Sukses

Jaminan Hari Tua dan Pensiun Tidak Sama, Ketahui Beda Manfaatnya

Berbicara mengenai JHT dan JP, keduanya ternyata memiliki manfaat yang berbeda. Lantas apa saja perbedaannya?

Liputan6.com, Jakarta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau BPJS Keternagakerjaan memiliki dua program yang bisa dimanfaatkan peserta untuk jangka panjang. Keduanya yaitu Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

Meski terlihat sama, keduanya memiliki manfaat yang berbeda. Peserta BPJS Ketenagakerjaan harus mengetahui hal ini.

Sebelumnya, BPJS Ketenagakerjaan menjadi salah satu hal yang kini harus dimiliki oleh para pekerja. Dengan demikian, masyarakat yang berstatus sebagai pekerjan pun nantinya bisa mendapatkan kedua jaminan ini.

Berbicara mengenai JHT dan JP, keduanya ternyata memiliki manfaat yang berbeda. Lantas apa saja perbedaannya?

Mengutip informasi dari situs indonesiabaik.id, Kamis (10/3/2022), berikut ini penjelasan mengenai perbedaan antara Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP) dari program BPJS Ketenagakerjaan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jaminan Hari Tua

Seperti yang tercantum dalam laman resmi BPJS Ketenagakerjaan, Jaminan Hari Tua atau JHT adalah program perlindungan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk menjamin agar peserta menerima uang tunai apabila memasuki masa pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.

Sementara itu, manfaat dari adanya JHT ini peserta bisa mendapatkan jaminan berupa uang tunai yang besarnya adalah seluruh iuran yang dapat ditambah dengan hasil pengembangannya.

Adapun uang tunai dari manfaat JHT dapat dibayarkan sekaligus dan sebagian. Uang tunai yang dibayarkan sekaligus itu apabila peserta:

a. Mencapai usia 56 tahun

b. Berhenti bekerja karena mengundurkan diri dan sedang tidak aktif bekerja di mana pun

c. Terkena pemutusan hubungan, dan sedang tidak aktif bekerja di mana pun

d. Meninggalkan wilayah Indonesia untuk selamanya

e. Cacat total tetap, atau meninggal dunia

 

 

3 dari 3 halaman

Jaminan Pensiun

Di samping itu, Jaminan Pensiun atau JP merupakan program perlindungan yang diselenggarakan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak pada saat peserta kehilangan atau berkurang penghasilannya. Hal ini karena peserta telah memasuki usia pensiun atau mengalami cacat total tetap.

Adapun manfaat dari JP ini yakni berupa uang tunai yang dibayarkan setiap bulan dan/atau sekaligus apabila peserta memasuki usia pensiun, cacat total tetap atau meninggal dunia.

Selain hal tersebut, perbedaan yang paling terlihat antara JHT dan JP adalah terkait besaran iuran yang harus dibayarkan oleh peserta.

Iuran JHT dibayarkan pemberi kerja sebesar 3,7 persen dari upah sebulan. Kemudian ditambah iuran pekerja sebesar 2 persen dari upah sebulan.

Sedangkan untuk JP, iuran yang harus dibayarkan oleh pemberi kerja sebanyak 2 persen dari upah sebulan dan oleh pekerja sebesar 1 persen dari upah sebulan.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini