Sukses

Baru 700 Koperasi di Bandung Masuk Kategori Sehat

Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Bandung diminta membina koperasi lebih keras lagi.

Liputan6.com, Bandung - Sebanyak 7.000 Koperasi yang tercatat di Kota Bandung, hanya 700 atau 10 pesen yang memiliki pengelolaan yang sehat dan baik. Untuk itu Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Bandung harus membina koperasi lebih keras lagi.

Tujuannya agar bisa sampai level berkualitas. Menurut Wali Kota Bandung Oded M. Danial, Dekopinda harus menemukan rumus jitu untuk bagaimana memacu, membina, dan mengembangkan UMKM.

“Tidak hanya produktif tapi sampai pada level yang berkualitas," ujar Oded M. Danial dalam keterangan resminya ditulis Bandung, Minggu, 15 November 2020.

Oded mengatakan sesuai aturan yang berlaku, Dekopinda bertugas untuk membina dan mengembangkan kemampuan koperasi sebagai pelaku ekonomi.

Target itu harus dilakukan saat musyawarah daerah yang baru digelar hari ini, untuk menentukan dan menetapkan jajaran kepengurusan Dekopinda Kota Bandung yang baru.

Oded berharap dengan kepengurusan yang baru dapat membawa Dekopinda Kota Bandung bisa mengemban tugasnya dengan jauh lebih baik lagi.

“Terutama untuk membina UMKM di Kota Bandung dengan inovasi - inovasi terbaik,” jelas Oded.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mitra Pemerintah

Sementara itu, Ketua Dekopinda Kota Bandung Usep Sumarno menyatakan, lembaganya hadir sebagai mitra pemerintah. Oleh karenanya, otoritasnya terus berkolaborasi dengan pemerintah melalui Dinas UMKM Kota Bandung.

Usep mengaku Dekopinda Kota Bandung terus berupaya dalam menampung dan mengkaji aspirasi tentang kebutuhan-kebutuhan UMKM. Baik dalam segi pembinaan dan peningkatan skill.

“Melalui diklat atau workshop hingga bantuan dalam hal permodalan usaha," sebut Usep.

Namun Usep mengakui, di era yang semakin kompetitif ditambah dengan adanya pandemi Covid-19 membuat iklim usaha terganggu. Sehingga tantangan bagi pelaku usaha semakin berat.

Melihat kondisi yang ada saat ini, salah satu anggota Jaringan Usaha Koperasi (JUK) sekaligus penggiat usaha Koperasi, Erik Permana berharap, dalam perhelata Musda kali ini dapat menciptakan suatu iklim yang mendorong koperasi di Kota Bandung bersatu dan bersinergi.

“Dengan situasi dan kondisi yang sulit karena pandemi seperti saat ini, kami mengharapkan Dekopinda melalui hasil Musda ini bisa lebih memberikan pembinaan yang baik bagi UMKM maupun koperasi. Sehingga kedepan bisa lebih bersatu dan bersinergi jauh lebih baik lagi,” ucap Erik.

Pada Musda Dekopinda kali ini, dihadiri oleh Ketua Dekopinwil Jawa Barat, H. Mustofa Jamaludin, Kepala Dinas UMKM Kota Bandung, Atet Dedi Handiman, para penasehat dan majelis pakar. (Arie Nugraha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama.

    koperasi