Sukses

Erick Thohir Bangga Bertemu Diaspora Sukses Jualan Produk Indonesia di Hong Kong

Menteri BUMN Erick Thohir bertemu dengan salah satu Warga Negara Indonesia (WNI) bernama Sarinah yang sukses membuka usaha di Hong Kong.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir bertemu dengan salah satu Warga Negara Indonesia (WNI) bernama Sarinah yang sukses membuka usaha di Hong Kong.

Perempuan yang telah tinggal di Hong Kong sejak tahun 1974 tersebut, konsisten berusaha dengan menjual produk-produk makanan dari Indonesia selama 23 tahun. Hal itu diungkapkan Erick saat melakukan kunjungan kerja ke Hong Kong, Sabtu (1/7/2023).

"Senang bisa bertemu dengan Ibu Sarinah yang sudah tinggal di Hong Kong sejak tahun 1974 dan telah merintis usaha menjual produk-produk makanan dari Indonesia ke Hong Kong selama 23 tahun," kata Erick Thohir.

Saat ini, kata Erick, Ibu Sarinah telah memiliki 13 outlet dan menjalin kerja sama dengan 200 distributor. Menurutnya, hal itu sangat membantu untuk mempromosikan produk makanan asal Indonesia di Hong Kong.

"Ini sangat membantu mempromosikan makanan Indonesia dan merek Indonesia di Hong Kong. Saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Sarinah yang mencintai indonesia dan pulang ke Bandung 2-3 kali dalam setahun untuk bertemu keluarga," ujar Erick.

Sosok Ibu Sarinah menjadi diaspora yang patut dicontoh oleh WNI lainnya yang tinggal di luar negeri.

Diaspora adalah perantau atau orang yang meninggalkan tanah kelahirannya untuk pergi ke negara lain untuk mencari kehidupan yang lebih baik ketimbang di daerah atau di negaranya sendiri.

"Inilah contoh diaspora yang kita dorong dalam berusaha di luar negeri melalui program BUMN melalui BNI Xpora. # kerja nyata program BUMN," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Erick Thohir Rombak Jajaran Direksi Holding BUMN Pangan ID Food

Menteri BUMN Erick Thohir resmi merombak susunan direksi Holding BUMN Pangan, PT Rajawali Nusantara Indonesia alias ID Food. Ada dua posisi yang diisi kalo ini.

Keputusan penggantian direksi tertuang melalui keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Nomor SK- 172/MBU/06/2023 Tanggal 27 Juni 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Rajawali Nusantara Indonesia

Kini, Yossi Istanto ditetapkan menjadi Direktur SDM dan Legal, yang sebelumnya menjabat sebagai SEVP Manajemen Aset. Kemudian, Nina Sulistiowaty sebagai Direktur Komersial ID FOOD yang sebelumnya menjabat Direktur Utama PT PPI

Informasi, posisi Yossi Istanto sebagai Direktur SDM dan Legal menggantikan Endang Suraningsih, sementara, Nina Sulistiowaty menggantikan posisi Direktur Komersial ID FOOD yang sebelumnya ditempati Ardiansyah Chaniago.

Tak hanya jajaran induk holding, susunan direksi di anak usaha pun mengalami perubahan. Sebut saja pada BUMN Berdikari dan Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI).

Diantaranya, Pergantian tersebut antara lain Direktur Utama Berdikari Harry Warganegara digantikan oleh Syarkawi Rauf. Sementara Direktur Utama PPI yang sebelumnya ditempati oleh Nina Sulistiowaty kini dijabat oleh Soegeng Hernowo dan Direktur Komersial PPI yang sebelumnya dijabat oleh Andry Tanudjaja kini ditempati oleh Edhy Rizwan.

"Dengan demikian paska penetapan kedua direksi baru tersebut melengkapi jajaran direksi ID FOOD menjadi 6 orang," tulis keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, ditulis Jumat (30/6/2023).

Susunan DireksiAdapun paska penetapan kedua direksi tersebut, kini jajaran lengkap direksi ID FOOD yang sudh ditetapkan Erick Thohir adalah sebagai berikut:

Direktur Utama : Frans Marganda Tambunan

Direktur Pengembangan & Pengendalian Usaha : Dirgayuza Setiawan

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko : Thomas Hadinata

Direktur Supply Chain Management & Teknologi Informasi: Bernadetta Raras

Direktur Komersial: Nina Sulistiowaty

Direktur SDM dan Legal: Yossi Istanto.

3 dari 3 halaman

Cerita Erick Thohir Rayakan Idul Adha di Hong Kong: Toleransi di Sini Luar Biasa

Menteri BUMN Erick Thohir merayakan Hari Raya Idul Adha di Hong Kong. Hal itu terlihat dari postingan yang dibagikan @erickthohir di akun instagram pribadinya.

Terlihat Erick Thohir sedang duduk diantara 2 sujud dan mengenakan kemeja garis biru putih berlengan panjang. Ia melaksanakan sholat Idul Adha bersama Warga Negara Indonesia yang bekerja di Hong Kong.

Erick bersyukur di sela-sela aktivitas kunjungan kerja ke Hong Kong masih bisa melaksanakan shalat Idul Adha bersama WNI yang disana.

"Senang sekali bisa salat Eid bersama saudara-saudara WNI di Hong Kong, sekaligus melakukan kunjungan kerja," tulis Erick Thohir, Kamis (29/6/2023).

Adapun sholat berjamaah bersama WNI di Hong Kong ini berlangsung di Indian Recreation Club 63 Caroline Hill Road Sookunpo Valley.

Meskipun matahari sedang terik, tapi hal itu tidak mengurangi kekhusyukan umat Islam Indonesia di Hong Kong untuk menunaikan ibadah sholat Idul Adha. Sebagian jemaah WNI yang sholat membawa payung untuk melindungi diri dari terik matahari.

Disisi lain, Erick menyoroti toleransi antar beragama di Hong Kong. Sebab Erick dan jajarannya bisa melaksanakan sholat Idul Adha dengan nyaman.

"Toleransi di sini sungguh luar biasa. Alhamdulillah kami dapat beribadah dengan nyaman," pungkas Erick Thohir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.