Sukses

Ingin Tahu, Begini Gambaran Kondisi Industri Asuransi di Indonesia

Saat ini jumlah pelaku asuransi komersil di Indonesia sebanyak 145 perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riswinandi, mengungkapkan kondisi terkini industri asuransi di Indonesia, dengan mengacu data hingga Oktober 2020. Mulai dari aset, pendapatan premi dan lainnya.

Dari sisi aset asuransi tercatat, secara umum menunjukkan penurunan. Pada Oktober 2020, aset asuransi komersil mencapai Rp 711,2 triliun (yoy), turun 1,7 persen dibandingkan periode yang sama di 2019.

"Namun secara mtm memperlihatkan tren rebound sebesar 1,2 persen," jelas dia saat acara Gathering Redaktur Media Massa dengan OJK di Bogor, Mingu (29/11/2020).

Dia menuturkan, saat ini jumlah pelaku asuransi komersil di Indonesia sebanyak 145 perusahaan. Sementara pendapatan premi asuransi komersil per Oktober 2020 sebesar Rp 220,8 triliun.

Angka ini turun secara tahunan senilai Rp 13,8 triliun. Begitupula klaim turun Rp 5,2 triliun atau 3,1 persen menjadi Rp 160,7 triliun.

"Jika dilihat secara mendalam, klaim asuransi jiwa turun sebesar Rp 8,4 triliun atau 6,5 persen (yoy) dikarenakan masyarakat cukup menjaga diri untuk tidak pergi ke fasilitas kesehatan selama pandemi," jelas dia.

Namun sebaliknya, klaim asuransi umum dan reasuransi naik sebesar Rp 3,2 triliun atau 8,8 persen. " Terutama dari lini bisnis asuransi kredit, properti dan kargo," tambah dia.

 

 

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Kesehatan

Adapun tentang kondisi kesehatan industri asuransi di Indonesia, Risk Based Capital (RBC) masih cukup robust dan jauh lebih besar dari Treshold sebesar 120 persen. Begitu juga Rasio Kecukupan Investasi masih di atas 100 persen.

Posisi per Oktober 2020, nilai RBC perusahaan Asuransi Jiwa sebesar 538,8 persen. Kemudian RBC Perusahaan Asuransi Umum dan Reasuransi (PAUR) sebesar 337,2 persen. Sementara nilai Rasio Kecukupan Investasi untuk PAJ sebesar 195,8 persen dan PAUR sebesar 105,6 persen.

Riswinandi menuturkan juga tren investasi asuransi komersil sangat in line dengan kondisi pasar modal. Itu karena sekitar 80 persen investasi asuransi, berada pada instrumen pasar modal.

Secara yoy, nilai investasi masih mengalami pertumbuhan negatif, namun seiring dengan membaiknya kondisi pasar modal terlihat mulai ada pertumbuhan (mtm).

Dia menjelaskan, OJK telah mengeluarkan beberapa kebijakan untuk industri asuransi selama pandemi Covid-19. Kebijakan tersebut tertuang dalam POJK nomor 14 Tahun 2020.

Kebijakan dimaksud seperti relaksasi perpanjangan penyampaian laporan keuangan. Pelaksanaan fit and proper test dapat secara virtual, pelaksanaan Rapat Dewan Komisaris, Perusahaan perasuransian dapat secara virtual dan lainnya.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Asuransi merupakan sebuah layanan yang menawarkan penggantian atas risiko kerugian yang mungkin terjadi akibat peristiwa yang tak terduga.

    Asuransi

  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.

    OJK

  • Asuransi jiwa