Sukses

Harga Emas Hari Ini di Dunia Susut di Tengah Imbal Hasil Obligasi Naik

Liputan6.com, Jakarta Harga emas dan perak sedikit turun. Harga emas hari ini di pasar global lebih murah di tengah tekanan kenaikan selera risiko pedagang dan investor menyusul beberapa data inflasi AS yang sedikit lebih jinak dari harapan.

Kenaikan imbal hasil obligasi Treasury AS memberikan efek negatif untuk harga logam mulia. Melansir laman Kitco, Jumat (12/8/2022), harga emas berjangka untuk perdagangan pada Oktober turun USD 9,10 menjadi USD 1.794,10.

Sementara harga perak berjangka untuk perdagangan pada September terakhir turun USD 0,437 menjadi USD 20,30 per ounce.

Laporan indeks harga produsen AS hari ini dilaporkan turun 0,5% pada Juli 2022, dibandingkan dengan perkiraan naik 0,2 persen dari Juni.

Sementara dibandingkan dengan laporan PPI Juni yang naik 1,1 persen dari Mei. Secara tahunan, PPI naik 9,8 persen di Juli.

Tercatat, laporan indeks harga konsumen AS untuk Juli tidak berubah dari Juni dan naik 8,5 persen secara tahunan.

Data inflasi AS minggu ini mendorong beberapa spekulasi awal di pasar bahwa tekanan inflasi mungkin telah mencapai puncaknya dan akan cenderung turun dalam beberapa bulan mendatang.

Itu kemungkinan agak meningkatkan kepercayaan konsumen AS dan mendorong pasar saham AS. Pasar saham global sebagian besar datar semalam. Indeks saham AS menguat pada tengah hari.

Secara teknis, harga emas berjangka Oktober memiliki keuntungan teknis jangka pendek secara keseluruhan.

Namun, tren naik harga yang masih baru terjadi pada grafik batang harian. Tujuan kenaikan harga Bulls berikutnya adalah untuk menghasilkan penutupan di atas resistance solid sebesar USD 1.850.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tren Harga

Tujuan penurunan harga jangka pendek berikutnya dari Bears adalah mendorong harga emas berjangka di bawah dukungan teknis yang menguat ke USD 1.750.

Resistensi pertama terlihat pada posisis harga emas tertinggi hari ini di posisi USD 1.804,30 dan kemudian di tertinggi USD 1.814,40 pada pekan ini.

Support pertama terlihat posisi terendah di USD 1.788,50 dan kemudian terendah minggu ini di USD 1.776,20.

Sementara harga perak berjangka untuk September memiliki keuntungan teknis jangka pendek secara keseluruhan. Namun, harga berada dalam tren naik yang masih baru pada grafik batang harian.

Tujuan kenaikan harga bulls perak berikutnya adalah menutup harga di atas resistensi teknis yang solid di USD 22.

Tujuan harga turun berikutnya untuk bears adalah menutup harga di bawah support solid di USD 19. Resistensi pertama terlihat di tertinggi minggu ini sebesar USD 20,83 dan kemudian USD 21. Dukungan berikutnya terlihat di titik terendah hari ini di USD 20,19 dan kemudian di USD 20. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS