Sukses

Menko Luhut Senang Sandiaga Uno Aktif Jadi Duta Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah menjadi duta destinasi wisata dan produk kreatif.

"Terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang aktif jadi brand ambassador mempromosikan destinasi wisata dan produk kreatif," kata Luhut dalam Acara Puncak Bangga Buatan Indonesia: Kilau Digital Permata Flobamora, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Jumat (18/6).

Luhut menilai, kementerian yang dipimpin Sandiaga Uno ini telah memanfaatkan jaringan pariwisata hub dengan teknologi digital. Mulai dari kemudahan menggunakan alat pembayaran digital hingga mengkampanyekan Bangga Berwisata di Indonesia.

"Ini telah memanfaatkan jaringan pariwisata hub dengan kemudahan pembayaran digital," kata dia.

Dia juga berterima kasih kepada Bank Indonesia yang telah bekerja sama dengan pemerintah dalam memberikan pendampingan untuk UMKM. Mendorong pelaku usaha untuk menggunakan QRIS sebagai alat pembayaran digital.

"Kita dorong UMKM ini masuk ke digital dan menggunakan QRIS untuk masuk ke pasar e-commerce," kata dia.

Begitu juga dengan mitra program Bangga Buatan Indonesia seperti Telkom, Bangkit, Idea, Tokopedia, BukaLapak, Blibli, Shopee, Dana, LinkAja, Ovo, Gojek dan lainnya. Termasuk berbagai kementerian dan lembaga yang berperan dalam program Bangga Buatan Indonesia.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

Sandiaga Uno: Covid-19 jadi Kesempatan Tingkatkan Kualitas Pariwisata Nasional

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini merupakan wakti yang tepat untuk meningkatkan kualitas pariwisata nasional. Salah satunya lewat peningkatan kualitas SDM masyarakat dengan hadirnya politeknik pariwisata.

"Politeknik pariwisata ini untuk meningkatkan dari kesiapan pelaku dan juga ekosistem ekonomi kreatif," kata Sandiaga di Jakarta, Senin (14/6/2021).

Sandiaga mengatakan peningkatan peningkatan SDM ini harus dilakukan secara bertahap. Saat ini minat masyarakat terhadap industri pariwisata lewat pendidikan cukup tinggi .

"Minat mahasiswa baru di pendidikan tinggi pariwisata cukup tinggi," kata dia.

Bahkan sejak awal tahun pendidikan tinggi negeri pariwisata sudah membuka seleksi bersama pada 1 Februari - 27 Mei 2021. Dalam seleksi bersama ini ditargetkan untuk menerima 3.750 mahasiswa baru.

Sandiaga mengatakan proses seleksi bersama ini telah dilakukan dengan menyesuaikan dengan kondisi pandemi. Begitu juga dengan proses magang mahasiswa tetap bisa dilakukan dengan menyesuaikan keadaan.

"Selama pandemi prosesnya tetap berjalan dengan menyesuaikan keadaan," kata Sandiaga Uno..

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: