Sukses

Menhub: Jangan Semua Balik Jakarta Tanggal 1 November, Penuh

Menhub mengatakan dari hasil pantauan dua hari ini, mudik libur panjang kali ini berjalan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menghimbau kepada seluruh masyarakat yang melakukan perjalanan mudik saat libur panjang ini, untuk bisa mengatur waktu kembali ke Jakarta atau kota sekitarnya.

Demi mengantisipasi kemacetan, Menhub meminta kepada para pemudik untuk tidak kembali ke Jakarta pada 1 November 2020.

"Pada saat nanti pulang, seyogyanya jangan tanggal 1 (November), itu penuh sekali. Saya harapkan pulang lebih awal," uap Menhub di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (29/10/2020).

Sebagai upaya penerapan protokol kesehatan, Menhub juga meminta kepada pihak Kepolisian dan Dishub setempat untuk melakukan test acak di beberapa tempat, salah satunya di terminal bus.

"Kami menghimbau kepada dishub dan polisi, melakukan random check terhadap jumlah penumpang bus. Kalau mobil pribadi dicek apakah mereka menggunakan masker atau tidak," tambahnya.

Menhub juga menegaskan, dari hasil pantauan dua hari ini, mudik libur panjang kali ini berjalan baik. Diakuinya, sempat terjadi kemacetan di jalan tol Jakarta-Cikampek. Namun hal ini langsung diatasi oleh Jasa Marga dengan menerapkan contra flow.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menhub Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan KAI Berjalan Baik

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi hari ini mengunjungi Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Kunjungannya ini dalam rangka memastikan penerapan protokol kesehatan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dalam menyelenggarakan angkutan kereta api.

Perlu diketahui, Stasiun Pasar Senen menjadi salah satu stasiun yang mengalami lonjakan penumpang menghadapi libur panjang. Tercatat, kapasitas penumpang kereta api di Stasiun Pasar Senen mengalami peningkatan dari sekitar 4.000 penumpang per hari menjadi 8.000 penunpang per hari.

Menhub mengapresiasi konsistensi KAI dalam menerapkan protokol kesehatan. Hal ini diakui bisa menjadi contoh moda transportasi lain.

"Apa yang terjadi di sini saya pikir baik. Saya apresiasi yang dilakukan oleh KAI dan oleh karena ini harus konsisten. Harus konsisten melakukan protokol kesehatan. Karena kalau kita bisa memberangkatkan mereka, tapi mereka terpapar maka kita tidak berhasil," ucap Menhub di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (29/10/2020).

Dalam kesempatan ini, Menhub juga membagikan masker kepada calon penumpang kereta api. Dengan begitu, diharapkan mudik libur panjang kali ini tetap nyaman dan terhindar dari Covid-19.

Menhub juga menegaskan, dari hasil pantauan, mudik libur panjang kali ini berjalan baik. Diakuinya, sempat terjadi kemacetan di jalan tol Jakarta-Cikampek. Namun hal ini langsung diatasi oleh Jasa Marga dengan menerapkan contra flow.

"Kami menghimbau kepada Dishub dan Polisi, melakukan random check terhadap jumlah penumpang bus. Kalau mobil pribadi di cek, apakah mereka menggunakan masker atau tidak," pesan Menhub.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.