Sukses

Pesan Bos Bappenas ke Kepala BPS Baru: Jaga Kerahasiaan Data Tak Bocor dan Meresahkan Publik

Pesan itu disampaikan Suharso pasca melantik Margo Yuwono sebagai Kepala BPS baru menggantikan Kecuk Suhariyanto secara virtual, Jumat 25 Juni 2021.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa, meminta satu hal penting kepada Kepala BPS baru Margo Yuwono.

Pesan itu disampaikan Suharso pasca melantik Margo Yuwono sebagai Kepala BPS baru menggantikan Kecuk Suhariyanto secara virtual, Jumat 25 Juni 2021.

Dia meminta Badan Pusat Statistik (BPS) bisa menjaga kerahasiaan sebuah data agar tidak bocor ke publik.

Suharso mengatakan, kasus kebocoran data atau jual beli data pribadi yang beberapa waktu lalu heboh di media massa telah menimbulkan keresahan yang luar biasa di tengah masyarakat.

"Meskipun hal ini tidak mungkin terjadi di BPS, karena bukan domain dari BPS, namun kejadian tersebut membuat masyarakat berfikir untuk ikut memberikan data-data yang terkait dengan data pribadi mereka," ujarnya, Jumat (25/6/2021).

Suharso meminta BPS agar bisa terus menjaga kepercayaan responden bahwa data yang diberikannya tidak akan dibocorkan ke publik

"Karena itu jadi tantangan bagi BPS, bagaimana hal ini disikapi secara responsif sehingga mampu meyakinkan para responden bahwa data yang mereka berikan kepada BPS terjamin kerahasiaan dan keamanan," imbuh dia.

Lebih lanjut, Suharso juga berharap agar BPS terus meningkatkan kiprahnya dalam menghasilkan data yang berkualitas dan terpercaya.

"Keberadaan data yang akurat, objektif, cepat, dan kredibel di era digitalisasi saat ini jadi sangat penting, dimana pemerintah harus mengambil kebijakan secara cepat dan tepat sejak tahap perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasan," tuturnya.

Terlebih saat masa pandemi Covid-19 ini, dimana data yang berkualitas dan aktual disertai analisis yang baik disebutnya sangat diperlukan. Bukan hanya oleh pemerintah, tetapi juga oleh masyarakat luas termasuk oleh dunia usaha.

"Tantangan BPS ke depan kian besar, dimana tuntutan akan data yang berkualitas dan beragam semakin meningkat. Privacy concern daripada para responden juga jadi tantangan yang perlu disikapi dengan responsif," tukas Suharso.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menteri PPN Resmi Melantik Margo Yuwono Jadi Kepala BPS Baru

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa resmi melantik Margo Yuwono sebagai Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) baru menggantikan Kecuk Suhariyanto.

Margo Yuwono naik menggantikan Suhariyanto yang memasuki masa pensiun untuk menakhodai BPS. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Sekretaris Utama Badan Pusat Statistik.

Adapun prosesi pengangkatan Kepala BPS ini digelar secara terbuka dan virtual melalui laman YouTube @BPS Statistics, Jumat (25/6/2021).

"Saya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dengan ini secara resmi melantik saudara Margo Yuwino di posisi baru di lingkungan BPS," ujar Suharso saat membacakan naskah pelantikan.

"Saya percaya saudara akan lakukan tugas sebaik-baiknya dengan tanggung jawab yang diberikan," dia menegaskan.

Keputusan pengangkatan Kepala BPS baru ini mengacu pada Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 79/TPA/2021 tentang pemberhentian dari jabatan pimpinan utama dan madya dan pengangkatan jabatan pimpinan utama di lingkungan BPS.

Penetapan Kepres terkait pengangkatan Kepala BPS ini sebenarnya mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan, yakni pada 28 Mei 2021. Namun proses pengangkatannya baru bisa dilakukan pada Jumat, 25 Juni 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.