Sukses

Gaji UMR Mau Coba Investasi? Bisa Kok! Begini Tips Memilih Instrumen yang Tepat

Dengan dana serba terbatas yang dimiliki, apa iya bisa memulai investasi? Jawabannya ternyata bisa kok, cek dulu jenis instrumen investasi apa yang tepat buat kamu!

Liputan6.com, Jakarta Buat yang mulai melek soal financial planning, pasti paham banget kalau menabung saja nggak cukup untuk mengatur keuangan pribadi. Banyak nih financial planner ternama yang menyarankan untuk mulai menjajal investasi untuk mengamankan keuangan di masa depan. Namun, pasti banyak pertanyaan terkait hal ini, terutama yang masih pemula. Harus mulai investasi dari mana sih? 

Nggak hanya itu saja, bagi yang gajinya masih sebatas UMR pasti juga mulai kebingungan. Dengan dana serba terbatas yang dimiliki, apa iya bisa memulai investasi? Jawabannya ternyata bisa kok, cek dulu jenis instrumen investasi apa yang tepat buat kamu! 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cek Profil Risiko, Bagi Pemula Sebaiknya Pilih Profil Risiko Rendah

Sebelum mulai menentukan jenis investasi apa yang paling cocok buat kamu, hal pertama yang wajib diketahui adalah profil risikonya. Apa maksudnya sih? Jadi. profil risiko adalah suatu indikator yang digunakan untuk mengetahui tingkat risiko investasi yang bisa ditoleransi atau diterima oleh seorang investor dalam mengalokasikan uangnya. 

Hal utama yang wajib diperhatikan adalah risiko potensi kerugian akibat volatilitas atau naik turunnya nilai instrumen saham yang jadi pilihan. Secara umum, ada berbagai jenis profil risiko yang bisa diidentifikasi mulai dari profil risiko sangat tinggi, menengah, hingga rendah. Bagi pemula, disarankan untuk memilih profil risiko rendah karena cenderung lebih stabil dan jarang turun drastis.

3 dari 5 halaman

Atur Budget Investasi Setiap Bulannya

Langkah selanjutnya adalah mulai melakukan perencanaan berapa budget investasi yang bisa dialokasikan setiap bulannya. Hal ini bisa diketahui dengan menganalisis kondisi keuanganmu sendiri. Kalau memiliki gaji yang masih sebatas UMR, pertimbangkan juga beberapa hal lain seperti apakah memiliki sumber penghasilan lain, berapa jumlah tanggungan, dan berapa rata-rata pengeluaran bulanan. 

Dari sini, kamu bisa mendapatkan budget ideal yang bisa diinvestasikan tanpa perlu mengganggu biaya hidup bulanan maupun tabungan. Kalau pun jumlahnya nggak besar, misalnya hanya Rp100 ribu sampai Rp200 ribuan per bulan juga nggak masalah karena nantinya akan digunakan sebagai patokan memilih instrumen yang tepat dan sesuai budget. 

4 dari 5 halaman

Pelajari Pengetahuan Dasar Investasi

Ini dia hal yang nggak boleh dilewatkan ketika ingin mulai menjajal investasi. Penting banget untuk mempelajari pengetahuan dasar investasi sehingga setiap keputusan investasi yang dibuat sudah dipertimbangkan dengan cermat. 

Misalnya saja jika memiliki tabungan yang sebagiannya ingin dialokasikan untuk saham, maka kamu harus benar-benar memahami cara kerja pasar modal dan risiko naik turunnya harga saham yang dimiliki. Jadi, kalau pun mengalami kerugian, masih dalam tahap yang bisa ditanggung sesuai kondisi keuangan masing-masing. 

5 dari 5 halaman

Pilih Jenis Investasi yang Nggak Perlu Ribet tapi Tetap Bisa Disesuaikan Budget

Kalau sudah mengetahui berapa budget investasi yang bisa dikeluarkan setiap bulannya, waktunya memilih instrumen yang tepat. Bagi pemula yang nggak mau ribet, emas bisa jadi pilihan investasi yang cukup menjanjikan, lho. 

Apalagi sekarang investasi emas bisa dilakukan dengan mudah dan bebas ribet. Misalnya saja dengan memanfaatkan fitur eMAS di DANA yang gampang banget dilakukan karena bisa diatur lewat aplikasi. Besaran emas yang dibeli juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. 

Nabung eMAS di DANA juga dijamin Bebas Cemas karena aplikasi DANA sudah dibekali dengan sistem keamanan canggih DANA Protection. Ini adalah fitur safety & security di DANA yang menjamin keamanan transaksi user dengan sistem keamanan canggih, berlapis, dan dinamis. 

DANA Protection memiliki beberapa keunggulan, seperti transaksi pengguna yang dilindungi dengan sistem keamanan berlapis seperti PIN DANA, OTP, dan hingga DANA Viz (fitur Face Verification di DANA). 

Jika terjadi kendala pun, ada DANA Customer Care 24 jam dan DIANA, Asisten Virtual di DANA yang siap membantu kapan aja dibutuhkan. Kamu bisa menghubunginya via fitur Pusat Resolusi di aplikasi DANA.

Yang bikin lebih tenang lagi, di DANA ada juga 100% Garansi Uang Kembali jika terjadi hal yang nggak diinginkan selama transaksi, sesuai dengan syarat dan ketentuan di aplikasi DANA.

Sekarang makin percaya kan kalau gaji UMR bukan halangan buat memulai investasi? Buruan download aplikasi DANA sekarang dan manfaatkan fitur yang ada buat kebutuhan investasimu! 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.