningkat dari 38% di tahun 2015 menjadi 50% di tahun 2020. Sun Life Indonesia dan CIMB Niaga yang telah menjalin kemitraan tangguh sejak tahun 2009, menyediakan rangkaian solusi lengkap kepada Nasabah CIMB Niaga," kata Presiden Direktur Sun Life Indonesia, Elin Waty dalam keterangan tertulis Minggu (30/7/2023).

Dalam hal inovasi, upaya menghadirkan layanan praktis dan terintegrasi Sun Life Indonesia buktikan dengan berfokus pada transformasi digital. Aplikasi seperti My Sun Life Indonesia, Sun Connect, Sun Life Advisor, Sun Smart, dan Sun Life Way, membantu mempermudah layanan dan meningkatkan kinerja tenaga pemasar. Perusahaan juga menjalin kerja sama dengan mitra strategis seperti LinkAja, PasarPolis, Lifepal, dan Cermati.com untuk mengembangkan jalur distribusi digital.

Pada kuartal II/2023 ini, Sun Life Indonesia juga telah meluncurkan beragam produk perlindungan komprehensif, termasuk Produk Asuransi Yang Dikaitkan Investasi (PAYDI) atau unit link sebagai salah satu inovasi produk perlindungan.

 

3 dari 3 halaman

Sesuai Regulasi

Seluruh produk unit link Sun Life, baik yang terbaru maupun yang sudah diluncurkan sebelumnya, telah disesuaikan dengan regulasi PAYDI terkini yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Melalui inovasi produk dan penguatan kerja sama dengan pihak perbankan, Sun Life Indonesia optimistis dapat mendorong kinerja bisnis secara signifikan dan menjadi mitra tepercaya bagi keluarga Indonesia dalam menyusun rencana dan meraih masa depan yang lebih cerah," ujar Elin.

Tidak hanya itu, dengan komitmen untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, Sun Life Indonesia akan terus berupaya mengedukasi masyarakat guna mendukung pertumbuhan bisnis dan memberikan layanan terintegrasi kepada nasabah.

Hal ini melihat bahwa Indonesia merupakan negara dengan populasi usia kerja terbesar di dunia dan menjadi pasar prioritas bagi industri asuransi dan perbankan di kawasan Asia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini