Sukses

Kembangkan Bisnis UKM dan Dapatkan Calon Investor Terbaik di Indonesia Fund Festival 2021

Beberapa startup terbaik dari seluruh indonesia yang lolos seleksi, juga dapat mengikuti pitching bersama investor.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka mendukung perkembangan ekonomi nasional, Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM), MNC Group, Orbit Future Academy, dan Inkubator Siger Innovation Hub berkolaborasi, untuk menggelar festival bagi para wirausaha. 

Adalah Indonesia Fund Festival (IFF) 2021 yang menjadi wadah pertemuan atau business pitching antara tenan inkubator wirausaha binaan LPDB-KUMKM, dengan calon investor baik lokal maupun internasional.

Sebelum dimulainya kegiatan IFF 2021, para tenan telah mengikuti beragam assessment menggunakan tools Investor Readiness Ratio (IRR). Setelah dilakukan assessment ke lebih dari dari 100 tenan yang mendaftar, terpilih 13 tenan terbaik.

Beberapa startup terbaik dari seluruh indonesia yang lolos seleksi, juga dapat mengikuti pitching bersama investor. Ya, sebelum pitching dilakukan, 13 tenan terbaik ditambah beberapa startup terbaik tersebut akan mengikuti bootcamp pada 8 dan 11 Desember 2021. 

Co Founder Orbit Future Academy Sachin V. Gopalan mengatakan, event IFF 2021 merupakan event yang sangat tepat bagi pengembangan ekosistem startup di Indonesia, selain memberikan akses kepada investor, para tenant inkubasi dan UKM juga diberikan kesempatan mendapatkan pelatihan dalam bootcamp.

"Saya ingin mengundang semuanya, terutama investor yang tertarik untuk mengembangkan startup di Indonesia dapat bergabung dengan kami di event LPDB-KUMKM Fund Festival 2021," ujar Sachin.

Sachin menegaskan, selain tepat bagi para startup, event IFF 2021 juga menjadi ajang penting untuk para investor, baik di dalam maupun luar negeri dalam memajukan sektor usaha kecil mikro dan menengah di Indonesia. Tujuannya agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dalam mendukung perekonomian nasional, serta meningkatkan rasio kewirausahaan di Indonesia.

Tingkatkan Rasio Kewirausahaan

Saat ini, tercatat rasio kewirausahaan di Indonesia mencapai 3,47%dari total populasi penduduk dan masih perlu peningkatan yang signifikan. Pemerintah pun menargetkan pada 2024 ratio tersebut naik menjadi 4%.

"Ini menjadi momentum yang tepat bagi para investor, di mana Anda akan menemukan startup terpilih yang akan menjadi investasi yang baik untuk portfolio (investasi) Anda," tambah Sachin.

Sachin juga mendorong agar para investor maupun startup di Indonesia untuk turut serta bergabung dalam event IFF 2021 yang akan dilaksanakan pada 14 Desember 2021, di Jakarta Concert Hall, Gedung iNews Tower, Jakarta. 

"Anda dapat mendaftar sebagai investor di situs web inkubator.lpdb.id. Dalam web tersebut, terdapat virtualbooth dari tenan terpilih kami. Untuk para startup yang terpilih, saya mendorong Anda untuk memberikan penawaran terbaik sehingga bisa mendapatkan dana investasi yang dapat mewujudkan mimpi bisnis anda," ujar Sachin.

Sachin menambahkan, bagi para startup yang belum terdaftar dalam event IFF 2021, pihaknya mendorong untuk segera daftar dan bergabung, sebab ajang ini menjadi momentum yang tepat untuk pengembangan startup. 

"Bagi para startup yang belum mendaftar untuk mengukuti LPDB-KUMKM Indonesia Fund Fest 2021 inilah saat yang tepat untuk Anda mengambil keputusan yang dapat mengubah keberlangsungan bisnis, dan menempatkan Anda pada jalur untuk menjadi pendiri startup yang sukses. Mari kita bekerja sama untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan tempat bertumbuhnya startup paling aktif di dunia," jelas Sachin.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.