Sukses

5 Pabrik Gula PTPN X Mulai Giling Tebu, Target Total 111 Ribu Ton

Tahun ini, PTPN X dihadapkan pada tantangan iklim kemarau basah yang berpengaruh pada rendemen tebu.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak lima pabrik gula (PG) yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X akan memulai musim giling tebu pada Juni 2022. Sebelumnya sudah ada empat pabrik gula yang telah menjalankan kegiatan yang sama.

Direktur PTPN X Tuhu Bangun mengatakan, lima pabrik tebu itu masing-masing PG Tjoekir Jombang yang giling pada tanggal 4 Juni, PG Lestari Nganjuk tanggal 9 Juni, PG Meritjan Kediri tanggal 9 Juni, PG Modjopanggoong Tulungagung tanggal 9 Juni dan PG Djombang Baru menjadi yang terakhir giling pada 15 Juni.

PG Tjoekir menargetkan giling tebu sejumlah 373.023 ton dan produksi gula total sebesar 29.420 ton, lalu PG Lestari menargetkan giling tebu sejumlah 297.339 ton dan produksi gula total sebesar 22.863 ton.

Kemudian PG Meritjan Kediri menargetkan giling tebu sejumlah 181.841 ton dan produksi gula total sebesar 14.120 ton, PG Modjopanggoong menargetkan giling tebu sejumlah 375.000 ton dan produksi gula total sebesar 31.557 ton, dan PG Djombang Baru menargetkan giling tebu sejumlah 180.022 ton dan produksi gula total sebesar 13.560 ton.

Tuhu mengakui berbagai upaya dilakukan oleh PTPN X, baik di sisi on farm maupun off farm, untuk dapat mencapai target produksi di masing-masing PG.

"Tahun ini, PTPN X dihadapkan pada tantangan iklim kemarau basah yang berpengaruh pada rendemen tebu, sehingga manajemen berfokus menjaga kestabilan kondisi pabrik (off farm) dengan cara menekan jam berhenti dan angka losses gula," katanya dikutip dari Antara, Sabtu (18/6/2022). 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

On Farm

Sedangkan di sisi on farm, kata Tuhu, PTPN X selalu berkomitmen untuk memenuhi sarana produksi kepada petani secara tepat waktu, misalnya pemenuhan pupuk.

"Pemenuhan pupuk kepada petani tersebut, kini difasilitasi melalui Program Makmur, yang merupakan sinergi BUMN dengan Petrokimia Gresik," katanya.

Tuhu mengatakan lima PG yang giling pada Juni 2022 ini sudah sesuai dengan jadwal yang ditargetkan. Hal tersebut mengacu pada kesiapan on farm dan off farm di masing-masing pabrik gula.

 

3 dari 3 halaman

Target 2022

Lima pabrik yang giling pada Juni juga diyakini akan mampu menunjang performa giling PTPN X secara keseluruhan. Sehingga manajemen optimis target 2022 bisa dicapai di masing-masing PG.

Sebelumnya, empat PG yang telah giling yakni PG Gempolkrep Mojokerto, PG Kremboong Sidoarjo, PG Ngadiredjo dan PG Pesantren Baru Kediri.

“Alhamdulillah, empat PG yang giling pada Mei lalu berjalan lancar dan ajeg. Monitoring dan evaluasi kami lakukan berkala, sehingga setiap kendala dapat bisa segera teratasi tanpa mengganggu jalannya proses giling," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.