Sukses

Pelindo dan Kemenhub Sepakat Kerja Sama Tingkatkan Pelayanan Logistik Labuan Bajo

Pelindo sebagai operator Pelabuhan mendapatkan ijin pemanfaatan barang milik negara yang terdapat di Terminal Multipurpose Pelabuhan Labuan Bajo untuk menunjang kegiatan operasional mereka.

Liputan6.com, Jakarta Langkah PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo dalam mendukung Pemerintah meningkatkan perekonomian ekonomi Indonesia Timur khususnya NTT dan sekitarnya melalui pengoperasian Terminal Multipurpose Pelabuhan Labuan Bajo terus mendapatkan dukungan dari sejumlah pihak.

Terbaru, melalui perjanjian kerja sama pemanfaatan dengan Kementerian Perhubungan, Pelindo sebagai operator Pelabuhan mendapatkan ijin pemanfaatan barang milik negara yang terdapat di Terminal Multipurpose Pelabuhan Labuan Bajo untuk menunjang kegiatan operasional mereka.

Perjanjian Kerja sama Pemanfaatan antara Kementerian Perhubungan dan Pelindo ditandatangani langsung oleh PLT Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha dan Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki di Gedung Kementerian Perhubungan, Senin (08/11).

Ardhy Wahyu Basuki menyebutkan, Pelindo berhak untuk melakukan pengelolaan hingga pemanfaatan barang milik negara. Diantaranya adalah pemanfaatan causeway, trestle, lapangan penumpukan, dermaga hingga sejumlah fasilitas lainnya untuk kegiatan operasional Pelindo. Dengan tujuan meningkatkan perekonomian daerah serta memberikan manfaat negara melalui Pemasukan Negara Bukan Pajak (PNBP).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Labuan Bajo sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas

Sekretaris Dirjen Perhubungan Laut yang juga merangkap sebagai PLT Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Arif Toha mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi terwujudnya perjanjian pengelolaan dan pemanfaatan fasilitas Pelabuhan tersebut. Hal ini sejalan dengan rencana pemerintah menjadikan Labuan Bajo sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) salah satunya dengan memindahkan kegiatan logistik yang sebelumnya dilakukan di Pelabuhan eksisting menuju Terminal Multipurpose Pelabuhan Labuan Bajo.

“Saya sangat senang perjanjian ini bisa terwujud, tentunya kami berharap melalui perjanjian kerjasama pemanfaatan ini nantinya operasional logistik di Pelabuhan baru bisa berjalan semakin optimal,” tutur Arif Toha PLT Dirjen Perhubungan Laut.

 

3 dari 3 halaman

Posisi Pelindo Sebagai Operator Lebih Fleksibel

Senada dengan pernyataan Arif Toha, Direktur Strategi Pelindo Prasetyo yang hadir secara virtual menyampaikan bahwa Pelindo mengapresiasi dukungan berbagai pihak, baik dari Kementerian Perhubungan dan pihak lain dalam proses pembangunan hingga pengoperasian Terminal Multipurpose Pelabuhan Labuan Bajo. Menurutnya, perjanjian ini semakin membuat posisi Pelindo sebagai operator Pelabuhan menjadi lebih fleksibel dalam menjalankan tugasnya.  

“Tentunya hal ini merupakan momen yang sangat dinantikan. Karena melalui perjanjian ini, kami BUMN Kepelabuhanan bisa dengan segera menjalankan amanah pengelolaan dan pemanfaatan Pelabuhan ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan harapan yang amanatkan Pemerintah kepada kami,” pungkas Prasetyo Direktur Strategi Pelindo.

Sebelumnya dalam rangka mewujudkan Labuan Bajo menjadi salah satu lokasi wisata super prioritas di Indonesia, Pemerintah melakukan sejumlah penataan salah satunya adalah menghadirkan Terminal Multipurpose Pelabuhan Labuan Bajo yang diresmikan langsung oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo 14 Oktober lalu. Dengan luas kurang lebih 6 Hektar, Pelabuhan ini siap melayani berbagai kegiatan operasional seperti pelayanan bongkar muat petikemas, general cargo, curah kering hingga curah cair.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini