Sukses

Case Study Programmatic : Keberhasilan Kampanye Digital Perusahaan E-commerce bersama Emtek Digital Sukses Menghasilkan 320% CTR Uplift

Kenaikan GMV e-commerce Indonesia seiring dengan meningkatnya populasi konsumen digital di dalam negeri. Bahkan, konsumen digital Indonesia mencapai 168 juta orang, terbesar dibandingkan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan laporan Meta dan Bain & Company, lokapasar daring (e-commerce) Indonesia masih memiliki prospek yang positif. Hal tersebut sebagaimana terlihat dari nilai penjualan bruto atau gross merchandise value (GMV) e-commerce Indonesia yang ditaksir mencapai USD 56 miliar atau sekitar Rp842,3 triliun pada 2022. Nilai tersebut mengalami kenaikan 14% dibandingkan pada tahun lalu yang sebesar US$49 miliar. 

Kenaikan GMV e-commerce Indonesia seiring dengan meningkatnya populasi konsumen digital di dalam negeri. Bahkan, konsumen digital Indonesia mencapai 168 juta orang, terbesar dibandingkan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Dari berbagai perusahaan e-commerce yang hadir di Indonesia, terdapat satu perusahaan e-commerce yang terkenal sebagai tempat jual beli barang bekas online. Nama situs jual beli barang bekas ini semakin hebat sebab menyediakan semua jenis barang, mulai dari yang kecil seperti aksesoris, makanan dan baju hingga yang besar seperti properti dan mobil. Hadir sebagai tempat jual barang bekas secara online, perusahaan tersebut membuktikan dedikasinya sebagai e-commerce terbesar dan terlengkap sampai hari ini. 

Untuk tetap dapat mempertahankan eksistensinya sebagai platform e-commerce terbaik Indonesia, perusahaan ini melakukan sebuah inisiatif untuk meningkatkan kesadaran konsumen akan keunggulan dari produk mereka secara digital. 

Dalam usahanya melakukan promosi pada audiens yang lebih akurat, tepat sasaran, dan efisien, brand e-commerce ini melakukan sebuah inisiasi berupa pemasaran digital berbasis programmatic pada target audiens tertentu. Programmatic ads adalah metode dalam beriklan secara real time dan otomatis. Brand ini bekerjasama dengan Emtek Digital sebagai media digital yang terintegrasi, yaitu KLY (situs), Vidio (Over The Top/OTT), dan Bukalapak (e-commerce).

Kerjasama ini memungkinkan perusahaan untuk dapat menjangkau audiens yang diinginkan melalui KLY menggunakan inventory instream selama 10 hari. Kampanye ini menargetkan audiens kepada kelompok business and finance readers, smokers, dan sports lovers. 

Kampanye ini menghasilkan 320% CTR uplift dibandingkan dengan rata-rata performa di industri yang sama. Dengan total impressions sebanyak 586 ribu lebih, kampanye ini berhasil meraih  lebih dari 200 ribu audience reach yang mendorong mereka untuk mengunjungi halaman situs utama mereka. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini