Sukses

Harapan Ketua OJK, Porsi KUR 2022 Bisa Lebih Besar dibanding 2021

Ketua OJK berharap pembiayaan melalui KUR bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya terutama oleh kaum milenial.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso berharap anggaran program Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun 2022 bisa lebih dari 2021 yang sebesar Rp 285 triliun.

“Kita yakin semua kalau kita lakukan ada solusinya. Bahkan 2022 akan ditambah kuotanya dan paket dipermudah ya, dan ini sedang kita diskusikan lebih besar dari Rp 285 triliun di 2022 nanti dan isu-isu lain akan kita tekel,” kata Wimboh, dalam webinar OJK, Selasa (28/12/2021).

Menurutnya, Pemerintah telah menyediakan pembiayaan untuk UMKM dengan jumlah yang besar. Tujuannya, agar UMKM bisa merebut momentum pembiayaan yang sangat murah khususnya untuk generasi milenial.

“Bagaimana milenial bisa merebut momentum tentang pembiayaan yang sangat murah yang disediakan luar biasa, dan juga disediakan ekosistem mulai dari pembinaan sampai penjualannya sampai ekspor,” ujarnya.

Selain itu, Pemerintah tidak sekedar menyediakan pembiayaan tapi juga ada pembinaan bagi pelaku UMKM supaya mereka paham cara menggunakan dana tersebut dengan baik. Tidak hanya itu, Pemerintah sekaligus mengedukasi UMKM agar bisa mengakses pembiayaan melalui perbankan dengan mudah secara digital.

“Berkaitan dengan ekosistem UMKM, skema bukan hanya pembiayaan. Tapi bagaimana membina dan juga bagaimana mengolah dan juga menjual. Dengan teknologi bahkan kita minta perbankan nanti aksesnya dengan digital jadi tidak usah datang fisik jadi lebih cepat masif,” jelasnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Milenial

Untuk mendukung ekosistem tersebut, OJK bersama-sama dengan pemangku kepentingan di daerah serta Bank Indonesia mendukung pembiayaan supaya lebih mudah, dan cepat. OJK pun berharap, pembiayaan melalui KUR ini bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya terutama oleh kaum milenial.

“Bagaimana ini dimanfaatkan sebesar-besarnya, terutama kaum milenial. Karena entrepreneur ekonomi kita bisa tumbuh ke depan tanpa itu sulit. Sehingga kita harapkan anak-anak sekolah kita terjunkan ke situ nantinya,” pungkas Wimboh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Wimboh Santoso kini menjabat sebagai Ketua Dewan Komisiones OJK. Jabatannya itu berlaku sejak 2017-2022.

    Wimboh Santoso

  • Kredit Usaha Rakyat adalah salah satu program pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan UMKM.

    kredit usaha rakyat

  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.

    OJK

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

  • KUR