Sukses

Orang Introvert Juga Bisa Sukses dalam Karier, Disimak 6 Tipsnya

Liputan6.com, Jakarta Meskipun orang introvert dinilai memiliki kelemahan saat membangun jaringan karier dan mencari kerja, namuan nyatanya pemberi kerja tetap mencari banyak karakteristik yang hanya dimiliki oleh introvert.

Orang yang introvert adalah pendengar yang baik. Adapun keterampilan mendengarkan sangat dihargai di tempat kerja. Introvert juga biasanya bijaksana dan analitis.

Mereka tidak mencari pusat perhatian, dan itu bisa menjadi hal yang baik. Perusahaan tidak membutuhkan banyak orang yang mendominasi yang semuanya menginginkan pengakuan atas pencapaiannya.

Triknya, jika Anda seorang introvert, adalah bertahan melakukan apa yang tidak datang secara alami dan belajar bagaimana membuat aset dari kualitas sifat yang dimiliki. Ada cara untuk membangun jaringan tanpa merasa kewalahan dan ingin kehabisan ruangan secepat mungkin.

Melansir dari laman the balance careers, Kamis (17/3/2021), berikut kiat-kiat karier bagi para introvert untuk memaksimalkan kepribadian dan berhasil mengembangkan karier.

1. Jaringan Karir

Jaringan bisa membuat stres, tetapi ada cara untuk membuatnya tidak terlalu menyakitkan. Pilihlah orang yang tepat, tempat, dan hal yang baik dan cocok untuk dibicarakan. Hal itu akan berjalan lebih lancar untuk Anda dan akan sejalan dengan kepribadian yang dimiliki.

Pemilihan jaringan yang sesuai dengan diri sendiri sangat perlu agar hubungan kedepannya dapat berjalan lancar.

2. Pencarian pekerjaan

Menemukan pekerjaan dan lingkungan kerja yang nyaman dan memungkinkan Anda berkembang penting untuk kebahagiaan dan kesuksesan karier.

Tinjau kiat-kiat pencarian kerja ini untuk menavigasi setiap langkah proses lamaran kerja, dari surat lamaran hingga wawancara, serta tips tentang cara mengidentifikasi pekerjaan yang ramah bagi orang yang memiliki kepribadian introvert.

3. Temukan Pekerjaan Yang Sesuai Dengan Kepribadian Anda

Pekerjaan terbaik didefinisikan sebagai pekerjaan yang dapat membuat Anda nyaman dalam bekerja dan dengan sepenuh hati.

Jika merasa menjadi orang yang introvert, cari dan pilih pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian. Sampaikan kepada atasan tentang kepribadian yang Anda miliki saat wawancara, agar atasan memberi Anda posisi kerja yang tepat.

Hanya Anda yang mengetahui apa pekerjaan yang cocok untuk diri Anda sendiri.

2 dari 3 halaman

4. Promosikan Keterampilan yang Dimiliki Yang Diinginkan Pengusaha

Saat melihat daftar keterampilan yang dicari perusahaan pada pelamar kerja, Anda akan melihat bahwa Anda memiliki banyak keterampilan bahkan jika bukan orang yang paling ramah di ruangan itu sekalipun.

Tinjau keterampilan yang dicari pemberi kerja, luangkan waktu untuk mencocokkan keterampilan Anda dengan pekerjaan tersebut, maka setelah itu akan ada alasan dan dapat menunjukkan kepada pemberi kerja mengapa Anda cocok untuk menerima tanggungjawab pekerjaan itu.

5. Mulai Pekerjaan Baru

Hari pertama di tempat kerja bisa sangat melelahkan. Itu memang berlaku untuk semua orang, tetapi bagi orang introvert mungkin menganggap ide memulai pekerjaan baru sangat menakutkan. Siapkan berbagai strategi yang dapat membantu Anda siap bahkan sejak hari pertama memulai pekerjaan.

Bersikaplah cepat dalam beradaptasi agar Anda dapat merasa nyaman saat bekerja.

6. Ikuti Tes Karir

Mungkin awalnya Anda tidak yakin dengan apa yang ingin lakukan. Tes bakat karier dapat menjadi salah satu solusi dan akan memberi indikasi pekerjaan yang cocok dengan kepribadian Anda dan karier mana yang cocok.

Jika tidak ingin mengeluarkan uang untuk itu, carilah berbagai tes dan penilaian bakat karier online gratis yang dapat membantu Anda menentukan jenis pekerjaan dengan minat dan bakat yang cocok.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini