Sukses

Top 3: Sri Mulyani Buka-bukaan Skandal Ekspor Emas Rp189 Triliun

Menteri Keuangan Sri Mulyani buka-bukaan soal kasus ekspor emas batangan senilai Rp189 triliun di Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan Sri Mulyani buka-bukaan soal kasus ekspor emas batangan senilai Rp189 triliun di Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta. 

Dia menjelaskan kasus ekspor emas ini masuk dalam transaksi janggal Kementerian Keuangan yang dilaporkan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).  Nilainya  Rp189 triliun dari total transaksi janggal Rp349,87 triliun. 

Artikel mengenai kasus ekspor emas di Bea Cukai ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Rabu 12 April 2023:

1. Sri Mulyani Buka-bukaan Skandal Ekspor Emas Rp189 Triliun, Pelaku Dipidana dan Denda Rp 500 Juta

Tahun 2016 silam Pemerintah pernah kecolongan ekspor emas batangan senilai Rp189 triliun di Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta. Dalam perizinannya, kegiatan ekspor tersebut berupa emas perhiasan namun komoditas yang dikirim melalui kargo ini berupa emas batangan. 

Kasus yang ditangani Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan ini diserahkan ke meja hijau dan telah diadili. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut, kepada pelaku perseorangan dilepaskan dari segala tuntutan hukum. 

Baca artikel selengkapnya di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Jalan Tol Japek Diperlebar, Mampu Tampung Hingga 115 Ribu Kendaraan per Hari

Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) diperlebar sebagai antisipasi peningkatan trafik yang bakal terjadi pada periode mudik Lebaran 2023 mendatang. Ada sekitar 16 kilometer lajur tol yang diperlebar.

Dengan adanya penambahan lajur, sebagian tol Japek berarti melayani sebanyak 4 lajur di kedua arahnya. Artinya, kapasitas kendaraan yang bisa ditampung pun semakin bertambah.

PMO Penambahan Kapasitas Lajur Tol Jakarta Cikampek Alif mengatakan, kemampuan tampung setelah pelebaran jalan akan bertambah sekitar 15 ribu kendaraan per hari. Sebelumnya, lajur sebelum ditambah mampu menanpung sekitar 90.000-100.000 kendaraan per hari.

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. Harga Emas Dunia Runtuh di Bawah USD 2.000 karena Data Tenaga Kerja AS Membaik

Harga emas lepas dari level kunci USD 2.000 per ons pada penutupan perdagangan hari Senin (Selasa pagi waktu Jakarta). Penurunan harga emas dunia hari ini terjadi karena dolar AS menguat di tengah membaiknya angka pekerjaan di AS.

Sementara para pelaku pasar juga tengah memposisikan diri untuk menyambut pengumumkan inflasi yang dilakukan pada pekan ini. Angka inflasi ini bisa mempengaruhi kenaikan suku bunga yang kemudian akan berdampak ke harga emas.

Baca artikel selengkapnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini