Sukses

Ada Peringatan HUT RI ke-76 Tahun, PLN Siapkan 2.356 Personel Jaga Pasokan Listrik di Jakarta

Petugas PLN disiapkan pada lokasi-lokasi peringatan HUT RI ke-76 tahun, seperti Gedung DPR/MPR dan Istana.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 2.356 personel PLN disiapkan demi menjaga keandalan pasokan listrik pada rangkaian peringatan HUT RI ke-76 di Ibukota Jakarta.

Petugas disiapkan pada lokasi-lokasi peringatan HUT RI, seperti Gedung DPR/MPR untuk pelaksanaan Sidang Tahunan DPR – MPR RI tahun 2021, Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk acara Renungan Suci, dan Istana Merdeka untuk Upacara Peringatan Kemerdekaan RI. Mereka bersiaga pada 16-18 Agustus 2021.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan, mengatakan bahwa kenyamanan masyarakat dalam merayakan peringatan HUT RI secara daring sangatlah penting.

"Banyak kegiatan yang dilakukan dalam rangka memeriahkan kemerdekaan dilakukan secara virtual seperti upacara, lomba-lomba, dan seminar. Listrik menjadi sangat penting dalam menunjang kelancaran perayaan tersebut," jelas dia.

Siaga kelistrikan yang dilakukan PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya dalam rangka HUT RI yaitu memperkuat pasokan listrik ke lokasi penting dengan 2 sumber.

Kemudian menyiagakan seluruh personel baik yang berada di lokasi acara maupun di posko siaga, menyiapkan peralatan pendukung seperti Unit Gardu Bergerak, Unit Kabel Bergerak, dan UPS, meniadakan pemeliharaan terencana selama periode siaga.

Serta melakukan pemantauan berkala pada gardu distribusi yang memasok lokasi pantauan selama periode siaga, serta memaksimalkan metode tanpa padam atau minim padam bila ada pekerjaan yang bersifat darurat.

“Kami harapkan masyarakat bisa nyaman di rumah saja dalam memperingati HUT RI dengan hadirnya listrik yang cukup dan andal,” terang Doddy.

Meskipun DKI Jakarta masih dalam masa PPKM level 4, PLN akan tetap maksimal dalam melakukan siaga keandalan kelistrikan dalam rangka HUT RI. Petugas tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker, dan melakukan sistem split work dalam piket siaga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi Beban Puncak

Prediksi beban puncak listrik pada tanggal 17 Agustus 2021 yaitu sebesar 3447 Mega Watt. Sedangkan total daya listrik dari 6 sub sistem yang memasok wilayah Jakarta dan sekitarnya yaitu 11.059 MW.

“Beban listrik pada saat perayaan HUT RI masih lebih kecil dari jumlah pasokan listrik yang tersedia untuk wilayah Jakarta, oleh karena itu secara kecukupan daya masih aman,” kata Doddy.

Siaga kelistrikan dalam rangka HUT RI tidak mengurangi sedikitpun kesiagaan terhadap lokasi-lokasi penanganan pandemi Covid-19 di Jakarta dan sekitarnya seperti rumah sakit, rumah sakit darurat, tempat isolasi mandiri, tempat vaksin, pabrik oksigen, dan tempat lain yang menjadi pantauan.

“Pasokan listrik untuk lokasi penanganan Covid-19 masih menjadi pantauan kami dan tetap menjadi prioritas,” tambah Doddy.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.