Sukses

5 Tips Berhenti Kecanduan Belanja dengan Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta Jika terlalu mengandalkan kartu kredit untuk menutupi pengeluaran selama beberapa waktu, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengontrol pengeluaran untuk kartu kredit tersebut.

Ketika menggunakan kartu kredit, sebenarnya kita membeli sesuatu dengan uang yang belum dimiliki. 

Penggunaan kartu kredit yang berlebihan dapat membahayakan keuangan karena jika membelanjakan lebih dari yang Anda hasilkan, maka dengan mudah justru menambah utang bulanan.

Dengan begitu maka akan berimbas pada gagal menabung untuk tujuan masa depan. Ini benar jika kartu tersebut memiliki tingkat bunga yang tinggi, yang lama kelamaan dapat membuat terjebak dalam utang yang tidak dapat Anda bayar dengan mudah.

Melansir dari laman The balance, Kamis (21/4/2021), berikut beberapa tips untuk mengontrol pengunaan kartu kredit dan lebih baik lagi Anda berhenti menggunakannya sama sekali.

1. Buat Anggaran

Langkah paling penting yang dapat diambil untuk mengontrol pengeluaran kartu kredit adalah menyiapkan anggaran yang berisi rencana tentang cara menggunakan uang setiap bulan yang memperhitungkan berapa banyak penghasilan dan berapa banyak yang Anda belanjakan. 

Mulailah untuk mengevaluasi apa yang Anda hasilkan setiap bulan, pertimbangkan semua aliran pendapatan, termasuk penghasilan dari pekerjaan utama, pekerjaan paruh waktu, penghasilan wirausaha, tunjangan anak, dan lainnya.

Kemudian, lacak kebiasaan pengeluaran selama sebulan untuk menentukan bagaimana Anda membelanjakannya. Aktivitas ini akan membantu mengidentifikasi dan mengubah kebiasaan belanja yang membuat Anda membeli secara kredit setiap bulan. 

Saat membuat anggaran untuk pertama kalinya, lacak semua yang pemasukan dan belanjakan selama satu bulan untuk menentukan apakah Anda berpenghasilan lebih sedikit atau membelanjakan lebih dari yang Anda kira.

Carilah peluang untuk memotong pengeluaran kartu kredit yang tidak perlu atau menghemat lebih banyak, dan kemudian terapkan rencana pengeluaran baru dalam anggaran tersebut dibulan berikutnya.

 

2 dari 4 halaman

2. Gunakan Uang Tunai

Salah satu cara paling efektif untuk berhenti menggunakan kartu kredit adalah dengan tidak membawanya kemana pun Anda pergi. Sebaliknya, bawalah uang tunai. 

Penjual tidak akan menolak uang tunai, itu akan membuat Anda membelanjakan apa yang Anda miliki. 

Saat membuat anggaran dan memperkirakan berapa banyak uang yang dimiliki untuk pengeluaran, mulailah membawa sejumlah uang secara tunai. Dengan begitu, Anda akan dapat lebih menghemat dan tidak menumpuk utang lagi.

3. Gunakan Kartu Debit

Kartu debit menawarkan cara mudah untuk mengontrol pengeluaran pada kartu kredit atau berhenti menggunakan kartu kredit sama sekali karena menawarkan kenyamanan tanpa risiko. Seperti kartu kredit, kartu debit memungkinkan Anda membeli barang tanpa perlu repot membawa uang tunai. 

Perbedaannya adalah bahwa kartu debit hanya memungkinkan Anda menggunakan uang yang dimiliki daripada membiarkan meminjam uang, sehingga tidak dapat mengakumulasi utang pada kartu debit. 

 

3 dari 4 halaman

4. Menarik Dari Rekening Tabungan

Menggunakan kartu kredit untuk membayar pengeluaran yang tidak terduga atau besar adalah salah satu alasan orang berhutang. 

Sangat penting untuk membangun cadangan uang tunai yang dapat Anda tarik sehingga tidak perlu membeli secara kredit saat keadaan darurat atau pengeluaran terencana yang besar muncul.

Membuat rekening tabungan untuk dana darurat atau tujuan tabungan lainnya di bank fisik atau bank online akan memberi Anda fleksibilitas untuk melakukan pembelian besar di masa mendatang dan mengontrol pengeluaran dengan kartu kredit pada saat yang bersamaan.

Saat membuat anggaran, perlakukan tujuan-tujuan ini sebagai pengeluaran, dan alokasikan sebagian dari pengeluaran ke setiap rekening tabungan sehingga uang akan tumbuh seiring waktu. 

Para ahli merekomendasikan untuk mempertahankan dana darurat yang setara dengan tiga hingga enam bulan biaya hidup.

5. Buat Kartu Kredit Tidak Dapat Diakses

Jika masih tidak bisa berhenti menggunakan kartu kredit, lakukan tindakan yang lebih drastis untuk menjauhkan kartu tersebut dari jangkauan. Ada beberapa pendekatan yang dapat dilakukan agar pemborosan dapat berhenti.

Bekukan kartu kredit untuk sementara. Fitur kartu ini memberi Anda kemampuan untuk menghentikan sementara penggunaan kartu kredit untuk pembelanjaan tanpa melaporkannya sebagai dicuri atau hilang.

Jika masih belum berhasil, gunting kartunya. Banyak kartu saat ini mengandung logam, jadi Anda mungkin tidak memiliki opsi untuk melakukannya. Sekalipun berhasil, jangan membatalkan kartu tersebut, karena kredit yang tersedia dapat membantu skor kredit begitu Anda menghilangkan utang.

Bisa juga untuk menghapus nomor kartu kredit yang disimpan di akun online. Ini akan mengurangi godaan untuk menagih kartu Anda dan berutang.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Ini