Sukses

Mengintip Kekayaan Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Keluarga Kerajaan Qatar

Liputan6.com, Jakarta - Penggemar sepak bola tengah menyambut euforia ajang FIFA World Cup atau Piala Dunia 2022 di Qatar.

Seperti diketahui, negara di Timur Tengah itu terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada tahun 2010, sebagian berkat upaya keluarga kerajaan Qatar, yang dikenal sebagai House of Thani.

Dilansir dari South China Morning Post, Senin (5/12/2022) House of Thani dilaporkan menghabiskan dana sebesar USD 300 miliar atau sekitar Rp 4,6 kuadriliun untuk pembangunan infrastruktur dan stadion untuk mempersiapkan acara Piala Dunia 2022, yang disebut-sebut merupakan acara Piala Dunia termahal. 

Dipimpin oleh Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, Qatar dikenal sebagai salah satu negara terkaya di dunia.

Keluarga kerajaan Qatar memiliki total kekayaan bersih sekitar USD 335 miliar (Rp 5,1 kuadriliun) dari berbagai arus kas selain sumber daya alam, termasuk investasi di properti seperti gedung pencakar langit Shard di London, Olympic Village, Harrods dan Gedung Empire State New York, serta saham-saham di Barclays Bank, British Airways dan perusahaan mobil Volkswagen.

Mereka tinggal di Doha Royal Palace, yang terdiri dari 15 istana yang berbeda dan tempat parkir untuk lebih dari 500 mobil, dengan biaya pembangunan sekitar USD 1 miliar atau sekitar Rp 15,4 triliun, menurut perkiraan Traveler's Top.

Sebelum Piala Dunia 2022, keluarga kerajaan Qatar juga telah menyelenggarakan sejumlah ajang olah raga internasional, salah satunya adalah Asian Games 2006, dan Kejuaraan Tinju Dunia AIBA 2015. 

Adapun Qatar Sports Investments (QSI) yang didirikan pada tahun 2004 dan akhirnya menjadi pemilik Paris Saint-Germain pada 2011, menurut BBC. 

Pada bulan Oktober 2022, keluarga tersebut juga membeli 21,7 persen saham SC Braga, salah satu klub sepak bola terkemuka di Portugal, menurut situs QSI.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Studi Ungkap Harga Tiket Piala Dunia 2022 di Qatar Paling Mahal

Studi baru mengungkapkan bahwa penggemar sepak bola yang menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar akan membuat pengeluaran hampir 40 persen lebih banyak untuk tiket dibandingkan dengan Piala Dunia 2018 di Rusia.

Dilansir dari US News, Jumat (2/12/2022) studi dari Keller Sports, penyedia pakaian olahraga yang berbasis di Munich menunjukkan bahwa harga tiket final Piala Dunia 2022 rata-rata dipatok USD 812 atau sekitar Rp 12,5 juta.

Studi itu juga membandingkan rata-rata harga tiket Piala Dunia di Rusia yang dibanderol mulai 214 poundsterling (Rp 4 juta) untuk satu tempat duduk, sedangkan tiket pertandingan di Qatar menelan biaya rata-rata 286 poundsterling (Rp 5,2 juta).

Dengan demikian, tiket pertandingan Qatar menjadi yang termahal untuk pertandingan Piala Dunia dalam 20 tahun terakhir, dengan harga tiket final 59 persen lebih tinggi dari empat tahun lalu.

"Piala Dunia di Qatar sudah dianggap sebagai Piala Dunia termahal yang pernah ada. Pembangunan enam stadion baru dan renovasi total dua arena lain di negara tersebut dikatakan menelan biaya hingga sekitar USD 3 miliar," demikian dalam studi tersebut.

"Lebih banyak uang dihabiskan untuk memperluas infrastruktur ibu kota Doha, seperti jalur transportasi dan rekonstruksi bandara internasional," ungkap studi Keller Sports.

"Tidak mengherankan bahwa Piala Dunia di Qatar juga merupakan Piala Dunia dengan rata-rata tiket termahal," tambahnya.

Meski ditawarkan dengan nilai yang fantastis, hal itu tidak menghentikan para penggemar sepak bola untuk membeli tiket acara Piala Dunia pertama yang  diadakan di Timur Tengah itu.

Sebelum Piala Dunia 2022 di Qatar berlangsung, FIFA mengumumkan hampir tiga juta tiket di delapan stadion di Qatar telah terjual menjelang pertandingan yang dijadwalkan pada 20 November-18 Desember 2022.

Harga tiket untuk Piala Dunia 2006 di Jerman dianggap paling terjangkau dalam 20 tahun terakhir, dengan biaya rata-rata hanya 100 poundsterling (Rp 1,8 juta) untuk masing-masing pertandingan sementara tiket ke babak final menelan biaya rata-rata 221  poundsterling per kursi.

3 dari 4 halaman

Piala Dunia Qatar 2022 Termahal dalam Sejarah Habiskan Hampir Rp 3,4 Kuadriliun, Ini Rinciannya

Ketika Qatar memulai pertandingan pertama Piala Dunia 2022 melawan Ekuador pada Minggu malam  (20/11), dunia akhirnya menyaksikan hasil akhir dari salah satu acara bergengsi dengan modal terbesar dalam sejarah.

Dikutip dari Forbes, Senin (21/11/2022) Menteri Keuangan Qatar mengatakan pada 2017 bahwa negara itu telah menghabiskan dana sebesar USD 500 juta atau sekitar Rp 7,8 triliun per minggu untuk proyek infrastruktur termasuk jalan, hotel, stadion, dan peningkatan kapasitas bandara.

Langkah tersebut dilakukan untuk mempersiapkan negara di Timur Tengah itu menjadi tuan rumah acara olahraga terbesar di dunia.

Sejauh ini, FIFA World Cup Qatar 2022 menjadi acara Piala Dunia termahal dalam sejarah.

Qatar diperkirakan telah menghabiskan sebanyak USD 220 miliar (Rp 3,4 kuadriliun) dalam belasan tahun sejak terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia pada akhir 2010, lebih dari 15 kali lipat dari biaya yang dihabiskan Rusia saat menjadi tuan rumah di tahun 2018.

Berikut adalah sederet biaya fantastis yang dikeluarkan untuk acara Piala Dunia Qatar 2022: 

- Dalam ajang Piala Dunia kali ini, tim yang menjadi pemenang nantinya akan menerima hadiah uang tunai senilai USD 42 juta (Rp 660,5 miliar).

FIFA bahkan mengizinkan tim pemenang untuk memutuskan sendiri nilai yang diterima dari hadiah tersebut bagi tiap pemain.

- Nike dilaporkan merogoh biaya USD 60 juta untuk esepakatan mensponsori Federasi Sepak Bola Prancis dalam ajang Piala Dunia 2022.

Diketahui, Nike memiliki kesepakatan untuk tim sepak bola dari 13 negara, sponsor yang paling banyak digunakan dari merek pakaian olah raga lainnya.

-  Kylian Mbappe dari Prancis, merupakan pesepak bola dengan bayaran tertinggi. Dia akan menghasilkan USD 110 juta di lapangan tahun ini melalui kontraknya dengan Paris Saint-Germain, dan USD 18 juta lainnya di luar lapangan, menurut perkiraan Forbes. 

Tetapi Mbappe masih akan mendapatkan bonus tambahan yang relatif kecil berdasarkan hasil tim Prancis di Piala Dunia 2022.

4 dari 4 halaman

FIFA Rogoh Rp 26,7 T Untuk Pengeluaran Piala Dunia 2022

- Untuk piala Dunia tahun ini, FIFA menyisihkan dana sebesar USD 209 juta atau Rp 3,2 triliun bagi masing-masing peserta klub sepak bola. Hal itu dilakukan sebagai tanda apreasiasi kepada mereka karena mengembangkan kemampuan pemain yang bersaing untuk tim nasional mereka.

Masing-masing pemain akan menerima sekitar USD 10.000. Dana tersebut meningkat tiga kali lipat sejak Piala Dunia 2014 di Brasil.

- Qatar dilaporkan membayar David Beckham USD 277 juta atau Rp 4,3 triliun untuk menjadi duta Piala Dunia 2022, yang dilunasi dengan mencicil selama 10 tahun.

- Biaya yang ditanggung oleh FIFA untuk Piala Dunia tahun ini mencapai USD 1,7 miliar atau sekitar Rp 26,7 triliun, dengan pengeluaran terbesar adalah hadiah uang, biaya operasional seperti perhotelan dan logistik (USD 322 juta), dan operasi TV (USD 247 juta).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS