Sukses

Sandiaga Uno Minta Pelaku Ekonomi Kreatif Gunakan Kompor Listrik

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meminta para pelaku ekonomi kreatif untuk mulai beralih menggunakan kompor listrik yang lebih efisien.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meminta para pelaku ekonomi kreatif untuk mulai beralih menggunakan kompor listrik yang lebih efisien. Alasannya saat ini situasi global yang diselimuti ketidak pastian yang berakibat pada krisis energi global.

"Untuk pelaku ekonomi kreatif mulai bisa shifting dengan kompor listrik karena ini jauh lebih efisien," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing di Bali, Senin (20/6).

Tak hanya itu Sandiaga meminta pelaku usaha mulai mengantisipasi kenaikan harga pokok lantaran tengah terjadi juga krisis pangan di dunia.

Dia juga ingin masyarakat bisa mengoptimalkan produk dalam negeri untuk bisa swasembada. Bagi sektor pariwisata hal ini bisa dikembangkan oleh para pelaku agro wisata, seperti jagung, padi dan yang lainnya.

"Produk pangan bisa swasembada yang dikembangkan oleh pelaku agrowisata," kata dia.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menuturkan dalam rapat kabinet siang tadi, para menteri dikumpulkan Presiden Jokowi. Dalam rapat tersebut membahas ancaman krisis pangan, krisis energi dan krisis keuangan yang sudah di depan mata.

"Tentunya ini perlu diantisipasi dengan melakukan langkah-langkah sinergis dan kolaboratif," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dunia Sedang Tidak Baik-Baik Saja

Sandi menyebut, saat ini kondisi dunia sedang tidak baik-baik saja. Amerika Serikat tengah dihadapkan dengan tingkat inflasi di atas 8 persen. Begitu juga dengan Turki yang inflasinya mencapai 70 persen.

Sementara itu, di Indonesia, tekanan inflasi masih dalam batas yang ditentukan pemerintah. Meski begitu, kondisi inflasi global yang tinggi ini telah mendorong kenaikan sejumlah komoditas. Dampaknya, cepat atau lambat akan terasa ke tingkat masyarakat.

"Ini akan mengerek harga kebutuhan sehari-hari kita seperti harga pangan dan energi," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Antisipasi

Maka, secara khusus Sandi meminta para pelaku usaha sektor ekonomi kreatif untuk menyiapkan langkah antisipasi. Mulai dari penghematan penggunaan energi dan antisipasi terhadap penggunaan kebutuhan pokok.

"Sepatutnya kita untuk bijak menyikapi langkah-langkah penghematan yang juga bisa memastikan laporan masyarakat dalam mengalami situasi yang sulit ini," pungkasnya.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.