Sukses

Kehebatan Pindad Maung 4x4, Kendaraan Tempur yang Ditumpangi Jokowi Saat Disopiri Prabowo

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Tohir, bersama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menguji kendaraan taktis Maung buatan PT Pindad. Saat itu, Prabowo menjadi sopir kendaraan tersebut saat menjajalnya bersama Jokowi dan Erick Thohir

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Tohir, bersama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menguji kendaraan taktis Maung buatan PT Pindad. Saat itu, Prabowo menjadi sopir kendaraan tersebut saat menjajalnya bersama Jokowi dan Erick Thohir

Diketahui, PT Pindad (Persero) memang banyak memproduksi kendaraan-kendaraan tempur yang dapat memenuhi kebutuhan pertahanan dan keamanan nasional seperti tank dan juga alat tempur lainnya. Perusahaan ini juga meluncurkan sebuah kendaraan operasional yang terlihat gagah yang mereka sebut dengan Pindad Maung.

Dikutip dari Antara, Selasa (25/7/2023), kendaraan yang dapat dikendarai di segala medan ini hadir dengan mesin diesel 4 silinder turbocharged enam percepatan, tenaga yang dikeluarkan sebesar 136 hp. Ranops Maung ini sanggup berakselerasi hingga 120km/jam dengan jarak tempur yang bisa dicapai adalah 800 km.

Kendaraan taktis ini memiliki dimensi yang cukup gagah dengan panjang 4.931 mm, lebar 1.640 mm, tinggi 1.820mm, dan jarak sumbu roda 3.090 mm. Gagahnya kendaraan ini juga ditopang dengan penggunaan velg berukuran 17 inchi dengan balutan ban berkode Mud Terrain (MT).

Tampung 4 Penumpang

Mobil yang dapat menampung empat orang di dalamnya ini hadir dengan pilihan atap hard top, soft top dan juga atap yang terpampang las alias terbuka. Mobil ini memiliki lima buah pintu yang berada di bagian samping kanan dan kiri, dan satunya berada di bagian belakang layaknya kendaraan-kendaraan off-road.

Kendaraan ini juga sudah dilengkapi dengan dengan braket senjata 7,62 mm, konsol senjata SS2-V4, GPS navigasi, tracker, hi-lift jack, winch 4,5 ton, alat pemadam api ringan (APAR), dan 4 titik derek serta perlengkapan lainnya.

Sebelumnya, kendaraan ini juga sudah diuji coba oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick tohir bersama dengan Presiden Joko Widodo yang berada di bangku belakang pada Senin (24/7) di Komplek PT Pindad yang berlokasi di Malang, Jawa Timur. Uji coba yang dilakukan di Kompleks PT Pindad itu juga sebagai kunjungan Presiden RI, untuk meninjau produksi alat utama sistem senjata (alutsista) dan juga potensi ekspor dari produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemesraan Jokowi Bersama Prabowo-Erick Thohir Saat di Malang

Sebelumnya, momen kebersamaan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang mengajak Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir untuk ikut kunjungan kerja ke Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin, 24 Juli 2023, menyita perhatian publik.

Kemesraan mereka pun sampai menimbulkan pertanyaan, terkait apakah Jokowi memasangkan Prabowo dan Erick untuk Pilpres 2024. Namun, Jokowi mengaku ikutnya Prabowo dan Erick ke Malang tak berkaitan dengan Pilpres.

"Tidak ada hubungannya dengan yang ditanyakan (soal memasangkan di Pilpres)," kata Jokowi usai meninjau Pasar Bululawang Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023).

Jokowi menjelaskan bahwa dirinya bersama Prabowo dan Erick akan mengunjungi di PT Pindad (Persero) di Kabupaten Malang. Menurut dia, PT Pindad berada di bawah kementerian yang dipimpin Prabowo dan Erick.

"Ini kita mau ke Pindad, ke Kabupaten Malang ini mau ke Pindad. Pindad itu berada di bawah Pak Menteri BUMN Erick Thohir dan di bawah Menhan Pak Prabowo," jelasnya.

Hanya saja, momen-momen kebersamaan Jokowi, Prabowo, dan Erick di tahun politik ini telah menarik perhatian sejumlah pihak. Terlebih, Prabowo merupakan calon presiden (capres) 2024 dari Partai Gerindra, dan nama Erick Thohir juga masuk daftar bursa cawapres potensial.

Prabowo dan Erick sendiri berangkat bersama Jokowi dan Iriana ke Kabupaten Malang, dari Bandara Adi Soemarmo Jawa Tengah, Senin pagi. Sembari menunggu kedatangan Jokowi, Prabowo dan Erick juga berbincang-bincang dengan Gubernur Jawa Tengah yang juga capres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

 

3 dari 3 halaman

Duduk Bersama

Berdasarkan foto yang dibagikan Biro Pers Sekretariat Presiden, keempatnya duduk bersama di satu meja. Prabowo dan Ganjar juga tampak saling berjabat tangan sambil tersenyum.

Tak diketahui apa yang diperbincangkan oleh Prabowo, Ganjar, Erick, dan Gibran. Namun dari foto yang dibagikan, mereka terlihat akrab saat berbincang-bincang di ruang tunggu bandara.

Ganjar dan Gibran pun melepas keberangkatan Jokowi ke Kabupaten Malang. Sementara itu, Prabowo dan Erick naik ke pesawat untuk ikut dalam kunjungan kerja bersama Jokowi.

Lokasi pertama yang dikunjungi, yakni Pasar Bululawang Kabupaten Malang. Di sini, Jokowi meninjau sejumlah harga-harga komoditas di pasar tersebut dan membagikan bantuan kepada para pedagang.

Jokowi juga menyapa, bersalam-salaman, hingga berfoto bersama para pedagang yang ada di Pasar Bululawang. Prabowo dan Erick yang berada di samping Jokowi pun ikut bersalam-salaman dengan pedagang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Erick Thohir kini menjabat sebagai Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju.

    Erick Thohir

  • PT Pindad (Persero) adalah perusahaan industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan komersial di Indonesia.

    Pindad

Video Terkini