Sukses

Top 3: Gaji PNS vs Gaji PPPK, Mana Lebih Besar?

Besaran gaji PNS atau pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) sering diperbandingkan. Saat ini, kedua profesi tersebut tengah menjadi buruan para pencari kerja.

Liputan6.com, Jakarta Besaran gaji PNS atau pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) sering diperbandingkan. Saat ini, kedua profesi tersebut tengah menjadi buruan para pencari kerja.

Secara umum nilai gaji PPPK lebih besar dibandingkan PNS. untuk PNS golongan IA dengan masa kerja awal akan memperoleh gaji sebesar Rp1.560.800 per bulan.

Sementara untuk pegawai PPPK dengan golongan I dengan masa kerja yang sama akan memperoleh gaji Rp1.794.000 per bulan.

Artikel mengenai perbandingan gaji PNS dan PPPK ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Rabu 26 Juli 2023:

1. Bocoran Gaji PNS dan PPPK, Mana Lebih Besar?

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengungkap besaran gaji PNS atau pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Saat ini, kedua profesi tersebut tengah menjadi buruan para pencari kerja.

Asisten Deputi Peningkatan Kerja dan Sistem Penghargaan KemenPANRB Dimas Ammar Azhari mengatakan, secara umum nilai gaji PPPK lebih besar dibandingkan PNS. Ini karena pajak penghasilan pegawai PNS telah dibayarkan oleh negara, sementara pajak penghasilan pegawai PPPK masih dimasukkan dalam gaji.

Baca artikel selengkapnya di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Menpan RB: Formasi Rekrutmen CPNS 2023 Diserahkan Agustus, Siap-siap Seleksi Dibuka September

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas mengungkapkan, penyerahan daftar formasi rekrutmen CPNS 2023 akan dilaksanakan pada awal Agustus ke seluruh instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah.

"Sehingga kita harapkan tahapan seleksi sudah mulai berjalan pada sekitar September 2023," kata Menpan RB kepada liputan6.com, Selasa (25/7/2023).

Untuk saat ini, kata Azwar, usulan formasi rekrutmen CPNS 2023 masih dalam tahap validasi dari Kementerian, Lembaga, dan pemerintah daerah (pemda).

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. Kehebatan Pindad Maung 4x4, Kendaraan Tempur yang Ditumpangi Jokowi Saat Disopiri Prabowo

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Tohir, bersama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menguji kendaraan taktis Maung buatan PT Pindad. Saat itu, Prabowo menjadi sopir kendaraan tersebut saat menjajalnya bersama Jokowi dan Erick Thohir

Diketahui, PT Pindad (Persero) memang banyak memproduksi kendaraan-kendaraan tempur yang dapat memenuhi kebutuhan pertahanan dan keamanan nasional seperti tank dan juga alat tempur lainnya. Perusahaan ini juga meluncurkan sebuah kendaraan operasional yang terlihat gagah yang mereka sebut dengan Pindad Maung.

Baca artikel selengkapnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini