Sukses

AirAsia Bakal Operasikan Pesawat Listrik, Terbang Kini Punya Sensasi Baru

AirAsia Aviation Group Limited (AAAGL) telah menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan Avolon untuk menyewa minimal 100 unit Pesawat VX4 eVTOL

Liputan6.com, Jakarta AirAsia Aviation Group Limited (AAAGL) telah menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan Avolon untuk menyewa minimal 100 unit Pesawat VX4 eVTOL dari Avolon. Hal ini dilakukan dalam rangka membangun platform ride sharing transformasional di Asia Tenggara.

CEO Avolon Dómhnal Slattery, menyebut CEO Capital A (sebelumnya AirAsia Group) Tony Fernandes adalah seorang pelopor di dunia penerbangan, yang telah membangun AirAsia menjadi salah satu maskapai penerbangan terkemuka di dunia. Tidak hanya itu, kini juga telah menghadirkan super app dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara yang berfokus pada perjalanan.

“Kami senang dapat bekerja sama dengan AirAsia yang memiliki visi yang sama dengan kami yaitu merevolusi masa depan perjalanan udara. Kami berharap dapat bekerja sama dengan Tony dan tim AirAsia dalam pengembangan eVTOL,” kata Slattery, dalam penandatanganan MoU Avolon dengan AirAsia, Rabu (16/2/2022).

Menurutnya, pesawat eVTOL ini akan memungkinkan AirAsia untuk lebih merevolusi perjalanan udara dengan menyediakan layanan mobilitas udara yang lebih canggih, kepada segmen penumpang yang berbeda.

Selain itu, cara ini sekaligus mentransformasi cara masyarakat bertransportasi dalam kehidupan sehari-hari dengan lebih efisien.

Selain pesawat eVTOL, Avolon, melalui afiliasi investasi dan inovasinya Avolon-e, akan bermitra dengan AirAsia untuk mengkomersialisasikan pesawat bebas emisi eVTOL dan mengembangkan platform mobilitas perkotaan via udara atau urban air mobility ('UAM') yang terdepan di Asia Tenggara.

Avolon dan AirAsia akan membentuk kelompok kerja untuk pengurusan sertifikasi lokal, melakukan penelitian terkait peluang pasar potensial dan kebutuhan infrastruktur untuk pengembangan UAM.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaatkan Aplikasi

AirAsia juga akan memanfaatkan aplikasi perjalanan dan gaya hidupnya, airasia Super App, untuk mendukung pengembangan platform ride sharing menggunakan pesawat eVTOL bersama Avolon.

Adapun daftar pesanan VX4 Avolon Pada bulan Juni 2021, Avolon telah memesan 500 unit pesawat VX4 eVTOL buatan Vertical Aerospace (NYSE: EVTL) ('Vertical'), senilai USD 2 miliar.

Dari pesanan tersebut, Avolon telah menerima pesanan sewa untuk pesawat VX4 dari Gol and Grupo Comporte Brazil sebanyak 250 unit, dari Japan Airlines hingga 100 unit, dan setidaknya 100 unit dari AirAsia.

“Dengan begitu Avolon telah membukukan permintaan hingga 90 persen dari total jumlah pesawat di daftar pesanan awalnya, yang juga menunjukkan besarnya minat berbagai maskapai terkemuka dunia terhadap pesawat VX4,” ujarnya.

CEO Avolon berkomitmen bersama-sama akan mengembangkan platform ride sharing dan memperkenalkan layanan penerbangan pesawat VX4 bebas emisi. Hal ini sekaligus menempatkan AirAsia sebagai operator perjalanan udara berkelanjutan di kawasan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.