Sukses

Wahai Wanita, Eks Pengacara Jay Z Beri Saran Sukses Karier di Tempat Kerja

Eks pengacara Jay Z bisa melihat secara langsung perbedaan antara bagaimana pekerja wanita dan laki-laki diperlakukan.

Liputan6.com, Jakarta Jennifer Justice, CEO perusahaan jasa hukum dan startup Departemen Kehakiman ini sebelumnya sempat menjadi pengacara rapper Jay-Z pada tahun 1998 dan mewakilinya selama 17 tahun.

Sampai akhirnya dia mencoba menegosiasikan kontrak untuk eksekutif baik pria dan wanita dan melakukan pekerjaan tersebut.  Dari situ, ia bisa melihat secara langsung perbedaan antara bagaimana keduanya diperlakukan.

Direktur laki-laki pemula bisa ditawari gaji USD 130.000. Sementara direktur perempuan tingkat senior di departemen yang sama gajinya hanya USD 90.000. Hal tersebut yang membuat dirinya merasa perlu mewakili “wanita”.

Melansir laman CNBC, Selasa (9/1/2023), dia pun membagikan saran karier terbaiknya untuk para wanita di tempat kerja.

• Temukan kelompok yang akan memberikan saran karier yang nyata

Pertama, Justice merekomendasikan untuk menemukan kelompok pendukung Anda di dunia kerja. Ini bisa berupa orang-orang di tempat kerja atau mentor.

Justice juga merekomendasikan untuk bergabung dengan grup jejaring profesional seperti Ladies Get Paid, The What Alliance, Wie Suite, HeyMama, atau Female Founder Collective.

Masing-masing melayani berbagai kelompok usia atau jenis bantuan yang dibutuhkan wanita dan menawarkan kesempatan untuk bertemu orang-orang yang berpengalaman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal Lain

• Selalu mencoba untuk mendapatkan yang teratas

Ketika datang untuk mendapatkan tawaran pekerjaan, luangkan waktu untuk merespons, jadi tidak harus langsung. Anda bisa coba meluangkan waktu sehari untuk mempertimbangkan apa prioritas dan juga melakukan riset jika belum tahu tentang tipikal tawaran apa untuk pekerjaan semacam itu.

Ketika berbicara kembali pada mereka, harus selalu berusaha untuk mendapatkan yang teratas. Hal itu karena ketika pemberi kerja siap memberi tawaran artinya mereka sudah tahu bahwa menginginkan Anda.

Jika memberi mereka perasaan bahwa Anda sendiri masih mempertimbangkan opsi lain, itu memberi tekanan lebih besar pada mereka untuk berpotensi mempermanis tawarannya dan membuat mereka harus mendapatkan anda untuk dipekerjakan dalam perusahaan tersebut.

• Ingat, ini bisnis

Terakhir, Justice akan mengingatkan wanita untuk mencoba tidak terikat secara emosional dengan pekerjaan. Hal itu karena ini bisnis dan anda bukan pendiri jadi bisa digantikan kapan saja.

Ketika menegosiasikan atau meminta kenaikan gaji tapi mereka tidak memiliki anggaran yang diminta, itu bukan jadi masalah, mungkin sudah saatnya untuk lanjut mencari pekerjaan lain.

Berpikir dengan cara ini bisa jadi sulit dilakukan, jadi Justice merekomendasikan untuk mencoba latihan. Pikirkan tentang hal yang paling disukai di dunia.

“Jika Anda memiliki anak, maka itu adalah anak Anda, jika itu adalah hewan peliharaan, itu adalah hewan peliharaan Anda atau apa pun itu. Pekerjaan Anda ini menghabiskan waktu yang membuat jauh dari mereka.

”Oleh karena itu anda harus berpikir bahwa tempat Anda kerja sekarang hanya menjadi tempat untuk menghasilkan uang sampai anda bisa menemukan tempat berikutnya," tegas dia.

 

Penulis: Nita Suci Lydiarti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.