Sukses

Dukung Pertanian Sumba Barat, Kementan Beri Alsintan untuk 32 Kelompok Tani

Kementerian Pertanian terus mendorong agar pertanian di Indonesia bisa maju, mandiri, dan modern.

Liputan6.com, Waikabubak Kementerian Pertanian terus mendorong agar pertanian di Indonesia bisa maju, mandiri, dan modern. Untuk menciptakan hal tersebut, Kementerian Pertanian memberikan bantuan kepada 32 kelompok tani di Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Mereka pun mendapatkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian.

Bantuan alsintan untuk 32 kelompok tani di Sumba Barat diserahkan Bupati Sumba Barat Yohanis Dade di Lapangan Kantor Bupati, Rabu (23/11/2022). Menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, bantuan alsintan tersebut guna mendukung terciptanya pertanian yang maju, mandiri, dan modern.

"Pertanian tidak bisa lagi dilakukan dengan cara-cara lama. Pertanian harus digarap dengan cara modern agar mendapatkan hasil maksimal," katanya.

Sejalan dengan itu, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Ali Jamil mengatakan bahwa alsintan membuat aktivitas pertanian menjadi jauh lebih efisien. Baginya peningkatan indeks pertanaman akan membantu meningkatkan pendapatan petani.

"Dengan alsintan, proses oleh lahan, tanam, hingga panen menjadi jauh lebih cepat. Dampaknya, indeks pertanaman bisa ditingkatkan," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Sumba Barat Yohanis Dade menjelaskan bahwa alsintan yang diserahkan Kementan total sebanyak 12 unit.

"Alsintan yang diserahkan berupa alat potong padi multiguna (Combine Harvester) sebanyak satu unit, 10 Unit Power Tresher Multiguna, dan satu unit Hand Traktor," jelasnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.