Sukses

Perumnas Sediakan Apartemen Khusus Buat Mahasiswa dan Dosen

Perum Perumnas berkomitmen untuk menyediakan hunian bagi civitas akademik UI yang selanjutnya akan dikelola oleh PT Daya Makara UI selaku sub holding di bawah Universitas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Perum Perumnas menggandeng Universitas Indonesia untuk menyediakan hunian bagi para dosen dan mahasiswanya. Salah satu tujuannya untuk mengurangi jumlah masyarakat yang tak punya hunian (backlog).

Langkah itu tertuang dalam penandatanganan perjanjian kerja sama antara Perumnas dengan PT Daya Makara UI. Nantinya, dosen dan mahasiswa bisa memiliki hunian di apartemen Semesta Mahata Margonda, Depok, Jawa Barat.

“Kerja sama ini merupakan wujud kontribusi dan peran nyata Perumnas terhadap dunia pendidikan sekaligus memperluas cakupan pasar kami di wilayah Depok. Adanya student housing dapat menjadi fasilitas pendukung bagi mahasiswa Universitas Indonesia agar dapat melaksanakan kegiatan perkuliahan dengan baik dan nyaman," ungkap Direktur Utama Perum Perumnas, Budi Saddewa Soediro dalam keterangannya, Rabu (2/8/2023).

Dalam kerja sama ini, Perum Perumnas berkomitmen untuk menyediakan hunian bagi civitas akademik UI yang selanjutnya akan dikelola oleh PT Daya Makara UI selaku sub holding di bawah Universitas Indonesia. Terdapat 200 unit apartemen bertipe 1 BR, 2 BR dan dual key yang disediakan dengan berbagai fasilitas penunjang.

Budi menuturkan, ada nilai tambah dengan memberikan akses hunian bagi lembaga pendidikan. Salah satunya untuk membantu mempermudah akses dan mobilitas bagi civitas akademik, sehingga mereka dapat lebih fokus pada pendidikan dan pengembangan diri.

“Secara keseluruhan kami harap akan banyak benefit yang ditimbulkan baik bagi Perumnas maupun seluruh civitas akademik UI, dan kerja sama ini menjadi penguat hubungan baik kedua instansi serta menjadi umpan munculnya untuk kolaborasi-kolaborasi lainnya di masa yang akan datang," ucap Budi.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Perumnas Imelda Alini Pohan mengatakan apartemen Semesta Mahata Margonda memiliki keuntungan tambahan bagi mahasiswa dan dosen UI. Mengingat, lokasinya yang tidak jauh dengan kampus dengan almamater kuning itu.

“Berbagai manfaat tambahan diberikan khusus bagi para civitas UI yang membeli unit hunian di Samesta Mahata Margonda, di antaranya apartemen semi furnish, gratis IPL 3 bulan, gratis internet 6 bulan, gratis 1 unit AC dan gratis PPJB”, ucap Imelda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diluncurkan Saat Penerimaan Mahasiwa Baru

Lebih lanjut, disebutkan kalau program kolaborasi ini rencananya akan diluncurkan bertepatan dengan momen penerimaan mahasiswa baru UI pada Agustus 2023 ini. Selain itu, momen peluncuran juga bertepatan dengan rangkaian Hari Perumahan Nasional 2023.

Dari segi bisnis, selain menarik civitas UI untuk berinvestasi pada student housing, kerja sama ini diharapkan mampu menarik universitas-universitas lainnya untuk melakukan kolaborasi sejenis.

“Kami berharap kerja sama ini mampu memberikan manfaat bagi masing-masing instansi dan dapat membantu para civitas akademika UI untuk berinvestasi maupun menyewa apartemen yang nempel langsung dengan kampus kami ini," sambung Direktur PT Daya Makara UI Fakhrudin.

Hunian yang akan menjadi student housing akan dikelola oleh Makara Hospitality Management untuk menciptakan lingkungan hunian nuansa UI.

Student housing akan kami kelola dan sulap dengan berbagai atribut untuk menjadi area hunian yang menunjukkan ciri khas UI”, ucap Fakhrudin.

 

3 dari 4 halaman

Revitalisasi Rusun

Diberitakan sebelumnya, Perum Perumnas berencana untuk melakukan pemugaran di rumah susun (rusun) di kota-kota besar di Indonesia. Melalui revitalisasi, harapannya bisa membenahi kawasan padat penduduk.

Direktur Utama Perumnas Budi Saddewa Soediro menerangkan rusun kerap bermasalah dari aspek fasilitas yang diterima pengisi rusun. Maka, pemugaran dari aspek fasilitas menjadi satu target yang dibidiknya.

"Peremajaan kawasan padat penduduk dapat menjadi alternatif penyelesaian masalah perumahan di kota-kota besar. Pelaksanaan revitalisasi yang terfokus pada peningkatan fasilitas umum yang mudah diakses akan menciptakan interaksi sosial yang positif baik bagi penghuni maupun masyarakat di sekitarnya," kata Budi dalam keterangannya, Jumat (21/7/2023).

 

4 dari 4 halaman

Dimulai Rusun Klender

Satu rusun yang bakal dipugar lebih dulu adalah Rumah Susun Klender, Jakarta Timur. Kendati begitu, Budi belum merinci lebih jauh mana saja rusun yang akan direvitalisasi tahun ini.

Selain revitalisasi rusun, Perumnas juga telah melakukan ragam aksi korporasi berupa perbaikan restrukturisasi organisasi dan keuangan, optimalisasi aset, serta penjajakan kerja sama dengan berbagai instansi guna mencapai target korporasi.

"Perumnas terus berupaya bertransformasi dengan melakukan penguatan model bisnis sebagaimana arahan Menteri BUMN. Di antaranya, pada kebijakan pengadaan tanah, dimana kami berkomitmen untuk tidak melakukan pembelian tanah dalam pengembangan baru," kata dia.

"Namun akan melakukan revitalisasi rumah susun eksisting dan pengembangan lahan idle milik pemerintah/BUMN/BUMD/Bank Tanah baik melalui kerja sama maupun PMN Non Tunai," sambung Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini