Sukses

Cek di Sini, Cara Aman Lakukan Pinjaman Online

Liputan6.com, Jakarta Kemajuan teknologi semakin memudahkan dan membuat segalanya jadi lebih efisien. Salah satunya yang berkaitan dengan finansial. 

Jika dulu kalau mau pinjam uang, harus datang langsung ke bank, kini hanya dengan sentuhan jari, setiap orang dapat meminjam uang dengan sistem daring atau online lewat Fintech Lending. 

Namun sayangnya, maraknya pinjaman online ilegal, justru menjerat para peminjam. Maka dari itu, ada baiknya kamu harus mempertimbangkan beberapa hal yang berkaitan dengan keamanan, sebelum melakukan pinjaman online berikut ini: 

Pertama, lakukan pinjaman hanya kepada pinjaman online atau fintech peer-to-peer (p2p) lending yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu bisa cek pinjaman online terpercaya dengan mengecek di website resmi OJK. 

Kedua, nilai pinjaman harus sesuai dengan kebutuhan. Hal ini perlu diperhatikan, jangan sampai kamu gali lubang tutup lubang karena nggak mampu membayar pinjaman tersebut. 

Cara aman ketiga berkaitan dengan poin kedua. Ya, pastikan kamu melunasi cicilan tepat waktu. Ada baiknya untuk menghindari denda cicilan dari pinjaman dengan mengatur pengingat di kalender ponselmu. 

Ketiga, kamu harus pahami manfaat dan risiko sebelum mengakses pinjaman. Ya, setiap pinjaman online ada yang namanya bunga dan denda pinjaman. Pastikan kamu sudah membaca detail aturan ini sebelum meminjam uang. 

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan tiga cara aman melakukan pinjaman online? Jika di kemudian hari, kamu akan melakukan pinjaman online, rekomendasi peminjamannya lewat Tokopedia. 

Ya, Tokopedia sudah bekerja sama dengan Mitra Penyedia Pinjaman yang terdaftar di OJK. Pengajuan pinjaman online Tokopedia mulai dari Rp1 juta sampai Rp3 miliar. Tenor yang tersedia mulai dari 1-96 bulan. 

Selain itu, Tokopedia juga memiliki pinjaman bebas BI Checking yang merupakan pinjaman multiguna untuk berbagai kebutuhan tanpa prosedur pengecekan data nasabah di BI Checking atau SLIK OJK.

Pinjaman Bebas BI Checking Tokopedia hadir untuk memudahkanmu dalam mengajukan pinjaman kapan saja, untuk berbagai kebutuhan tanpa harus mengajukan pinjaman ke bank.

Lewat pinjaman bebas Bi Checking Tokopedia, proses pinjaman lebih cepat dibanding KT. Jumlah peminjaman pun bervariasi dan cukup besar hingga Rp5 miliar. 

 

(*)