Sukses

Masih Gratis, 32 Ribu Mobil Lalui Tol Manado-Bitung saat Nataru

Jasa Marga mencatat 32.471 kendaraan melintasi Segmen Danowudu-Bitung Jalan Tol Manado-Bitung melalui Gerbang Tol (GT) Bitung pada periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui kelompok usaha PT Jasamarga Manado-Bitung (JMB) mencatat, sebanyak 32.471 kendaraan melintasi Segmen Danowudu-Bitung Jalan Tol Manado-Bitung melalui Gerbang Tol (GT) Bitung pada periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Jumlah kendaraan tersebut merupakan kumulatif dari kedua arah, baik arah masuk maupun arah keluar GT Bitung.

Ruas jalan tol tersebut dibuka secara fungsional (tanpa tarif) pada periode arus libur Nataru pada 23 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021, mulai pukul 06.00-18.00 WITA.

Direktur Utama PT JMB Charles Lendra menjelaskan, Segmen Danowudu-Bitung yang merupakan bagian dari Jalan Tol Manado-Bitung dioperasikan secara fungsional untuk melayani masyarakat Sulawesi Utara selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Kami berharap pengoperasian fungsional ini memberikan dampak positif sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat Jalan Tol Manado-Bitung secara keseluruhan dalam mempersingkat waktu tempuh sebelum nanti diresmikan dan dioperasikan secara resmi di awal tahun 2022," ujar Charles dalam keterangan tertulis, Kamis (6/1/2022).

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditutup Lagi

Charles menambahkan, segmen Danowudu-Bitung ini telah ditutup kembali setelah selesai masa pengoperasian fungsional pada 4 Januari 2022.

Karena hanya bersifat pengoperasian sementara, Jasa Marga kemudian menutup Jalan Tol Manado-Bitung segmen Danowudu-Bitung untuk dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF).

"Kemudian akan diterbitkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Kementerian PUPR sebagai dasar pengoperasian. Kami berharap dengan diterbitkan SLO tersebut dapat dilakukan peresmian dalam waktu dekat," pungkas Charles.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.